HOME » BERITA » 5 MOBIL SIAP TERJANG JALAN RUSAK YANG DILUNCURKAN DI INDONESIA TAHUN 2018

5 Mobil Siap Terjang Jalan Rusak yang Diluncurkan di Indonesia Tahun 2018

Jalan rusak, genangan tinggi, dan sejenisnya masih menjadi problem di Indonesia bahkan di kota besar seperti Jakarta sekalipun. Momen-momen semacam ini sering memunculkan tuntutan agar memiliki kendaraan yang bisa menghadapi hal tersebut.

Sabtu, 08 Desember 2018 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi Nissan Terra terjang genangan air (autoandtech.com)

OTOSIA.COM - Jalan rusak, genangan tinggi, dan sejenisnya masih menjadi problem di Indonesia bahkan di kota besar seperti Jakarta sekalipun. Momen-momen semacam ini sering memunculkan tuntutan agar memiliki kendaraan yang bisa menghadapi hal tersebut.

Indonesia pun di tahun 2018 punya pilihan kendaraan-kendaraan semacam ini. Posturnya cukup jangkung dibanding kendaraan lain. Levelnya pun ada yang kelas kendaraan kota dan ada yang memang siap ke daerah perkebunan. Lima di antaranya bisa dilihat di bawah ini.

1. Chevrolet Trailblazer

Chevrolet Trailblazer (Chevrolet)

Chevrolet sebagai kendaraan asal Amerika memang selalu mempertahankan image-nya sebagai kendaraan segala medan. Di pasar Asia, merek ini mengalir ke Indonesia dengan pilihan Trailblazer.

Di tahun 2018, Chevrolet memperkenalkan tampilan terbaru dengan body kit dan masih mempertahankan tinggi bodi ke tanah sampai 221 mm karena memakai velg standar 18 inci.

Mesinnya 2.5L Duramax Diesel dengan Variable Geometry Turbocharger dan Intercooler dengan power 180 HP pada putaran mesin 3.600 rpm.

2. Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition

Bagian belakang Mitsubishi Pajero Sport RF (Mitsubishi)

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan edisi khusus Pajero spesial Rockford Fosgate di tahun 2018. SUV dengan ground clearence 218 inci pakai sistem audio Rockford Fosgate yang sudah populer di tahun 1990-an.

Audio premium system merek tersebut terpasang dengan total punya tujuh speaker dari area depan sampai belakang. Biar makin spesial, ada pula emblem khusus Rockford Fosgate Limited Edition.

3. Mitsubishi Triton Athlete

Mitsubishi Triton Athlete (Mitsubishi)

Mitsubishi di tahun 2018 ini juga memperkenalkan versi tertinggi dari Triton yang namanya Athlete. Triton ini punya pembaruan dari segi tampilan eksterior dan interior.

Dia punya grille hitam, sporty bar, velg berdesain khusus ukuran 17 inci, pemanis bumper dan stripping, spoiler, side step warna hitam, bumper belakang sporty. Begitu juga handle serta spion lipat elektrik warna hitam, sampai headlamp HID dengan DRL.

Di interiornya ada push start button dan leather seat material plus power seat dengan paduan aksen warna hitam dan oranye. Fitur baru lainnya adalah keyless operating system.

4. Nissan Terra

Nissan Terra (Nissan Phillipines)

Ini mungkin jadi mobil paling jangkung yang keluar di tahun 2018. Menurut spesifikasi, ground clearence-nya 225 mm. Tapi meski tinggi, Nissan memasangkan fitur-fitur khusus.

Mereka klaim ini adalah SUV pertama yang pakai Intelligent Rear View Mirror sehingga pengendara dapat melihat tanpa halangan melalui monitor LCD yang terpasang.

SUV ini memakai mesin Common Rail Turbo Diesel 2.488 cc berdaya 190 PS, dan didukung fitur-fitur keamanan seperti Hill Descent Control (kendali untuk turun bukit), Hill Start Assist (bantuan mendaki bukit) dan 4WD More Switch (tombol 4WD More).

5. Peugeot 3008

Peugeot 3008 (Top Gear)

Pabrikan Perancis, Peugeot, yang bernaung di bawah Astra juga menanggapi harapan akan mobil berpostur tinggi lewat SUV 3008. Jarak bodi ke tanahnya 219 mm dan terbilang tinggi dibandingkan SUV-SUV sejenis keluaran tahun yang sama yang biasanya berkutat di angka 200 mm.

Tapi keunikan kendaraan kota ini bukan hanya di posturnya tetapi juga keunikannya. Misalnya, kokpit seperti di kabin pesawat yang dinamai i-Cockpit. Tombol-tombol pengaturannya didesain mirip pesawat dengan fokus gampang dijangkau.

Mesinnya EP6FDTM Turbo,16 Valve, VVT, VVL berkapasitas 1.598 cc jadi cepat tetapi juga hemat. Keunikan lainnya punya pintu belakang yang buka otomatis, serta sistem keamanan komplet ABS, EBD, EBA & Electronic Stability Program (ESP), serta 6 airbags (2 front airbags, 2 side airbags, 2 curtain airbags).

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR