HOME » BERITA » 6 CARA MERAWAT MOTOR MATIK AGAR TAK BOROS BAHAN BAKAR

6 Cara Merawat Motor Matik Agar Tak Boros Bahan Bakar

Berikut ini cara bikin motor matik tak boros bahan bakar

Senin, 23 November 2020 11:15 Editor : Ahmad Muzaki
6 Cara Merawat Motor Matik Agar Tak Boros Bahan Bakar
Pria mengendarai motor matik (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Saat ini sepeda motor matik semakin diminati. Namun beberapa orang ada yang beranggapan bahwa motor matik boros bahan bakar.

Namun anggapan itu jelas salah. Sebab motor matik kini telah dilengkapi dengan beragam fitur canggih yang mampu menghemat konsumsi BBM.

Hanya saja Otolovers harus benar-benar merawat motor matik, sebab irit bahan bakar hanya bisa dicapai jika kendaraan dalam keadaan sehat. Lalu bagaimana caranya? Melansir laman resmi Federal Oil, berikut cara merawat motor matik agar performanya tetap prima.

1 dari 6 Halaman

1. Panaskan Mesin

Panaskan mesin merupakan hal pertama yang perlu dilakukan. Usahakan untuk memanaskan mesin sekitar 1 sampai 3 menit. Tujuannya agar komponen di dalam mesin bisa terlumasi dengan baik.

Selain itu agar suhu mesin bisa ideal, sehingga pembakaran optimal dan penggunaan bahan bakar lebih efisien.

2 dari 6 Halaman

2. Jangan Gas Motor Secara Mendadak

Kemudian saat mengendarai motor matik jangan sampai memutar gas secara mendadak. Sebab hal itu bisa menyebabkan pengguaan bahan bakar boros. Penyebab lainnya adalah usia komponen di dalam mesin dan transmisi semakin pendek.

3 dari 6 Halaman

3. Periksa Tenaga Accu

Karena motor matik dengan teknologi injeksi bergantung pada arus listrik, maka Otolovers pun harus rutin memeriksa tegangan accu. Bila tegangan accu tak sesuai, maka umur pakai motor semakin pendek.

4 dari 6 Halaman

4. Periksa Unit Transmisi

Kemudian Otolovers juga harus rutin memeriksa transmisi. Pastikan seluruh komponennya memiliki kondisi baik, sehingga saat dikendarai irit BBM.

5 dari 6 Halaman

5. Cek Tekanan Angin Ban

Apabila tekanan angin ban kurang, maka mesin akan bekerja lebih keras dan hal itu menyebabkan konsumsi BBM semakin boros.

6 dari 6 Halaman

6. Gunakan Pelumas Berkualitas

Kemudian terakhir adalah menggunakan pelumas mesin berkualitas. Jika pelumas bisa membuat kinerja mesin semakin optimal, maka konsumsi bahan bakar akan irit.

BERI KOMENTAR