HOME » BERITA » 6 LANGKAH AMAN KENDARAI SEPEDA MOTOR KOPLING

6 Langkah Aman Kendarai Sepeda Motor Kopling

Sepeda motor yang menggunakan kopling memang terlihat cukup susah dikendarai, apalagi bagi para pemula.

Kamis, 24 Oktober 2019 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
6 Langkah Aman Kendarai Sepeda Motor Kopling
Cara mengendarai sepeda motor kopling (Shutterstock)

OTOSIA.COM - Tak hanya bertransmisi manual, sepeda motor kopling juga dibekali dengan tuas kopling. Rata-rata, sepeda motor jenis sport menggunakan kopling.

Bagi para pemula, mengendarai sepeda motor berkopling mungkin cukup ribet. Nah, letak tuas kopling itu biasanya ada di setang kiri pengendara.

Sebab, pengendara harus menarik tuas kopling setiap memindahkan gigi. Maka itu, pengendara butuh konsentrasi lebih dari sisi kopling, gas, rem, secara bersamaan.

Melansir laman Wahana Honda, berikut Enam langkah aman mengendarai sepeda motor kopling:

1 dari 6 Halaman

Kenali Motormu

6 Langkah Aman Kendarai Sepeda Motor KoplingKenali Motormu

Pahami dengan benar karakter motor kopling yang akan dikendarai. Sepeda motor kopling dengan kapasitas mesin 150cc akan berbeda dengna yang memiliki kapasitas mesin 250cc.

Walaupun konsep dan cara mengendarai sama, tapi tetap saja harus melakukan penyesuaian diri sebelumnya.

Pelajari Sitem Kerja Kopling

Kopling berfungsi untuk memindahkan gigi secara halus. Ketika tuas kopling ditarik, lempeng kopling akan ditekan oleh kampas rem sehingga berhenti, dan saat berhenti itulah biasanya pengendara bisa memindahkan gigi.

2 dari 6 Halaman

Pelajari Sitem Kerja Kopling

6 Langkah Aman Kendarai Sepeda Motor KoplingPelajari Sitem Kerja Kopling

Kopling berfungsi untuk memindahkan gigi secara halus. Ketika tuas kopling ditarik, lempeng kopling akan ditekan oleh kampas rem sehingga berhenti, dan saat berhenti itulah biasanya pengendara bisa memindahkan gigi.

3 dari 6 Halaman

Cara Melepas Kopling

6 Langkah Aman Kendarai Sepeda Motor KoplingCara Melepas Kopling

Penting untuk diingat adalah cara melepas kopling. Sebab, cara melepas kopling sangat memengaruhi lajunya kendaraan bermotor. Semakin pelan dan hati-hati melepas kopling, laju sepeda motor menjadi semakin halus. Hindari melepas kopling yang kasar alias mendadak, karena bisa menghentakd an bisa membahayakan diri.

4 dari 6 Halaman

Perpindahan Gigi

6 Langkah Aman Kendarai Sepeda Motor KoplingPerpindahan Gigi

Latihlah diri untuk melakukan perpindahan gigi pada torsi yang optimal. Artinya, optimal bukan berarti pada putaran yang tinggi. Perpindahan gigi ada baiknya dilakukan pada putaran mesin di sekitar 2300-2500 rpm. Tapi ini bukan patokan, setiap motor punya karakter yang berbeda.

Biasakan mengambil rpm terendah karenad engan begitu, penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit dibandingkan dengan putaran mesin yang tinggi.

5 dari 6 Halaman

Perhatikan Gas

6 Langkah Aman Kendarai Sepeda Motor KoplingPerhatikan Gas

penggunaan gas pada sepeda motor kopling juga perlu diperhatikan. Saat motor baru berjalan dari kondisi berhenti kemudian sudah mulai berjalan dengan baik, ada baiknya jika kita menambah gas secara perlahan-lahan.

Dengan menambah gas secara perlahan, akan membuat laju sepeda motor kopling menjadi halus dan juga lebih aman.

6 dari 6 Halaman

Kenali Engine Brake

6 Langkah Aman Kendarai Sepeda Motor KoplingKenali Engine Brake

Engine brake adalah teknik penegreman yang terjadi karena mesin, transmisi yang bekerja di dalam mesin sepeda motor saat tuas gas dilepas. Saat kecepatan tinggi, engine brake sangat membantu pengereman.

Kesalahan yang kerap dilakukan pemula adalah saat ingin melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, mereka juga menekan tuas kopling. Hal ini sangat berbahaya karena laju kendaraan menjadi lebih cepat daripada saat menggunakan engine brake. Biasakan memakai kopling atau menarik tuas kopling ketika hendak berhenti atau saat kecepatan rendah.

BERI KOMENTAR