HOME » BERITA » 5 MOTOR 2-TAK LEGENDARIS INDONESIA, SALAH SATUNYA BERTEKNOLOGI KOMPUTER

5 Motor 2-Tak Legendaris Indonesia, Salah Satunya Berteknologi Komputer

Di era motor bermesin 2-tak, Honda sedikitnya mencatat 5 motor yang pernah melegenda di Indonesia, salah satunya bebek model ayam jago Nova Dash 125.

Senin, 09 November 2020 10:15 Editor : Nazarudin Ray
5 Motor 2-Tak Legendaris Indonesia, Salah Satunya Berteknologi Komputer
Honda Nova Dash 125, salah satu bebek 2-tak legendaris (stylemotorbikes.com)

OTOSIA.COM - Motor 2-tak booming lagi di Indonesia. Sederet nama terkuak dan membawa kembali nostalgia sekaligus juga informasi baru bagi generasi baru. Sebab, tidak sedikit motor-motor ini diburu oleh penyuka motor yang justru bukan dari zamannya.

Sebagian motor yang memang masih impor ini masuk ke Indonesia menggiring
teknologi lawas yang masih menarik hingga sekarang. Ada model bebek sebagai jenis yang tren pada zamannya, dan ada pula sport.

Dari sederet motor 2-tak legendaris, sebagian datang dari Honda. Bahkan Honda NSR150 SP harganya kini tembus Rp 100 juta. Di luar NSR150 SP, simak lima motor tersebut di bawah ini.

1 dari 5 Halaman

Honda Tena

Pernah mendengar motor satu ini? Ia adalah bebek sport dari era 1990-an. Bukan menjadi generasi pertama dari bebek sport, dia sebenarnya dibuat untuk melanjutkan pilihan dari bebek jawara Honda Nova, yang tentu menjadi pilihan populer di era 1990-an.

Honda Tena sendiri sering turun dalam ajang balap underbond di Asia Tenggara pada tahun 1994-1998. Sejumlah tipe disuguhkan. Namun yang dianggap paling digemari adalah Honda Tena RS 110. Dia punya close ratio dan bertenaga 11,8 dk.

2 dari 5 Halaman

Honda Nova Dash

Di tengah kedigdayaan Honda Tena, Honda tetap menelurkan Nova dengan nama Dash. Ia sendiri mulai diperkenalkan di tahun 1996 dengan sejumlah pembaruan dari Nova model awal.

Mesinnya sendiri 125 cc dan memiliki 6-percepatan. Yang menarik adalah dia sudah DOHC, dengan pendingin radiator. Muntahan tenaganya 21,6 dk.

 

3 dari 5 Halaman

Honda Nova RS

Nah, inilah nenek moyang bebek jawara Honda. Nova RS dimunculkan di tahun 1980-an dengan kapasitas mesin 110 cc dan tenaga 11,8 dk.

Banyak varian ditawarkan di keluarga Honda Nova RS. Dengan modelnya yang simpel, ia pun menjadi idola di jajaran motor bebek kopling manual.

4 dari 5 Halaman

Honda NSR 150R

NSR jadi salah satu motor sport 2-tak favorit di masa sekarang. Huruf R tunggal di belakangnya menandai sosoknya sebagai generasi pertama Honda NSR 150 cc dan mulai munci di tahun 1994.

Dengan catatan akta CBU Thailand, di awal kemunculannya ia menjadi pemuas para pencinta MotoGP era Michael Doohan dalam versi motor sport cc yang lebih kecil dengan 1 silinder berpendingin cair. Menariknya, dia sudah menggunakan teknologi komputer pengatur katup bernama RC Valve (Revolutionary Controlled Exhaust Valve).

5 dari 5 Halaman

Honda NSR150 RR

NSR150 RR menjadi generasi lanjutan dengan tampilan yang ikonik. Hal itu bisa dilihat dari fairing dengan lampu depan dan lampu rem yang bulat.

Sebagai pembaharu, RR punya tenaga besar yakni 37 dk. Sejumlah keunikan tersemat termasuk sektor pengapian yang menggunakan arus DC.

BERI KOMENTAR