HOME » BERITA » 5 TIPS OTOMOTIF PALING POPULER SELAMA 2019

5 Tips Otomotif Paling Populer Selama 2019

Sepanjang tahun 2019, tips tentang kendaraan juga tak kalah menarik dengan tips otomotif lainnya.

Kamis, 26 Desember 2019 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
5 Tips Otomotif Paling Populer Selama 2019
Indikator mobil (Ilustrasi/Nissan)

OTOSIA.COM - Sebagai pemilik kendaraan, mengetahui seluk beluk kendaraan menjadi hal yang penting sekalipun hanya sedikit. Termasuk menanganikendaraan jika mengalmi insiden kecil, jadi tak hanya memakainya saja.

Sehingga jika terjadi sesuatu di jalan setidaknya bisa melakukan pertolongan pertama. Memahami soal seluk beluk kendaraan seyogyanya sudah harus dilakukan sejak akan membeli kendaraan.

Sepanjang tahun 2019 ini, pengetahuan mengenai kendaraan hingga tips dan trik tentang kendaraan roda dua maupun empat tak kalah menarik dengan topik otomotif lainnya. Berikut tips otomotif yang populer selama 2019 versi Otosia.com:

1 dari 5 Halaman

Deteksi Kerusakan Motor

5 Tips Otomotif Paling Populer Selama 2019Deteksi Kerusakan Motor

Kerusakan motor tidak hanya bisa diperkirakan dari suara, performa atau pun gejala fisik yang muncul, tapi juga lampu indikator yang tersedia pada motor berfitur PGM-FI.

Ya, fitur PGM-FI yang dimiliki oleh Honda memiliki berbagai kelebihan terutama lampu indikator penunjuk kerusakan motor. Lampu tersebut dikenal dengan istilah MIL (Malfunction Indicator Lamp), berwarna orange dan terletak pada instrument meter.

Jika MIL menyala terus menerus (berkedip), itu tandanya motor sedang bermasalah dan Kamu bisa mengetahui jenis problemnya lewat hitungan kedipan lampu.

Lalu bagimana pola hitungannya? Menurut situs Hondacengkareng.com, ada dua macam kedipan MIL:

1. Kedipan panjang (berlangsung selama 1,3 detik) ? Satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek.

Contoh:

Jika satu kedipan panjang diikuti dengan dua kedipan pendek dibaca 12 kali kedipan ( satu kedipan panjang = 10 kedipan, ditambah dua kedipan pendek).

2. Kedipan pendek (berlangsung selama 0.3 detik) ? Satu kedipan pendek adalah ekuivalen dengan satu kedipan.

Contoh:

Jika ada delapan kali kedipan maka tetap dihitung 8 kedipan. Berikut adalah video contoh kedipan panjang pada lampu MIL (8 kedipan pendek).

Baca selengkapnya

2 dari 5 Halaman

Menangani Kopling Mobil Los

5 Tips Otomotif Paling Populer Selama 2019Menangani Kopling Mobil Los

Kopling mobil tiba-tiba los dan gigi transmisi masih tersangkut bisa menjadi hal yang mengagetkan bagi pemilik mobil, terutama untuk usia kendaraan yang tidak lagi baru.

Sialnya, hal ini bisa saja terjadi pada malam hari, ketika bengkel kendaraan sudah tutup.

Jangan panik. Cobalah menepi jika dalam perjalanan, dan pindahkan gigi ke posisi netral, lalu matikan mesin.

Baca selengkapnya

3 dari 5 Halaman

Cara Hitung Pajak Kendaraan

5 Tips Otomotif Paling Populer Selama 2019Cara Hitung Pajak Kendaraan

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah surat penting sebagai bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

Namun, masih banyak orang yang bingung menghitung berapa besar pajak kendaraan yang mereka miliki. Besaran pajak biasanya baru diketahui saat pembuatan atau perpanjangan STNK baru.

Kini, pemilik kendaraan bisa dengan mudah langsung menghitung pajak kendaraan yang harus ditanggungnya. Sehingga saat datang ke Kantor Samsat, pemilik kendaraan sudah mempersiapkan uang yang harus dibayarkan.

Baca selengkapnya

4 dari 5 Halaman

Arti Indikator Mobil

5 Tips Otomotif Paling Populer Selama 2019Arti Indikator Mobil

Bagi pengendara, indikator yang ada di dashboard perlu untuk dipahami. Sebab, beberapa tanda peringatan lampu indikator memberikan pertanda penting untuk keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Banyaknya lampu indikator yang berbentuk simbol ini mungkin membuat otolovers bingung. Apalagi bagi para pengemudi pemula.

Ada tujuh indikator yang wajib diketahui diantara banyaknya panel-panel yang ada di dashboard mobil. Dikutip dari situs resmi Nissan, berikut arti dari indikator tersebut.

Baca selengkapnya

5 dari 5 Halaman

Beda Honda PCX ABS vs Non-ABS

5 Tips Otomotif Paling Populer Selama 2019Beda Honda PCX ABS vs Non-ABS

Motor matik berukuran besar kini semakin menjamur di Indonesia. Termasuk pabrikan Honda yang memiliki Honda PCX 150.

Motor matik premium Honda ini meluncur mulai tahun 2017, dengna dua pilihan yakni CBS (non-ABS) dan ABS). Apa beda kedua varian tersebut?

Baca selengkapnya

BERI KOMENTAR