HOME » BERITA » 5 TEKNOLOGI WARISAN F1 YANG MENGUBAH DUNIA OTOMOTIF

5 Teknologi Warisan F1 yang Mengubah Dunia Otomotif

Balapan bukan soal siapa yang tercepat. Ada hal-hal lain yang melatarbelakangi diadakannya balapan mobil ataupun motor, salah satunya Formula 1.

Selasa, 11 Juni 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
4. Rem Cakram
   
5 Teknologi Warisan F1 yang Mengubah Dunia Otomotif
Rem Cakram

Bagian terpenting dari mobil adalah sistem pengeremannya. Sejak penemuan mobil, kemajuan terbesar dalam teknologi rem adalah rem cakram. Permukaan rem cakram memiliki lubang yang terbelah untuk membuat sirkulasi udara di antara bantaran rem lebih baik daripada rem drum. Selain itu juga untuk mengurangi panas dan meningkatkan kinerja.

Hal ini menarik perhatian jaguar pada awal 1950-an. Pabrikan mobil Inggris itu bekerja sama dengan Dunlop, untuk mengembangkan rem cakram untuk pesawat terbang. Jika pesawat bisa berhenti di landasan dengan rem cakram, maka itu juga akan berlaku untuk mobil. Oleh karena itu, Jaguar C-Type yang dilengkapi dengan rem cakram selalu menang dalam balapan 24-Hours Le Mans.

Banyak merek lain yang juga menguji rem cakram, seperti Crosley Hotshot 1949 dan Chrysler 1950. Tapi kemenangan jaguar membuktikan bahwa teknologinya benar-benar revolusioner. Saat ini, rem cakram adalah komponen standar bagi hampir semua mobil.

BERI KOMENTAR