HOME » BERITA » 7 KEUNGGULAN BMW M1000RR, MOTOR YANG MASUK INDONESIA BERBANDEROL RP 1,6 MILIAR

7 Keunggulan BMW M1000RR, Motor yang Masuk Indonesia Berbanderol Rp 1,6 Miliar

PT Maxindo Moto Nusantara baru saja memboyong BMW M1000RR dengan banderol Rp 1,6 miliar. BMW mengklaim superbike ini memiliki 7 keunggulan.

Senin, 21 Februari 2022 17:15 Editor : Nazarudin Ray
7 Keunggulan BMW M1000RR, Motor yang Masuk Indonesia Berbanderol Rp 1,6 Miliar
BMW M1000RR (zabikers.co.za)

OTOSIA.COM - BMW Motorrad Indonesia atau PT Maxindo Moto Nusantara baru saja memasukkan secara resmi superbike tertinggi mereka, BMW M1000RR.

Ia merupakan motor yang jadi bahasan sejak tahun lalu dan berbanderol wah ketika dipasarkan di Indonesia. Sebab, pihak BMW Motorrad Indonesia menyebut harga Rp 1,6 miliar dan sudah laku oleh pembeli.

1 dari 4 Halaman

Sebagai sebuah motor super, sejumlah spesifikasi menjadi sorotan di tengah banyaknya suguhan superbike-superbike dengan segala spesifikasi spesialnya.

Salah satunya adalah kesiapannya untuk trek sirkuit, di samping sebagai motor untuk jalan raya. Misalnya, dudukan plat dan spion mudah dibongkar. Sebab, lampu belakang sudah terintegrasi ke dalam lampu sein LED, dan lampu plat nomor keduanya terpasang pada unit dudukan plat nomor.

2 dari 4 Halaman

Kedua, ia mengadopsi lengan ayun aluminium WSBK. Secara desain pun, posisi peredam kejutnya sekarang lebih jauh dari mesin dan sehingga mengurangi paparan panas. Selain itu, piston peredam lebih besar demi menghasilkan tingkat redaman yang konstan di semua situasi berkendara.

Mesinnya juga baru dengan konfigurasi tetap empat silinder tetapi kini berdaya 207 HP pada putaran maks 13.500 rpm. Menurut mereka, kurva torsi juga dioptimalkan. Bobotnya pun kini 4 kg lebih ringan dibanding sebelumnya, dan juga lebih ramping.

3 dari 4 Halaman

BMW ShiftCam

BMW M1000RR seharga Rp 1,6 miliar sudah ada peminangnya di Indonesia (BMW Motorrad)

Keempat, mereka memakai teknologi BMW ShiftCam baru dalam sistem pengaturan bukaan katup dan ketinggian cam. Dengan ubahan baru, efeknya ada pada kebutuhan waktu pembukaan katup dan pengangkatan cam yang bahkan mereka janjikan berefek juga dalam rentang putaran mesin rendah dan menengah.

Konsep timing juga baru. Katup intake titanium dibor berlubang dan kopling basah multi-cakram anti-hopping ditingkatkan dan diperkuat.

4 dari 4 Halaman

Mereka juga menghadirkan sistem rem pantang mengunci roda ABS dan ABS Pro dengan menyesuaikan pada riding mode. Sebab pilihan riding mode atau mode berkendaranya sendiri bermacam-macam. Ada RAIN, ROAD, DYNAMIC, RACE or RACE Pro-1 sampai 3. Jadi fungsi ABS-nya pun membuat pengedara lebih pede saat henti laju, di manapun mode riding yang dipilih.

BMW juga memperbarui Switch Assistant Pro yang menjadikan pindah gigit tanpa kopling.

Mereka bahkan menjanjikan bahwa rider bisa berpindah persneling dalam milidetik dengan stabilitas dan kinerja maksimum, baik di jalan atau di sirkuit.

Mereka menggandengkannya dengan fungsi blipper dan penunggang berpindah gigi tanpa menekan kopling. Tujuannya supaya rider bisa berkonsentrasi penuh di jalan.

BERI KOMENTAR