HOME » BERITA » 6 LANGKAH MUDAH KENDARAI MOTOR DENGAN AMAN

6 Langkah Mudah Kendarai Motor dengan Aman

Ada 6 langkah mudah agar berkendara dengan sepeda motor aman

Senin, 16 Maret 2020 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
6 Langkah Mudah Kendarai Motor dengan Aman
Ilustrasi berkendara dengan sepeda motor (Zing.vn)

OTOSIA.COM - Kecelakaan menjadi masalah besar di Indonesia. Pemerintah pun sebenarnya sudah lakukan berbagai cara untuk tekan insiden di jalan raya ini. Namun semuanya akan sia-sia kalau pengguna jalan tak miliki kesadaran akan pentingnya disiplin atau tertib dalam berlalu lintas.

Jika melihat dari data yang ada, masih cukup tinggi angka kecelakaan yang terjadi, serta korban jiwa yang meninggal. Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol Singgamata menjelaskan, kecelakaan tahun 2018 ke 2019 dari segi kejadian terjadi peningkatan. Namun untuk korban meninggal dunia mengalami penurunan.

"Atas usaha Polri, dan berbagai stakeholder dan pengguna jalan jumlah meninggal dunia karena kecelakaan memang menurun. Jika 2018 angka meninggal dunia kurang lebih 29.472 jiwa, sedangkan 2019 turun menjadi kurang lebih 25.671 jiwa," jelas Singgamata dalam talkshow di acara Jasa Marga Eco Driving, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang dilansir dari Liputan6.com.

Oleh sebab itu, para pengguna jalan harus selalu tertib berlalu lintas. Nah, bagi pengendara motor yang sumbang angka kecelakaan terbanyak, seharusnya memang perlu terapkan beberapa langkah agar aman dalam berkendara. Disebutkan Zing, ada 6 langkah mudah agar berkendara dengan sepeda motor aman.

1 dari 6 Halaman

1. Fokus

Kecelakaan mengintai kapan saja saat ada di jalan raya. Untuk itu, selalu fokus dan kendalikan kecepatan sepeda motor yang ditunggangi. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depan ya Otolovers.

2 dari 6 Halaman

2. Lihat Jauh ke Depan

Pastikan selalu menganalisa ancaman yang bisa terjadi di jalan raya. Lihat lebih jauh kondisi di depan. Jika berpotensi terjadi insiden, lebih baik memelankan kecepatan dengan catatan jangan rem mendadak.

Ini cukup penting, bukan hanya akan meminimalisir kecelakaan yang terjadi bagi diri sendiri, tetapi juga pengendara lain.

3 dari 6 Halaman

3. Posisi Duduk yang Nyaman

Jika kendarai sepeda motor, pastikan posisi berkendara sudah benar. Paling tidak, tangan harus sedikit melengkung dan punggung lurus. Upaya ini berguna agar Otolovers tidak gampang lelah, terutama jika bepergian jauh.

Hal ini ternyata juga mempengaruhi reaksi saat terjadi situasi yang tak terduga lho Otolovers. Jika posisi berkendara tak benar seperti tadi, reaksi pengendara akan lambat saat ada insiden tertentu.

4 dari 6 Halaman

4. Berkendara dengan Santai

Santai dan rileks saat mengemudi juga penting. Bagian tubuh jangan sampai tegang, seperti lengan, bahu, leher dan punggung. Karena hal ini akan memengaruhi refleks saat terjadi situasi yang tak diinginkan.

5 dari 6 Halaman

5. Latih Keterampilan Pengereman

Namanya berkendara di jalan raya tak akan lepas dari namanya pengereman. Keterampilan ini harus dimiliki sebaik mungkin. Mengerem dengan salah pastinya akan bikin diri sendiri dan orang lain dalam bahaya.

Latih cara pengereman saat dalam kecepatan tinggi. Jangan lupa untuk latih pengereman mesin, cara menggeser gigi motor yang baik. Karena hal itu mampu bikin pengereman secara otomatis di roda belakang.

6 dari 6 Halaman

6. Latih Keterampilan Mengemudi dengan Ikut Pelatihan

Cukup penting juga lho Otolovers untuk ikut pelatihan mengemudi. Biasaya diselenggarakan oleh produsen motor. Bisa juga ikut komunitas motor. Mereka sangat sering bikin acara safety riding atau sejenisnya yang sangat bermanfaat saat diterapkan di jalan raya.

BERI KOMENTAR