HOME » BERITA » 5 PERSIAPAN SOLO RIDING UNTUK PEMULA, MULAI DARI MENGHITUNG BIAYA HINGGA RUTE

5 Persiapan Solo Riding untuk Pemula, Mulai dari Menghitung Biaya Hingga Rute

Simak yuk biar solo riding-mu makin nyaman dan menyenangkan.

Sabtu, 15 Februari 2020 07:00 Editor : Iwan Tantomi
(c) shutterstock

OTOSIA.COM - Bagi para bikers, touring menjadi salah satu kegiatan seru yang nggak bisa dilewatkan. Apalagi jika perginya ramai-ramai bareng teman satu geng, rasanya touring makin terasa asyik untuk dilakukan. Terlebih ada banyak keseruan yang bisa didapatkan dari touring ini. Selain bisa mengunjungi banyak tempat baru, touring ramai-ramai juga bisa menambah banyak teman.

Meski begitu, kadang ada momen di mana ingin mencoba solo riding. Nggak ada yang salah, apalagi jika hal tersebut dilakukan untuk mengukur kadar kemandirian. Namun, yang terpenting pastikan kamu menyiapkan beberapa hal ini sebelum memulai solo riding, lebih-lebih buat pemula.

Catat Destinasi yang Ingin Dikunjungi

Penting untuk memastikan destinasi mana saja yang ingin kamu kunjungi, sebelum berangkat solo riding. Kamu bisa mencatatnya dalam sebuah buku. Apakah jaraknya dekat, sedang atau malah cukup jauh. Ke manapun pilihannya, pastikan dulu lokasi pertama yang paling masuk akal akan untuk dikunjungi. Jangan terlalu mematok target tinggi dan memaksakan diri riding sendiri. Jadi, lebih baik dimulai dari yang jaraknya terdekat dulu.

Petakan Jaraknya

Jika sudah menentukan daerah mana yang ingin kamu kunjungi dengan solo riding, kemudian petakan jaraknya. Kamu bisa memanfaatkan Google Maps untuk mengukur seberapa jauh lokasinya. Langkah ini penting untuk menentukan berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan selama touring, mencari tahu lokasi SPBU terdekat, hingga memilih rest area yang tepat.

Susun Rute Perjalanan

Lanjutkan persiapan dengan mulai menyusun rute perjalanan. Akan lebih aman memilih jalan utama. Di samping, banyak tersedia fasilitas penunjang solo riding, seperti tempat istirahat, SPBU, hingga tempat makan, rute tersebut juga nyaman dilalui lantaran kondisi jalan relatif baik. Hindari jalan arteri, apabila belum sungguh-sungguh mengetahui kondisi medan saat melakukan solo riding. Selain berpeluang tersesat, bisa jadi jarak perjalananmu akan bertambah panjang lantaran harus putar balik ke jalur utama.

Kalkulasikan Biaya Perjalanan

Apabila lokasi hingga rute perjalanan sudah pasti dipetakan, lanjutkan menyiapkan biaya perjalanan. Kalkulasikan pendanaan untuk beberapa poin, seperti biaya bensin, biaya makan dan biaya penginapan. Paling nggak ketiga poin utama tersebut sudah terjamin dananya. Baru kemudian, alokasikan dana sisanya untuk spare parts kendaran sebelum dan selama solo riding, hingga biaya masuk ke tempat-tempat wisata.

Pilih Penginapan yang Nyaman

Dibandingkan berwisata dengan menaiki transportasi umum, solo riding tentu bakal terasa lebih melelahkan. Makanya, biar kamu bisa beristirahat secara cukup dan bisa melanjutkan perjalanan, hingga kembali pulang dengan selamat dan sehat, pilihlah penginapan yang nyaman.

Tenang, nyaman bukan artinya harus selalu mahal. Sebab, ada banyak sekali penginapan terjangkau dengan fasilitas lengkap sekarang ini yang bisa kamu pilih. Kamu bisa booking hotel murah lewat Traveloka. Selain bebas biaya transaksi, ada beragam pilihan pembayaran di Traveloka yang bisa kamu pilih.

Selain itu, Traveloka juga menghadirkan review terpercaya dari para tamu asli, sehingga bisa memberimu pertimbangan dalam menentukan pilihan menginap. Harga yang ditawarkan juga kompetitif, dengan jaringan hotel yang luas. Menariknya lagi, kamu pasti dapat hotel kalau pesan di Traveloka. Bahkan, kamu bisa mendapatkan hotel voucher juga lho. Buruan pesan sekarang juga!

(kpl/tmi)

BERI KOMENTAR