HOME » BERITA » 5 TEMPAT PARKIR PALING INOVATIF YANG PERNAH ADA DI DUNIA

5 Tempat Parkir Paling Inovatif yang Pernah Ada di Dunia

Lima inovasi parkir ini memudahkan untuk menemukan parkir kosong mobil tanpa harus menghabiskan waktu.

Minggu, 01 Agustus 2021 12:15 Editor : Arendra Pranayaditya
5 Tempat Parkir Paling Inovatif yang Pernah Ada di Dunia
Ilustrasi parkir yang inovatif. (via greencarreports.com, alibaba.com)

OTOSIA.COM - Mencari tempat parkir terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Apabila mengunjungi suatu tempat di jam sibuk, dapat dipastikan banyak waktu terbuang untuk mencari tempat parkir.

Sulitnya menemukan tempat parkir tidak hanya merugikan pengemudi tetapi juga berdampak buruk bagi lingkungan.

Sebuah riset dari csmonitor.com menunjukkan bahwa satu juta barel bahan bakar minyak (BBM) ludes setiap harinya hanya untuk mencari tempat parkir. Sementara itu, 44% pengemudi merasa bahwa mencari parkir adalah pengalaman yang melelahkan dan rata-rata mereka menghabiskan waktu sekitar empat hari untuk mencari tempat parkir, menurut temuan parking-mobility.org.

Oleh sebab itu melansir parkeagle.com, Rabu (28/7/2021) ada lima inovasi tempat parkir yang memudahkan untuk menemukan parkir kosong mobil tanpa harus menghabiskan waktu.

1 dari 5 Halaman

1. Car Parking Lifts

Parkiran car lifts. (alibaba.com)

Apabila parkir konvensional saling bersampingan secara horizontal, car lifts menggunakan cara vertikal. Seperti namanya, mobil diangkat menggunakan lift dan diparkirkan pada slot yang kosong.

Tempat parkir ini biasa digunakan oleh negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi atau area kosong yang terbatas, seperti di Jepang.

Negari Sakura itu terkenal memiliki aturan ketat soal parkir seperti mobilnya disarankan berbentuk praktis seperti kei car, rumah harus meiliki tempat parkir sendiri dan juga harus punya izin parkir.

Karena itu, car lift menjadi solusi paling efisien untuk menghemat tempat parkir.

2 dari 5 Halaman

2. Smart Parking Sensors

Sensor menunjukkan tempat parkir. (libelium.com)

Di zaman serba canggih ini, hampir seluruh perusahaaan beralih ke dunia digital. Sama halnya dengan cara parkir. Berkat berkembang pesatnya teknologi, kita bisa mengetahui lebih dahulu kondisi tempat parkir yang ingin dikunjungi.

Untuk mendeteksi ketersediaan parkir, dibutuhkan sebuah alat yang bisa terkoneksi dengan ponsel pintar.

Cukup dengan menginstal sebuah aplikasi, kita bisa memantau lokasi parkir yang kosong sehingga tidak perlu keliling mencari-cari dahulu.

3 dari 5 Halaman

3. Pollution Based Parking Fees

Ilustrasi pengecekan polusi udara. (aeroqual.com)

Bagi negara-negara dengan jumlah polusi udara yang tinggi, metode parkir ini bisa menjadi cara jitu mengurangi kadar emisi berbahaya. Caranya adalah Membebankan biaya lebih tinggi untuk mobil dengan emisi gas buang yang tinggi, sedangkan mobil listrik, hybrid dan mobil ramah lingkungan lainnya mendapat diskon.

Di London, Inggris tempat parkir untuk mobil listrik tidak dipungut biaya, mobil hybrid mendapat diskon 20% dari harga aslinya, sedangkan mobil diesel sebelum tahun 2001 dikenakan harga 20% lebih tinggi.

4 dari 5 Halaman

4. Length based parking fees

Ilustrasi mobil besar parkir. (YouTube/Doug Demuro)

Menurut sumber yang sama, biaya parkir bisa ditentukan melalui panjang mobil Anda. Analoginya, apabila mobil berukuran besar dipindah lokasinya, maka mobil kecil dengan mudah menggunakan tempat parkir tersebut.

Mobil berukuran besar juga biasanya lebih mahal dibandingkan mobil kecil. Jadi mereka seharusnya tidak masalah membayar biaya yang lebih tinggi.

5 dari 5 Halaman

5. Wireless charging on parking spots

Parkir sambil mengisi baterai. (greencarreports.com)

Di masa depan kemungkinan besar seluruh mobil tidak lagi menggunakan mesin pembakaran internal. Idealnya pemilik mobil listrik bisa mengisi daya mobil pada saat diparkir. Namun jika semua orang mengecas mobilnya secara bersamaan, kabel yang bergelantungan bisa menjadi bahaya baru.

Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila mobil bisa mengecas tanpa kabel atau wireless seperti pada handphone canggih saat ini. Prinsipnya bisa dibikin serupa, seperti menanamkan pad di bawah mobil dan secara otomatis baterai akan terisi.

BERI KOMENTAR