HOME » BERITA » 5 MODIFIKASI SEPEDA MOTOR KEKINIAN INDONESIA

5 Modifikasi Sepeda Motor Kekinian Indonesia

Selasa, 06 Februari 2018 13:45

5 Modifikasi Sepeda Motor Kekinian Indonesia
Foto : Merdeka.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Sebagian orang tidak pernah merasa puas dengan sepeda motor yang ia miliki. Jawaban dari permasalahan tersebut adalah modifikasi.

Tak hanya keinginan, modifikasi kadang juga dilakukan untuk menambah kenyamanan bagi penggunanya. Tapi tren modifikasi terus berjalan sehingga tidak semua jenis modifikasi terlihat keren pada tahun ini.

Inilah 5 modifikasi kekinian yang sedang hits di Indonesia :

1. Modifikasi ala cafe racer

Modifikasi aliran ini membentuk motor menyerupai desain yang digunakan untuk ajan balap Britania Raya pada tahun 1960-an. Karena digunakan untuk balap liar, pemilik sepeda motor cafe racer harus meratakan stang dengan jok untuk menambah sisi aero dinamis.

Kebutuhan meningkatkan aero dinamika pada motor ini membuat pengendaranya harus menunduk. Biasanya sepeda motor cafe racer dilengkapi dengan ban berukuran lebar supaya menikung menjadi lebih mudah.

2. Modifikasi ala scrambler

Scrambler menjadi pilihan bagi beberapa orang karena desainnya yang nyaman. Motor jenis ini memiliki ban yang lebar namun bertipikal datar. Stang pada motor ini juga lebih lebar untuk meningkatkan kenyamanan handling.

Yang menjadi ciri khas adalah posisi knalpot yang lebih tinggi dari sepeda motor pada umumnya, namun tidak sampai berada persis di bawah jok seperti pada motor trail.

3. Modifikasi ala Moto GP

Untuk menciptakan motor berdesain Moto GP, Otolovers memerlukan sepeda motor dengan fairing atau sport bike. Desain livery atau striping bisa ditambahkan supaya motor lebih menyerupai tunggangan pembalap kawakan dunia.

Biasanaya untuk lebih memunculkan aura sport, penganut modifikasi jenis ini mengganti knalpot standar dengan knalpot after market. Tak hanya untuk gaya, knalpot after market juga bisa menambah performa.

4. Modifikasi Touring

Komunitas sepeda motor Indonesia banyak yang mengadopsi tampilan jenis ini. Ciri khas aliran ini adalah terdapat windshield lebar pada bagian depan untuk menahan angin.Selain itu juga terdapat box pada bagian belakang dan samping untuk mengemas keperluan selama menempuh perjalanan jauh.

Beberapa orang bahkan mengubah lampu standar atau memasang lampu tambahan pada motor mereka. Hal ini dilakukan untuk memudahkan mereka melewati jalan dengan penerangan yang minim.

5. Modifikasi 0%

Ya, mereka tidak memodifikasi motor miliknya. Pemilik motor ini adalah mereka yang menganggap motor sebagai investasi. Biasanya motor ini dipertahankan kesaliannya dan tidak mengubah apapun.

Motor yang dimiliki biasanya adalah sepeda motor limiter edition atau produksi luar negeri yang hanya ada sedikit di Indonesia. Selain itu, motor ini jarang dipakai dan memiliki jarak tempuh di bawah 1000 km.

Bagaimana Otolovers? Tertarik untuk mengubah motormu? Atau akan tetap dipertahankan bentuk aslinya?

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-2-8
detail

BERITA POPULER