HOME » BERITA » 5 RAHASIA PENGEMBANGAN SUV BARU TATA, KEMBARAN NAMA TOYOTA HARRIER

5 Rahasia Pengembangan SUV Baru Tata, Kembaran Nama Toyota Harrier

Semakin dekat dengan jadwal peluncuran Tata Harrier, Januari 2019 mendatang, semakin sering Tata Motors membocorkan wujud dari SUV anyarnya itu.

Senin, 03 Desember 2018 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tata Harrier (Autocar India)

OTOSIA.COM - Semakin dekat dengan jadwal peluncuran Tata Harrier, Januari 2019 mendatang, semakin sering Tata Motors membocorkan wujud dari SUV anyarnya itu.

Harrier bukanlah SUV biasa bagi Tata, karena ini adalah SUV pertama Tata yang dibangun menggunakan platform Land Rover. Maka hal itu tentu akan meningkatkan kredibilitasnya.

Namun, di balik itu semua ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang pengembangan Tata Harrier, seperti mengutip Autocar India.

1. Ruang Kursi Belakang

Ketika Harrier pertama kali direncanakan pada 2013, mobil ini rencananya akan memakai platform Land Rover Freelander. Namun ternyata wheelbase sepanjang 2.650 milimeter milik Freelander tidak memungkinkan untuk menciptakan ruang kaki, yang berarti lebih pendek untuk standar India.

Namun, dengan peluncuran Discovery Sport pada tahun 2014, dengan panjang wheelbase 2.74 milimeter, Tata Motors akhirnya memutuskan untuk menggunakan konstruksi Discovery. Maka Harrier memiliki ruang kaki yang sama dengan Discovery Sport.

2. Mesin Ingenium JLR

Dengan menggunakan mesin yang sama, maka mesin yang sama dengan Discovery Sport pun sangat mungkin dipakai oleh Tata Harrier. Bahkan rencana awalnya menggunakan mesin Ingenium JLR yang diproduksi secara lokal di India. Tetapi poyek tersebut gagal karena perusahaan menyadari bahwa volume yang diproyeksikan benar-benar tidak realistis.

Untuk volume kecil, melokalkan mesin dan pilihan lain untuk mengimpor akan membuat biaya produksi semakin mahal. Belum lagi biaya risiko kerusakan.

3. Pilihan Mesin dan Transmisi Terbatas

Tata tidak memiliki banyak pilihan saat memilih powertrain untuk Harrier karena tidak terlalu banyak mesin transversal yang tersedia yang sesuai dengan berat dan ukuran Harrier. Tata Motors sedang dalam pembicaraan dengan VM Motori dan bahkan Hyundai untuk mencari diesel yang tepat tetapi akhirnya memusatkan perhatian pada turbo-diesel Fiat 2.0. Hal itu karena mesin tersebut dibuat secara lokal dan dibuat di fasilitas Ranjangaon yang dimiliki bersama oleh Fiat dan Tata.

Namun, Harrier tidak bisa menggunakan transmisi DCT 9-percepatan milik Compass, karena dinilai akan membuat Harrier semakin berat. Maka akhirnya diputuskan untuk menggunakan milik Hyundai, torque converter automatic 6-percepatan.

Saat peluncuran, Harrier akan hadir hanya dengan satu opsi mesin dan transmisi, mesin Fiat 140hp, diesel 2.0-liter, dan gearbox 6-percepatan.

4. Suspensi Dikembangkan oleh Lotus dan JLR

Suspensi depan Harrier adalah sisa dari Discovery Sport dan menggunakan sub-frame yang sama dan perakitan McPherson Strut. Namun di bagian belakang, suspensi aluminium multi-link telah diganti dengan suspensi batang torsi yang lebih sederhana dan dikembangkan secara lokal atau 'twist-blade'. Lotus Engineering melakukan semua penyetelan dan penyeimbangan suspensi dengan banyak masukan dari JLR. Bahkan, pengembangan suspensi adalah contoh kolaborasi yang bagus antara tim Tata, Lotus dan JLR.

5. Versi 3-Baris akan Mejeng pada Auto Expo 2020

Bukan rahasia lagi bahwa turunan tiga baris, tujuh kursi dari Harrier sedang dalam pengembangan, tetapi seberapa berbeda?

Perbedaan terbesar adalah dari segi panjang. Untuk mengakomodasi baris ketiga, Harrier tujuh tempat duduk akan lebih panjang 62 milimeter dari lima tempat duduk. Tetapi tidak akan ada perubahan dalam wheelbase.

Ketujuh tempat duduk juga akan didukung oleh diesel Fiat 2.0 liter yang sama tetapi dengan output lebih tinggi lebih dari 170hp. 7-seater akan mendapatkan opsi manual dan otomatis saat peluncuran.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR