HOME » BERITA » 7 LANGKAH MUDAH PERBAIKI AKI KERING SENDIRI, TANPA KE BENGKEL

7 Langkah Mudah Perbaiki Aki Kering Sendiri, Tanpa ke Bengkel

Mengganti aki yang kering bisa dilakukan sendiri, pasalnya perawatan aki kerng terbilang mudah. Ada 7 langkah mudah untuk memperbaiki aki kering.

Rabu, 02 Desember 2020 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
7 Langkah Mudah Perbaiki Aki Kering Sendiri, Tanpa ke Bengkel
Ilustrasi memperbaiki aki (Freepik/peoplecreations)

OTOSIA.COM - Energi listrik untuk kendaraan bermotor bersumber pada baterai atau yang lebih dikenal dengan aki. Sumber listrik yang tersimpan dalam aki berfungsi untuk mensuplai kebutuhan listrik untuk sistem starter, lampu, dan komponen kelistrikan lainnya.

Pada kendaraan bermotor, ada dua komponen yang berkaitan langsung dengan aki yaitu dinamo cas dan regulator. Dinamo cas berfungsi sebagai penyedia sumber listrik untuk menjalankan aksesoris kelistrikan seperti lampu, starter, dan sebagainya. Sedangkan regulator berfungsi mengendalikan besaran arus listrik yang masuk ke aki dan membatasi aliran listrik yang masuk dari dinamo cas ke aki.

Aki sendiri ada dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Aki kering cenderung lebih banyak dipilih karena dirasa lebih awet saat digunakan. Tak hanya itu, aki kering juga dirasa lebih praktis dalam hal perawatan serta memiliki aliran listrik yang lebih kuat jika dibandingkan dengan aki basah.

Meskipun perawatannya terbilang mudah, penting untuk mengetahui cara memperbaiki aki kering. Berikut ini informasi mengenai cara memperbaiki aki kering yang dilansir dari merdeka.com:

1 dari 2 Halaman

Cara Memperbaiki Aki Kering

Peralatan yang harus disiapkan:

  1. Obeng plus.

  2. Obeng minus.

  3. Pisau. Bisa pisau dapur ataupun gergaji besi.

  4. Solasi atau selotip dengan ukuran besar.

  5. Air aki yang dapat dibeli di bengkel ataupun toko otomotif.

2 dari 2 Halaman

Langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Lepas aki dari tempatnya.

  2. Buka bagian penutup aki menggunakan pisau atau gergaji yang telah disiapkan sebelumnya. Lakukan dengan hati-hati agar pisau dan gergaji tidak melukai tangan.

  3. Kemudian, perhatikan pada bagian atas aki yang terdapat tulisan ?Do Not Open? lalu gergaji bagian tersebut. Lakukan hal yang sama pada bagian samping serta belakang dari penutup aki.

  4. Lalu lepas bagian penutup pada wadah aki. Setelah terbuka, kamu akan menemukan enam lubang yang selanjutnya silahkan diisi menggunakan air aki (accu zuur) yang telah kamu beli di toko otomotif sebanyak 15 mililiter.

  5. Hindarkan kotak langsung cairan accu dengan kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Jikapun terlanjur kena, segera gosok menggunakan sabun agar iritasi bisa berkurang.

  6. Cara memperbaiki aki kering selanjutnya adalah setelah lubang terisi semua, tutup lubang tersebut menggunakan penutup aki. Agar merekat kuat, gunakan solasi.

  7. Jika memang aki kering masih belum menunjukkan tanda perbaikan, ada baiknya kamu membongkar aki sekali lagi untuk mengamati jika ada sel-sel pada aki yang rusak.

Penulis: Novi Fuji Astuti

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR