HOME » BERITA » 6 MOBIL PABRIKAN AFRIKA YANG JARANG DISOROT, ADA SUPERCAR JUGA

6 Mobil Pabrikan Afrika yang Jarang Disorot, Ada Supercar Juga

Negara-negara di Afrika identik dengan negara yang miskin. Tapi beberapa negara di sana justru merupkaan produsen mobil.

Senin, 09 Maret 2020 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
6 Mobil Pabrikan Afrika yang Jarang Disorot, Ada Supercar Juga
Laraki Epitema (The Engine)

OTOSIA.COM - Beberapa negara di Afrika sebenarnya juga merupakan produsen mobil. Sayangnya industri otomotif Afrika tak diketahui banyak orang.

Justru mobil-mobil Amerika, Eropa, dan Jepang terasa mendominasi di Afrika. Bahkan untuk negara sekaliber Afrika Selatan yang dikenal dengan perekonomiannya yang lebih stabil.

Padahal, beberapa negara di Afrika membuat mobil sendiri. Bahkan satu diantaranya membuat supercar dengan harga mencapai miliaran. The Engine merangkum 6 brand asal Afrika yang dinilai tak bisa disepelekan, berikut daftarnya:

1 dari 6 Halaman

Tunisia - Wallys Car

6 Mobil Pabrikan Afrika yang Jarang Disorot, Ada Supercar JugaTunisia - Wallys Car

Merek ini lahir dari pertemuan tak terduga antar Guiga bersaudara dan Rene Boesch. Mereka memiliki pengalaman soal mobil sebelumnya, khususnya mobil Jeep.

Sejak percakapan yang dimulai pada 2005 itu ternyata membawa mereka lebih serius dengan rencana memproduksi mobil sendiri. Tiga tahun berselang, mereka menghadirkan mobil pertama mereka, Wallys Izis, di Paris Motor Show. Mobil itu disebut terinspirasi dari Jeep Cherokee.

2 dari 6 Halaman

Nigeria - Innoson Motors

6 Mobil Pabrikan Afrika yang Jarang Disorot, Ada Supercar JugaNigeria - Innoson Motors

Berawal dari seorang pemuda 25 tahun bernama Innocent Chukwma yang membuat sepeda motor pada 1987. Produknya itu lalu masuk ke pasar yang diperhitungkan dan didominasi merek asing, di negaranya.

Rupanya penjualannya tumbuh signifikan pada tahun-tahun berikutnya. Dia lalu termotivasi untuk membuat kendaraan roda empat.

Kini, ada beberapa mobil penumpang di bawah Innoson Motors, yakni Innoson Fox dan sedan compact Innoson Umu, SUV Innoson G5, pick-up Innoson Carrier, dan mobil van serta 3 bus dengan ukuran berbeda. Pick-up Innoson Carrier disebut mengingatkan orang-orang akan Toyota Hilux.

3 dari 6 Halaman

Ghana - Katanka

6 Mobil Pabrikan Afrika yang Jarang Disorot, Ada Supercar JugaGhana - Katanka

Katanka Motor lahir dari seorang visioner Kwadwo Safo, yang juga seorang penemu dan tokoh agama yang menyebut dirinya rasul. Sebelum dirinya tertarik dengan mobil pada 1998, Safo lebih dulu membuat pesawat, traktor, ekskavator, dan crane.

Safo pun akhirnya membuat mobil penupang, Kantanka Saloon. Mobil itu memiliki kapasitas 5-penumpang. Lalu muncurl SUV all-terrain Onantefo I pada 2006. Selanjutnya, pelan tapi pasti, mobil-mobl lain pun mulai diluncurkan. Semua desainnya berciri khas mobil-mobil dari Asia dan Eropa.

4 dari 6 Halaman

Uganda - Kiira Motors Corporation

Kiira EV Smack (The Engine)

Merek ini bermula dari sebuah proyek University of Makerere pada 2012. Kala itu, mereka butuh sokongan pemerintah Uganda. Sejak saat itu, proyek tersebut semakin berkembang menggunakan teknologi alternatif.

Mobil pertama mereka akan segera meluncur, bahkan pabriknya pun kini masuk tahap finalisasi. Mobil prototipe meraka, Kiira EV Poc adalah mobil listrik 2-penumpang yang bisa menjangkau jarak 80 kilometer.

Satu lainnya yakni Kiira EV Smock, yang merupakan mobil sedan dengan jeroan hybrid. Selain itu, juga ada produk yang lebih premium dan bertenaga surya, Kayoola Solar Bus yang memiliki panel surya di atapnya untuk mengisi ulang daya baterai sehingga daya jangkaunya lebih dari 80 kilometer.

5 dari 6 Halaman

Libya - Saroukh el-Jamahiriya

Libya Project (The Engine)

Proyek mobil di Libya itu adalah satu dari sederet proyek pemimpin diktator mereka, Muamma el Gaddafi. Awal industri otomotif ini dilakukan di Italia. Dia pun disebut melakukan perjalanan bolak-balik ke pabrik untuk mengubah detail. Terutama untuk menambahkan detail hingga dia mendapat bentuk akhirnya.

Pada tahun 1999, mobil itu dihadirkan. Bagian depan dan belakangnya berbentuk segitiga dan empat pintu dengan kapasitas 5-penumpang. Mobil terseut juga mendapatkan mesin V6 sehingga memiliki daya setara supercar. Sayangnya, setelah Gaddafi digulingkan, mobil ini pun ikut menghilang.

6 dari 6 Halaman

Maroko - Laraki Motors

6 Mobil Pabrikan Afrika yang Jarang Disorot, Ada Supercar JugaMaroko - Laraki Motors

Laraki muncul saat akan membuka ceruk bisnis baru dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan kapal pesiar di Maroko. Sebelum mobil dalam foto, Epitema, lebih dulu ada dua prototipe yang dikenalkan, Fulgura dan Borac. Sayang, dua mobil itu pun gagal.

Epitema lantas dikenlakan dengan jumlah produksi 9 unit. Harganya disebut mahal dan hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang. Kala itu harganya ditetapkan mencapai 2 juta euro.

Menurut pabrikan, mobil itu berbasis Corvette C6, tampang sporty dan mesin yang menghasilkan tenaga mencapai 1.200 hp, bahkan bisa mencapai 1.750 hp.

BERI KOMENTAR