HOME » BERITA » 5 TRIK JAGA HARGA MITSUBISHI XPANDER SECOND

5 Trik Jaga Harga Mitsubishi Xpander Second

Harga jual Mitsubishi Xpander terhitung sejak pemakaian 3 tahun terakhir terbilang stabil. Sediktnya ada 5 faktor yang bikin harga jualnya tetap tinggi.

Kamis, 07 Januari 2021 12:15 Editor : Nazarudin Ray
5 Trik Jaga Harga Mitsubishi Xpander Second
Harga Xpander bekas relatif stabil (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Harga jual seken untuk Xpander sebagai salah satu MPV idola di Indonesia memang masih berotot. Di masa pemakaian terhitung 3 tahun sejak ia pertama diluncurkan pada Juli 2017, depresiasi harga masih di taraf "segar".

Xpander baru sendiri dipasarkan di rentang Rp 248.300.000 hingga Rp 278.100.000. Sementara itu, harga jual sekennya di pasar mobil bekas berada di kisaran Rp 180.000.000 hingga Rp 245.000.000.

1 dari 2 Halaman

Namun, harga yang bervariasi itu tentu saja ditunjang sejumlah faktor. Head of after sales & CS Operation group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto memberikan sejumah tips agar harga jual Xpander bekas tetaplah berotot.

Pertama, lakukan servis berkala maupun perbaikan di bengkel resmi. Apabila mobil selalu melakukan servis berkala di bengkel resmi, hal tersebut menurutnya akan memudahkan pengecekan rekam jejak mobil tersebut. Tentunya ini berkaitan dengan kepercayaan konsumen juga kualitas kendaraan.

"(Kedua) gunakan selalu genuine spare part ketika diperlukan penggantian part. Jika diperlukan penggantian part, pastikan selalu menggunakan genuine spare part dan dilakukan di diler resmi untuk menjaga kualitas dan standar," tekannya.

Hindari pula pemasangan aksesori elektrikal. Penggunaan aksesori terutama pada bagian elektrikal, seperti disampaikan Boediarto, rentan mengakibatkan kerusakan pada komponen standar kendaraan.

2 dari 2 Halaman

Keempat, beri perhatian lebih terhadap kondisi eksterior dan interior mobil. Kondisi eksterior dan interior mobil yang mulus dan terawat, seperti bebas baret, bersih dari sisa makanan atau kotoran di dalam kabin dan dalam kondisi standar sangat berpengaruh terhadap harga jual kembali kendaraan.

"Apabila dirasa perlu, sesekali dalam 6 bulan juga perlu perawatan ke salon mobil untuk merawat interior (termasuk jok kulit) dan eksterior (termasuk ruang mesin)," kata dia.

Kelima, gunakan bahan bakar yang direkomendasikan. Kualitas bahan bakar berpengaruh terhadap umur mesin. Dengan menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan di buku manual membuat performa mesin terjaga.

Sebagai informasi tambahan, kualitas BBM yang tidak bagus dapat mengganggu siklus kerja mesin, dan menjadikan pembakaran tidak sempurna. Efeknya, kadar CO, HC dan NOx meningkat.

Hal ini bisa menyebabkan kerusakan bagian-bagian engine, seperti pengikisan, abrasi hingga retak pada ruang pembakaran mesin dan piston hingga kepala piston pecah, berlubang, atau bahkan lumer.

 

 

BERI KOMENTAR