HOME » BERITA » 5 TIPS AMPUH ANTI MABUK PERJALANAN, TANPA MINUM OBAT

5 Tips Ampuh Anti Mabuk Perjalanan, Tanpa Minum Obat

Cara agar tidak mabuk perjalanan bisa dicegah dengan mengonsumsi obat anti mabuk. Selain itu, cara agar tidak mabuk perjalanan juga bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Jum'at, 19 April 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (tripsavvy.com)

OTOSIA.COM - Mabuk perjalanan bisa merusak mood. Apalagi jika sedang menggunakan kendaraan umum, tentu rasanya akan semakin tak nyaman.

Solusinya adalah minum obat anti mabuk. Tapi jika tak suka mengonsumsi obat, sepertinya ada beberapa hal yang bisa Otolovers terapkan supaya tak mabuk perjalanan, seperti dikutip dari laman Daihatsu Indonesia.

1. Mengobrol

Cobalah untuk mengalihkan dan mencegah mabuk dengan mengobrol. Ketika mengobrol, perhatian kita akan fokus pada lawan bicara, sehingga otak hanya akan merespon situasi pembicaraan ketimbang perjalanan. Tapi jangan mengobrol dengan posisi menghadap belakang atau berlawanan dengan arah perjalanan ya.

2. Menikmati Pemandangan

Jika tak ada teman untuk mengobrol, coba untuk nikmati pemandangan selama perjalanan ditemani dengan musik facorit. Hanya saja cara ini tak bisa dilakukan di setiap kondisi perjalanan.

3. Jangan Bermain Gadget Terlalu Lama

Hindari bermain gadget. Sebab, keadaan biologis otak dan tubuh mengalami dilema. Berbeda ketika berpindah tempat dengan berjalan kaki atau berlari, tubuh akan terasa biasa saja karena kita merasakanperpindahan secara biologis. Sedanka ketika berkendara, tubuh akan berpindah tempat tanpa mengalami proses biologis.

Jadi, otak akan mengalami stres dan menganggap bahwa tubuh berada dalam kondisi yang salah. Ditambah lagi, bila bermain gadget, otak yang sedang dalam kondisi stres dipaksakan untuk fokus. Alhasil, otak akan merespon bahwa tubuh dalam kondisi keracunan sehingga berdampak pada pusing dan mual.

4. Jangan Lapar atau Kekenyangan

Kondisi perut yang kosong dapat memicu asam lambung. Ketika zat asam memenuhi lambung, ditambah dengan medan perjalanan yang berliku, kemungkinan besar akan merasakan mabuk kendaraan. Tidak hanya untuk makanan, kondisi lambung yang penuh dengan air minum juga bisa menyebabkan mabuk di dalam kendaraan.

5. Gunakan Minyak Angin atau Aromaterapi

Cara ini mungkin bisa dibilang klasik. Tapi ketika sedang merasakan mabuk kendaraan, minyak angin atau aromaterapi juga bisa digunakan untuk menetralisir kondisi tidak enak badan.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR