HOME » BERITA » 5 MOBIL MILITER MENGESANKAN MILIK IRAN YANG DIPRODUKSI SENDIRI

5 Mobil Militer Mengesankan Milik Iran yang Diproduksi Sendiri

Sebelum mendapatkan sanksi dari Amerika Serikat, Iran diketahui pernah memroduksi kendaraan militer sendiri. Bahkan satu diantaranya dipakai oleh militar Irak.

Rabu, 08 Januari 2020 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
5 Mobil Militer Mengesankan Milik Iran yang Diproduksi Sendiri
Kendaraan militer Iran (Zing.vn/presstv)

OTOSIA.COM - Konflik antara Amerika Serikat dengan Iran kian memanas. Kondisi ini menyusul kematian Jenderal Militer Iran Qasem, Soleimani, lantaran serangan drone militer Amerika Serikat di Baghdad.

Terlepas dari hal tersebut, sebelum mendapatkan sanksi, Iran diketahui memroduksi kendaraan militer sendiri dengan performance yang luar biasa. Menurut Zing, kendaraan militer Iran tahan terhadap ranjau, penyergapan dan bisa mengangkut pasukan. Dirancang untuk beroperasi di medan yang berat, kendaraan militer Iran memiliki kemampuan manuver yang tinggi.

Berikut 5 kendaraan militer Iran yang diproduksi sendiri:

1 dari 5 Halaman

Aras-2

5 Mobil Militer Mengesankan Milik Iran yang Diproduksi SendiriAras-2

Aras-2 adalah kendaraan militer anti-peluru baru milik Iran. Kendaraan ini didesain dan diproduksi oleh Kementerian Pertahanan Iran dan dirilis pada Agustus 2019.

Dibandingkan dengan model yang lama, Aras-2 lebih kuat dan lebih bisa dipakai untuk bermacam aktivitas. Produksi kendaraan ini disebut menggunakan teknologi yang lebih modern. Aras-2 memiliki kemampuan tinggi pada medan berap dan sanggup mengangkut senjata-senjata berat.

2 dari 5 Halaman

Toofan

5 Mobil Militer Mengesankan Milik Iran yang Diproduksi SendiriToofan

Toofan dikembangkan oleh para ahli Kementerian Pertahanan Iran. Kendaraan lapis baja ini kemudian dirilis pada 2018 dengna kemampuan tahan ranjau dan enyergapan.

Toofan sendiri merupakan truk berpenggerak empat roda yang bisa melindungi personel dari serangan ranjau, alat peledak (IED) yang setara dengan kekuatan destruktif beberapa kilogram TNT.

Selain itu, kendaraan serbaguna dengan mobilitas tinggi ini juga bisa diapkai di medan sulit, hingga melaju di kedalaman air 1,5 meter dan bisa menanjak rintangan setinggi 0,5 meter.

Toofan yang memiliki daya angkut hingga 10 orang tentara itu juga dibekali dengan ban run-flat yang tetap bisa melaju hingga 50 kilometer setelah tertusuk. Ada pelindung ekor untuk mendukung penamhan senjata berat. Ada juga perisai untuk memberikan perlindungan balistik untuk para personel.

Kecepatan maksimum Toofan mencapai 100 kpj. Kendaraan militer ini dihargai USD 500.000 atau Rp 6,9 miliar (Kurs USD 1 = Rp 13.889) di pasar internasional. Kendaraan ini dikelola oleh Ground Force of the Islamic Revolutionary Guards (IRGC).

3 dari 5 Halaman

Safir

5 Mobil Militer Mengesankan Milik Iran yang Diproduksi SendiriSafir

Safir adalah kendaraan militer serba guna 4x4 yang diproduksi oleh Fath Vehicle Industries. Safir memiliki berat 1,5 ton dan pernah dipasokk untuk militer Iraq karena harganya yang murah dan bisa diproduksi massal.

Sudah ada 3.000 Safir yang diproduksi satu dekade terakhir, setelah diluncurkan pada 2008. Fath mengatakan, pihaknya bisa memasok 5.000 unit mobil setiap tahunnya. Safir diketahui pernah terlihat di luar Iran untuk memerangi ISIS.

4 dari 5 Halaman

Heidar-1

5 Mobil Militer Mengesankan Milik Iran yang Diproduksi SendiriHeidar-1

Heidar-1 dikenalkan oleh akun Twitter Militer Iran, akhir tahun lalu. Akun tersebut menggunakan avatar Jenderal Qasem Soleimani.

Heidar-1 sendiri tampaknya memiliki banyak versi, ada yang bisa dipakai di bawah kendaraan musuh. Jenis ini dijuluki suicide, yang dirancang bisa berjalan di bawah tank atau kendaraan lapis baja dan lalu meledakkan kendaraan tersebut.

Kendaraan tak berawak ini dilengkapi dengan sepasang antena atua kamera. Heidar-1 juga bisa dipasangi senapan serbu dengan sistem kamera yang memungkinkan untuk membidik meskipun tidak presisi, tetapi bisa menciptakan daya tembak untuk menekan garis depan musuh.

5 dari 5 Halaman

Ra'ad

5 Mobil Militer Mengesankan Milik Iran yang Diproduksi SendiriRa'ad

Ra'ad, kendaraan lapis baja ini dikenalkan bersamaan dengan Aras-2 pada Agustus 2019 lalu di Iran. Ra'ad juga diproduksi oleh Kementerian Pertahanan Iran, dengan menggunakan komponen domestik.

Berukuran besar, personel di dalamnya sepenuhnya mendapatkan lindungan dari ledakan. Pabrikan mengatakan Ra'ad bisa secara efektif memerangi ranjau dan penyergapan. Ra'ad juga sengaja dirancan guntuk beroperasi di medan terjal khas Timur Tengah.

BERI KOMENTAR