HOME » BERITA » 5 PILIHAN MOBIL MPV TERBAIK DI INDONESIA, YUK TEST DRIVE!

5 Pilihan Mobil MPV Terbaik di Indonesia, Yuk Test Drive!

Dari 5 mobil keluarga berikut, Otolovers ingin test drive yang mana?

Jum'at, 08 November 2019 10:00 Editor : Cornelius Candra
5 Pilihan Mobil MPV Terbaik di Indonesia, Yuk Test Drive!
Toyota Calya (Toyota)

OTOSIA.COM - Segmen MPV atau mobil keluarga kian bertumbuh pesat di Indonesia. Selain digemari karena harganya yang terjangkau, mobil keluarga punya banyak kegunaan, salah satunya menampung penumpang dalam jumlah banyak.

Mobil MPV pun punya banyak varian, mulai dari termurah dihuni oleh segmen LCGC, hingga model kekinian sekelas Mitsubishi Xpander.

Kali ini, Otosia sajikan 5 unit mobil MPV terbaik di Indonesia yang bisa segera Anda beli, terutama menuju awal tahun 2020.

Nah, mana nih yang ingin Anda jajal atau test drive duluan?

1 dari 5 Halaman

Toyota Calya Facelift

5 Pilihan Mobil MPV Terbaik di Indonesia, Yuk Test Drive!Toyota Calya Facelift

Mobil ini terbilang masih segar. Pasalnya, Toyota Calya facelift baru dirilis bulan September 2019 lalu. Pada model terbarunya ini, ada beberapa ubahan atau pun penambahan fitur dan komponen.

Sektor depannya kini memiliki LED headlight. Tentunya, perpindahan dari bohlam ke LED akan berpengaruh ke pencahayaannya saat berkendara di malam hari. Selain itu, fitur ini juga memangkas kesan murah kaarena LED sudah banyak dipakai oleh mobil-mobil kekinian. 

Interiornya pun menjadi lebih canggih. Itu tak terlepas dari penggunaan head-unit display baru yang dapat terhubung ke smartphone dan bisa diatur melalui tombol di kemudi.

Kabarnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menyetel ulang suspensi Toyota Calya facelift. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kenyamanannya.

Mobil ini memiliki harga termurah Rp140 jutaan dengan varian New Calya E M/T dan termahal Rp158 jutaan untuk New Calya G A/T.

2 dari 5 Halaman

Daihatsu Sigra Facelift

5 Pilihan Mobil MPV Terbaik di Indonesia, Yuk Test Drive!Daihatsu Sigra Facelift

Sebagai kembaran Toyota Calya facelift, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun turut merilis Daihatsu Sigra facelift. Perubahan pada mobil LCGC ini tak jauh berbeda dengan saudaranya.

Lampu utama bohlam kini telah diganti menjadi LED. Beberapa orang menyebut hal ini sebagai perubahan yang positif, terlebih saat berkendara di malam hari.

Seperti Toyota Calya facelift, Daihatsu Sigra facelift pun dibekali head-unit display baru yang dapat terhubung ke smartphone. Layar ini juga bisa dioperasikan dari lingkar kemudi.

Begitu pula dengan suspensi Daihatsu Sigra facelift. Kabarnya dilakukan penyetelan ulang agar bagian belakang mobil ini tak terlalu ambles saat memuat 7 orang.

Daihatsu Sigra facelift bisa jadi alternatif kalau menurut Anda, Toyota Calya facelift masih sedikit kemahalan. Mobil MPV ini dibanderol mulai Rp124 jutaan, dan termahal Rp156 jutaan OTR Jakarta. 

3 dari 5 Halaman

Honda Mobilio

5 Pilihan Mobil MPV Terbaik di Indonesia, Yuk Test Drive!Honda Mobilio

Di awal 2019 lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi merilis Honda Mobilio facelift. Ubahan pada mobil MPV 7-seater ini tak banyak, baik di interior maupun eksteriornya.

Namun, beberapa improvisasi tersebut diklaim berpengaruh pada rasa berkendaranya, terlebih di pencahayaan. Pasalnya, Honda Mobilio 2019 mengadopsi lampu utama dari varian RS, begitu pula dengan LED light guide di bawahnya.

Interiornya pun tak banyak berubah, hanya mendapat head-unit display yang lebih besar, menjadi 8 inci. Namun, dengan bertambahnya ukuran, pengoperasiannya diklaim semakin mudah.

Selain itu, dengan head-unit 8 inci, Otolovers bisa melihat video atau pun sistem navigasi dengan lebih jelas.

Keunggulan utama Honda Mobilio dibanding model sekelasnya ialah power yang luar biasa besar.

Ya, pemilik mesin 1.496 cc ini memiliki power hingga 116 hp pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm. Masih jauh lebih tinggi dari mobil sejuta umat, Toyota Avanza, yang hanya punya 102 hp pada 6.000 rpm, serta torsi puncak 136 Nm pada 4.000 rpm.

Honda Mobilio tersedia dengan 5 varian, mulai termurah Rp198 jutaan dan termahal Rp254 jutaan. Versi termahal merupakan varian Mobilio RS CVT yang punya fitur paling komplet.

 

4 dari 5 Halaman

Mitsubishi Xpander

5 Pilihan Mobil MPV Terbaik di Indonesia, Yuk Test Drive!Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander terbilang merupakan model paling muda di segmen mobil keluarga. Hanya saja, MPV ini mampu melejit dan langsung masuk ke deretan 10 besar mobil terlaris di Indonesia.

Tak sedikit yang menyatakan bahwa Mitsubishi Xpander memberikan kenyamanan terbaik di kelasnya. Pihak Mitsubishi Indonesia mengklaim Mitsubishi Xpander merupakan mobil paling senyap ketimbang semua MPV yang sepadan. 

Ground clearance tinggi, mesin bertenaga, dan suspensi stabil membuat Mitsubishi Indonesia yakin bahwa Mitsubishi Xpander mampu memberikan kenyamanan terbaik, sekalipun melibas jalan yang tidak rata.

Itulah mengapa mobil ini masih saja populer hingga sekarang.

Mitsubishi Xpander memiliki varian termurah GLX M/T dengan harga Rp210 jutaan, dan termahal Ultimate A/T Rp265 jutaan. Total, Mitsubishi menyediakan 8 varian yang bisa dipilih sesuai selera.

 

5 dari 5 Halaman

All-New Nissan Livina

5 Pilihan Mobil MPV Terbaik di Indonesia, Yuk Test Drive!All-New Nissan Livina

Sebagai produk rebadge, tentu yang ditawarkan all-new Nissan Livina tak jauh berbeda dari basisnya, Mitsubishi Xpander. Kenyamanan dan performanya mestinya tak jauh berbeda.

Hanya saja, tak sedikit orang yang menyebut keduanya memiliki karakter berbeda. Padahal, fitur keduanya identik, sebut saja traction control, vehicle dynamic control, dan hill start assist.

Untuk urusan performa, all-new Nissan Livina kini dibekali mesin baru dari Mitsubishi, 4-silinder inline DOHC bertenaga 104 ps dan torsi 141 Nm.

Interiornya pun sama persis. All-new Nissan Livina juga memiliki head-unit display 7 inci yang dapat terhubung ke smartphone.

Nissan Livina terbaru ini dibanderol mulai dari Rp205 jutaan hingga 269 jutaan. Varian termurahnya masih di bawah harga Xpander tipe GLX M/T.

BERI KOMENTAR