HOME » BERITA » 5 PILIHAN MOTOR GEDE PALING COCOK BAGI PEMULA

5 Pilihan Motor Gede Paling Cocok Bagi Pemula

Dalam artikel ini, yang dimaksud moge adalah motor dengan kapasitas mesin di atas 250cc. Bagi Otolovers yang berencana untuk naik kelas, motor berkubikasi di bawah 650cc bisa menjadi pilihan menarik.

Sabtu, 21 Juli 2018 13:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: BMW G310 GS/ Motorcyclenews.com

OTOSIA.COM - Mengendarai motor gede alias moge menjadi cita-cita bagi beberapa orang. Alasannya pun bermacam-macam, mulai ingin tampil beda, hingga merasakan ganasnya performa mesin berkapasitas besar.

Dalam artikel ini, yang dimaksud moge adalah motor dengan kapasitas mesin di atas 250cc. Bagi Otolovers yang berencana untuk naik kelas, motor berkubikasi di bawah 650cc bisa menjadi pilihan menarik.

Hal ini tentu berkaitan dengan pembiasaan mengatasi performa dan dimensi yang cukup besar serta berbeda dari sepeda motor di bawah 250cc. Berikut 5 moge yang cocok digunakan untuk pemula:

1. BMW G310 GS

Model ini adalah produk dengan kapasitas mesin terkecil dari BMW Motorrad, hanya 310cc. Meski demikian, fitur yang ditawarkan terbilang menarik, seperti suspensi upside down, instrumen panel digital, dan riding position nyaman khas moto-adventure BMW GS series.

Performa yang dihasilkan mesin 1-silinder 313cc motor ini cukup mumpuni. Tenaga BMW G310 GS mencapai 34 hp dan torsi maksimum 28 Nm serta mampu melaju dengan kecepatan maksimal 143 km/jam.

Selain BMW G310 GS ada juga BMW G310 R yang memiliki desain naked-sport. Spesifikasi mesin keduanya sama persis. Bedanya, BMW G310 GS dijual seharga Rp125 jutaan, sedangkan BMW G310 R dibanderol Rp108 jutaan.

2. Honda Rebel

Di kelas moge 500cc ada Honda CMX500 Rebel. Motor ini menawarkan kenyamanan berkendara khas motor cruiser dengan posisi kaki agak ke depan. Selain itu, meski berkapasitas besar, motor ini juga masih nyaman ketika melaju dengan kecepatan di bawah 50 km/jam.

Desainnya pun cukup menarik dengan bentuk yang cenderung membulat, baik di tangki, lampu, dan speedometer. Hal ini tak terlepas dari konsepnya, modern-retro, sehingga instrumen panelnya sudah full-digital.

Mesin motor ini berkapasitas 471cc bertenaga 47,2 hp dan torsinya mencapai 45,8 Nm. Di Indonesia, Honda Rebel dijual seharga Rp147 jutaan.

3. Honda CBR500R

Bagi para penggemar motor sport full-fairing, Honda CBR500R bisa menjadi pilihan menarik. Selain desain futuristik, performa dan fitur yang ditawarkan terbilang up-to-date.

Honda CBR500R dibekali teknologi sistem pembakaran elektronik, full-LED lighting, dan instrumen panel digital. Sayangnya, suspensi depan motor ini masih teleskopik. Meski demikian, ban bawaan sportbike tersebut sudah berjenis radial.

Di sektor dapur pacu, Honda CBR500R mengusung mesin 1-silinder 471cc bertenaga 52,3 hp dengan torsi maksimum, 46,8 Nm. Saat ini, harga jual Honda CBR500R mencapai Rp145 jutaan.

4. Kawasaki Vulcan

Motor cruiser lainnya yang patut dicoba ialah Kawasaki Vulcan. Secara garis besar, desain dan kenyamanannya tak jauh berbeda dengan Honda CMX500 Rebel.

Selain produsen, beda keduanya ialah kapasitas mesin. Kawasaki Vulcan mengusung mesin 2-silinder 649cc DOHC berpendingin cairan. Konfigurasi tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 62 hp dan torsinya mencapai 64 Nm.

Di Indonesia, ada dua varian yang ditawarkan, yaitu Kawasaki Vulcan S dan Kawasaki Vulcan SE. Beda keduanya terdapat pada warna. Kawasaki Vulcan S dibalur satu warna, sedangkan Kawasaki Vulcan SE sudah dual-tone.

Mengenai harga, Kawasaki Vulcan S dibanderol Rp174 jutaan. Sementara itu, varian tertingginya, Kawasaki Vulcan SE dijual seharga Rp176,6 jutaan.

5. Kawasaki ER-6n

Pada segmen naked sport 650cc, ada Kawasaki ER-6n yang bisa dibilang cocok bagi pemula. Pasalnya, motor ini memiliki harga yang lebih murah ketimbang produk Kawasaki lainnya dengan kapasitas mesin yang sama.

Berdasarkan situs resminya, harga Kawasaki Er-6n standard sebesar Rp106 jutaan. Sedangkan untuk varian yang sudah memiliki ABS, Kawasaki ER-6n ABS, dibanderol lebih mahal, Rp150 jutaan.

Sebenarnya, dibanding motor Kawasaki 650cc lainnya, Kawasaki ER-6n memiliki tenaga paling besar, 71 hp. Sedangkan daya Kawasaki Ninja 650 dan Kawasaki Z650 hanya mencapai 67 hp.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR