HOME » BERITA » 5 KETENTUAN MENGENDARAI SKUTER LISTRIK DI JAKARTA, AGAR AMAN

5 Ketentuan Mengendarai Skuter Listrik di Jakarta, Agar Aman

Pengguna layanan skuter listrik di Jakarta kerap dinilai tak tertib lalu lintas. Bahkan mereka dinilai kerap membahayakan.

Jum'at, 15 November 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
5 Ketentuan Mengendarai Skuter Listrik di Jakarta, Agar Aman
Skuter listrik di Jakarta (Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Skuter listrik yang disediakan oleh salah satu layanan transportasi berbasis online, belakangan ramai dibicarakan. Pasalnya, para pengendaranya dinilai tak patuh aturan. Bahkan cenderung membahayakan.

Padahal, menggunakan skuter listrik yang sekilas terkesan mudah itu tak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diterapkan, agar tak membahayakan diri sendiri dan orang lain, seperti yang dibagikan oleh Grab Indonesia melalui media sosialnya.

1 dari 5 Halaman

Hanya untuk Satu Orang

5 Ketentuan Mengendarai Skuter Listrik di Jakarta, Agar AmanHanya untuk Satu Orang

Skuter listrik harus dikendarai oleh orang berusia minimal 18 tahun, tidak dalam pengaruh alkohol, dan berat maksimal 100 kilogram. Pengendara juga harus menggunakan helm, baju berwarna terang dan sepatu tertutup.

2 dari 5 Halaman

Cara Berkendara

5 Ketentuan Mengendarai Skuter Listrik di Jakarta, Agar AmanCara Berkendara

Pengendara hanya perlu mengayuh dan menekan tombol hijau untuk menambah kecepatan. Untuk berhenti atau mengurangi kecepatan, tekan tombol berwarna merah atau menggunakan rem kaki di bagian belakang dan rem tangan. Jangan injak sepatbor untuk melambat untuk model skuter terbaru.

3 dari 5 Halaman

Cek Sebelum Berangkat

5 Ketentuan Mengendarai Skuter Listrik di Jakarta, Agar AmanCek Sebelum Berangkat

Jangan lupa cek cuaca, cek skuter listrik yang meliputi gas, rem, level baterai, lampu, dan bel. Perhatikan tempat parkir di area tujuan dan perhatikan keadaan seikitar.

4 dari 5 Halaman

Berkendara secara Aman

5 Ketentuan Mengendarai Skuter Listrik di Jakarta, Agar AmanBerkendara secara Aman

Batas kecepatan saat berkendara adalah 15 kilometer per jam. Dahulukan pejalan kaki dan perhatikan rambu lalu lintas. Tetap berkendara di sisi jalan, jangan hilang fokus serta melawan arus.

5 dari 5 Halaman

Tuntun Skuter Listrik

5 Ketentuan Mengendarai Skuter Listrik di Jakarta, Agar AmanTuntun Skuter Listrik

Saat ada turunan curam, jalan tak rata dan genangan air, segera tuntun skuter yang digunakan. Selalu parkirkan kendaraan di tempat yang sudah disediakan.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR