HOME » BERITA » 6 KELEBIHAN PAKAI NITROGEN UNTUK BAN KENDARAANMU, BUKTIIN DEH

6 Kelebihan Pakai Nitrogen untuk Ban Kendaraanmu, Buktiin Deh

Harga angin nitrogen lebih mahal ketimbang angin biasa. Tapi harga itu disebut setimpal dengan kelebihan yang ditawarkan nitrogen, apa saja?

Selasa, 30 April 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Rideapart)

OTOSIA.COM - Hampir di setiap SPBU saat ini ada pengisian angin nitrogen untuk kendaraan. Soal harga, sedikit lebih mahal memang dengan angin biasa.

Tapi, katanya sih worth it ya Otolovers. Melansir laman Wahana Honda, berikut ada 6 kelebihan angin nitrogen untuk ban kendaraan.

1. Anti Air

Kandungan angin nitrogen terdiri dari 95 persen nitrogend an 5 persen oksigen. Sedangkan angin biasa mengandung 78 persen nitrogen dan 21 persen oksigen dan air. Nah air ini yang baisanya menjadi penyebab pemuaian massa.

2. Anti Karat

Lagi-lagi, air jadi sumber masalah. Bagi yang masih pakai velglogam, penggunaan angin biasa yang mengandung air ini kadang bikin bagian dalam velg jadi berkarat lho. Apalagi di pagi hari biasanya si udara ini mengeluarkan embun. Meskipun jumlahnya sedikit tapi bisa merusak velg.

3. Tarikan Motor Enteng

Selain untuk ban sendiri, pakai nitrogen juga mempengaruhi performa motor. Molekul nitrogen yang besar, padat dan mudah mengisi ruang ini membuat bentuk ban dalam keadaan maksimal.

Perlu kamu tahu ya Otolovers, bentu ban saat diisi angin biasa memang akan sempurna. Tapi tidak akan nyaman untuk dikendarai. Pada akhirnya, ban akan sedikit dikempesi agar lebih nyaman. Bentuk ban yang seharusnya bulat jadi sedikit gepeng dan cekung di bagian tengah.

Sedangkan nitrogen menawarkan fitur pengisian yang lebih sempurna. Walaupun bentuknya sudah sempurna, namun ban tidak keras. Jadi tarikan akan semakin enteng.

4. Handling Motor Lebih Aman

Ternyata, selain lebih enteng, pakai nitrogen bisa memberikan handling lebih aman dan nyaman. Segala obstacle yang ada, akan dilibas dengan lancar. Karena motor akan tetap terjaga kendalinya lantaran empuknya ban dan bisa mereduksi goncangan.

5. Lebih Dingin

Pada dasarnya, nitrogen punya sifat yang unik yaitu dingin. berbeda dengan angin biasa, yang mudahmemuai saat suhunya naik. Ketika pakai nitrogen, Otolovers tak akan mengalami yang namanya ban meletus saat motor berjemur di siang bolong.

6. Molekul Nitrogen Lebih Besar

Molekul nitrogen diyakini lebih besar ketimbang angin biasa. Apa pengaruhnya? Molekul yang lebih besar akan membuat nitrogen lebih awet ada di dalam ban. Berbeda dengan angin biasa yang harus diisi ulang setiap minggu, karena volume menurun.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR