HOME » BERITA » 5 JENIS VITAMIN YANG SEBAIKNYA ADA DI MAKANAN KUCING

5 Jenis Vitamin yang Sebaiknya Ada di Makanan Kucing

Cari tahu yuk apa saja jenis vitaminnya.

Jum'at, 15 Januari 2021 06:57 Editor : Zaki
(c) shuterstock

OTOSIA.COM - Kini, tak sulit untuk mendapatkan makanan kucing di pasaran. Masing-masing menawarkan berbagai keunggulan mulai dari menjaga kesehatan, mendukung tumbuh kembang hingga bulu yang indah dan bebas rontok. Sebaiknya jangan hanya mencari kandungan protein dan karbohidrat di dalamnya, cat food terbaik juga wajib menyertakan 5 vitamin yang penting bagi kesehatan hewan peliharaanmu.

Vitamin A

(c) shuterstock

Biasanya dalam bentuk beta-karoten, vitamin A larut dalam lemak dan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan fungsi penglihatan yang sehat. Sumber vitamin A dalam makanan pun bermacam-macam, misalnya telur, hati ayam, atau cod liver oil.

Walau baik bagi kesehatan, terlalu banyak vitamin A dalam makanan kucing justru akan berbalik menjadi racun. Oleh karena itu, pemberian suplemen vitamin A harus dilakukan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter hewan.

Vitamin B Kompleks

(c) shuterstock

Termasuk di dalamnya vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6 (piridoksin), B9 (asam folat) dan B12. Vitamin B1 sendiri diperlukan untuk metabolisme karbohidrat serta menjaga kesehatan arafnya, sedangkan riboflavin penting untuk tumbuh kembang kucing dan membantu meningkatkan kualitas bulu kucing.

Vitamin B6 yang larut dalam air akan mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan energinya. Tak ketinggalan vitamin B9 yang melancarkan pencernaan dan B12 yang memabntu pertumbuhan sel baik darah maupun saraf.

Vitamin C

(c) shuterstock

Asupan vitamin C dalam cat food akan menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Begitu juga untuk kucing yang lebih tua, kecukupan vitamin C akan membantu mengatasi masalah sendi yang membuat kucing terkadang kesulitan berjalan, melompat bahkan buang air. Sumber vitamin ini bisa berasal dari buah atau sayuran hijau.

Vitamin D

(c) shuterstock

Bersumber dari tuna atau kuning telur, vitamin D jadi komponen penting untuk mempertahankan kalsium dan fosfor dalam tubuh kucing. Vitamin yang larut dalam lemak ini akan membantu fungsi tulang, saraf dan otot sehingga terhindar dari tulang yang rapuh dan sendi yang bermasalah.

Vitamin E

(c) shuterstock

Bukan hanya penting untuk menjaga daya tahan tubuh kucing, vitamin E juga membantu melawan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan usia kucing yang semakin lanjut seperti jantung, penurunan daya penglihatan hingga penyakit saraf. Bisa ditemukan dalam biji-bijian atau sereal, vitamin ini juga bisa ditemukan dalam produk hewani seperti hati atau telur.

Pemilihan cat food memang penting dalam membantu menjaga kesehatan kucing kesayanganmu, apalagi yang sudah memiliki sertifikasi halal seperti Muezza. Hanya menggunakan bahan alami dan halal serta diolah dengan teknologi modern, cat food berkualitas ini sukses mengantongi label halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

(c) instagram/datslunacat

Bukan hanya menjamin nutrisi yang sehat dan lengkap, keunggulan ini membuat pemilik kucing jadi bebas cemas saat merawat hewan peliharaan. Mulai dari terkena liur kucing, membersihkan wadah makan di tempat cuci yang sama, hingga lebih leluasa memilih tempat penyimpanan makanan di dalam rumah.

Ada 4 varian rasa lezat yang cocok untuk lidah kucing, beli sekarang juga di official store yang ada di Shopee maupun Tokopedia!

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(kpl/mki)

BERI KOMENTAR