HOME » BERITA » 5 KENDALA PENGEMBANGAN MOBIL OTONOM, KECELAKAAN HINGGA ANCAMAN PERETASAN

5 Kendala Pengembangan Mobil Otonom, Kecelakaan hingga Ancaman Peretasan

Mengembangkan mobil otonom memang tak mudah, sederet kendala pun ditemui

Jum'at, 11 September 2020 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
5 Kendala Pengembangan Mobil Otonom, Kecelakaan hingga Ancaman Peretasan
Mobil otonom (Abaforlawstudents.com)

OTOSIA.COM - Perlahan tapi pasti, industri otomotif, khususnya mobil akan masuk ke era kendaraan otonom atau tanpa pengemudi. Beberapa pabrikan pun diketahui sudah mengembangkan kendaraan canggih tersebut, seperti Volvo, Hyundai, BMW, hingga Toyota.

Namun di balik pengembangan tersebut tentu ada sederet kegagalan yang dialami. Tak hanya itu saja, ancaman peretasan pun juga menghantui mobil otonom. Agar semakin tahu dan memahaminya, berikut ini 5 kegagalan dalam pengembangan mobil otonom yang dilansir dari laman Holtsauto.com.

1 dari 5 Halaman

1. Rem Volvo Tak Berfungsi

 

Pabrikan asal Swedia, Volvo turut mengembangkan mobil otonom. Bahkan sudah banyak uang yang dikeluarkan untuk investasi kendaraan masa depan itu. Hanya saja dalam pengembangannya ada kegagalan.

Teknologi yang disematkan gagal mendeteksi pejalan kaki dan rem otomatis tidak bekerja. Alhasil sebuah SUV langsung seruduk sederet penonton yang sedang melihat uji coba yang dilakukan. Diketahui beberapa orang sampai mengalami luka parah akibat insiden itu.

2 dari 5 Halaman

2. Mobil Otonom Google

Rupanya Google juga turut mengembangkan mobil otonom. Hanya saja dalam pengembangannya mereka mengalami beberapa kendala. Salah satu yang cukup membuat pusing adalah ketika dihadapkan rambu atau marka jalan yang rusak.

Jika ada hal-hal itu, mobil otonom Google akan bingung dan bakal berhenti beberapa detik di tengah jalan.

3 dari 5 Halaman

3. Gagal Berhenti

 

Mobil otonom harus memiliki sederet fitur yang bisa mengenali keadaan sekitarnya. Sehingga segala rintangan yang ada bisa diantisipasi. Paling tidak untuk menghindari kecelakaan.

Namun hal ini merupakan masalah terbesar pada mobil otonom. Alih-alih berhenti, mobil otonom yang diuji coba malah menghantam objek di depannya.

4 dari 5 Halaman

4. Bus Otonom Tabrak Truk

 

Tidak hanya mobil, bus pun juga turut dikembangkan menjadi kendaraan tanpa sopir. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi, seperti tabrakan.

Ketika diuji coba, sebuah bus otonom berhasil melaju sempurna selama dua jam. Namun setelah itu kendaraan ini menabrak sebuah truk.

5 dari 5 Halaman

5. Peretasan

 

Mobil otonom jelas dijejali sederet perangkat lunak komputer berteknologi tinggi. Terkait hal itu, ancaman peretasan pun menjadi momok tersendiri bagi pemilik kendaraan.

Para peretas tak bertanggung jawab dengan mudah bisa mengganggu kehidupan sehari-hari pemilik mobil otonom. Oleh sebab itu, para pabrikan harus menjamin keamanan produknya dari penjahat dunia maya.

BERI KOMENTAR