HOME » BERITA » 5 RAHASIA MOBIL IRIT BBM, ENGGAK SUSAH

5 Rahasia Mobil Irit BBM, Enggak Susah

Kebiasaan pemilik mobil juga bisa membuat mobil jadi hemat bensin.

Sabtu, 09 Mei 2020 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
5 Rahasia Mobil Irit BBM, Enggak Susah
Ilustrasi berkendara (Autocar.co.uk)

OTOSIA.COM - Bukan hal baru jika mobil yang irit bahan bakar minyak (BBM) alias bensin akan memiliki nilai plus. Maka itu banyak produsen mobil yang kerap menjadikan konsumsi BBM produknya jadi senjata penjualan.

Taukah kamu, bahwa kebiasaan pemilik mobil juga bisa membuat kendaraan kesayangan tetap irit bensin? Dilansir dari laman Auto2000, ada 5 kebiasaan yang bisa membuat mobil irit bensin. Berikut daftarnya:

1 dari 5 Halaman

Pakai Bensin Berkualitas

Performa mesin kendaraan juga bergantung pada bahan bakar yang dipakai. Bahan bakar yang dipakai harus sesuai dengna spesifikasi masing-masing mobil. Langkah ini bertujuan untuk membuat performa mobil tetap maksimal. 

Jika bahan bakar yang dipakai tidak sesuai, maka akan sangat mudah terjadi gejala ngelitik atau engine knocking pada mesin kendaraan. Akibatnya, performa atau kinerja mesin menjadi kurang maksimal dan menjadikan bahan bakar tidak efisien.

 

2 dari 5 Halaman

Jangan Mengemudi Secara Agresif

Usahakan melaju secara konstan pada kecepatan 60-70 kpj. Menjaga laju kecepatan tetap konstan bisa membuat suplai bahan bakar juga konstan. Artinya, akselerasi sebuah mobil bisa memainkan peran dalam irit atau borosny abahan bakar. Selain itu, hindari melakukan akselerasi secara mendadak karena akan membuat suplai bahan bakar menjadi lebih tinggi.

3 dari 5 Halaman

Jaga Putaran Mesin

Otolovers harus memperhatikan torsi mesin. Umumnya, torsi paling efisien berada pada rentang putaran 2.000-3.000 rotasi per menit (rpm). Lebih baik jaga putaran mesin pada angka tersebut, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Bila putaran mesin terlalu tinggi, suplai bensin ke ruang bakar akan makin banyak. Kemudian, jika terlalu rendah, maka butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan. Hal ini. jelas akan memerlukan bahan bakar lebih banyak.

4 dari 5 Halaman

Hindari Pengereman Mendadak

Ada baiknya untuk menghindari mengerem secara berlebihan, karena hal tersebut akan memaksa pengemudi menekan gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan semula dan memakan lebih banyak bahan bakar.

5 dari 5 Halaman

Perhatikan Tekanan Angin Ban

Hindari tekanan angin yang terlalu rendah karena dengan kondisi ini. Tapi jangan pula memompa ban secara berlebihan karena bisa mengacaukan kendali mobil.

BERI KOMENTAR