HOME » BERITA » 5 LMPV PALING LAPANG DAN PRAKTIS, PILIH YANG MANA?

5 LMPV Paling Lapang dan Praktis, Pilih yang Mana?

Ceruk LMPV di Indonesia seperti gurih bagi para pabrikan otomotif. Terbukti hampir semua merek otomotif bermain di segmen ini.

Jum'at, 22 Februari 2019 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
5 LMPV Paling Lapang dan Praktis, Pilih yang Mana?
All Nissan Livina (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Kehadiran New Honda Mobilio yang baru diperkenalkan kemarin, membuat persaingan di segmen LMPV semakin memanas. Beberapa minor change yang dilakukan oleh Honda diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan dari New Mobilio tersebut.

Segmen LMPV merupakan segmen terfavorit di Indonesia, terlihat dari cukup banyaknya pabrikan yang bersaing pada kelas ini. Ada si kembar Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, lalu duet Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina, juga ada Suzuki Ertiga. Jangan lupakan LMPV pabrikan China Wuling Confero. Dan teranyar adalah Honda Mobilio facelift.

Biasanya alasan konsumen membeli LMPV karena dinilai memiliki akomodasi penumpang dan barang yang luas, praktis serta harga yang terjangkau. Lalu, seberapa lega kabin dari deretan LMPV tersebut?

1. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Kabin Daihatsu Xenia (Daihatsu Indonesia)

Dua mobil ini sama-sama memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Untuk urusan kepraktisan dan kapasitas akomodasi Avanza dan Xenia terbilang cukup baik.

Jok baris ketiga dari kedua mobil ini dapat dilipat dengan konfigurasi 50:50. Sayangnya, Jok baris ketiga Avanza dan Xenia ini, melipatnya tidak bisa rata lantai melainkan hanya melipat ke depan merapat dengan jok baris kedua.

Dengan sistem pelipatan ini, membuat Avanza dan Xenia hanya sedikit memiliki kapasitas bagasinya karena tidak dapat diperluas hingga jok baris kedua.

Begitupun dengan jok baris kedua yang dapat terlipat 50:50. Untuk melipat jok baris kedua ini hanya mempbutuhkan satu kali sentuhan sehingga memberikan kemudahan akses keluar masuk bagi penumpang baris ketiga.

Meskipun terlihat praktis dengan sistem pelipatan 50:50, namun hal ini mengurangi kenyamanan bagi penumpang baris kedua yang duduk di bagian tengah. Serta dengan konfigurasi tersebut juga membuat Avanza dan Xenia tidak memiliki arm rest di bagian tengahnya.

2. Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina

Kabin Mitsubishi Xpander (Mitsubishi)

Sementara untuk kepraktisan akomodasi Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina dinilai cukup baik. Hal tersebut dikarenakan jok baris ketiga dan baris kedua Xpander dan Livina dapat dilipat rata lantai sehingga memberikan akomodasi yang cukup luas.

Jok baris ketiga memiliki konfigurasi pelipatan 50:50 dan jok baris kedua memiliki konfigurasi pelipatan 60:40. Dengan konfigurasi 60:40, membuat Xpander dan Livina memiliki sandaran tangan di bagian tengahnya.

Keunggulan lain dari kedua mobil ini yaitu terdapat banyak laci penyimpanan seperti di bawah kursi dan di bagasi. Mobil ini terbilang memiliki cukup banyak ruang penyimpanan baik itu berukuran kecil ataupun besar.

Yang menarik, meskipun kedua mobil ini memiliki platform yang sama, namun keduanya memiliki dimensi ukuran yang berbeda. Xpander memiliki dimensi lebih pendek dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan Livina, memiliki dimensi yang sedikit lebih panjang yaitu 4.510 mm.

(kpl/ikb/tys)

BERI KOMENTAR