HOME » BERITA » 7 LARANGAN SAAT NYETIR MOBIL MANUAL

7 Larangan Saat Nyetir Mobil Manual

Jangan sombong dulu saat sudah mahir mengendarai mobil manual. Otolovers juga harus tahu tentang larangan saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Kamis, 26 April 2018 20:00 Editor : Dini Arining Tyas
Foto ilustrasi by Rotary Bintaro

OTOSIA.COM - Sebagian orang menganggap dirinya keren saat mengendarai mobil manual. Karena mengendarai mobil ini memang dibutuhkan skill, ketimbang menggunakan mobil matic.

Eits, tapi jangan sombong dulu saat sudah mahir mengendarai mobil manual. Otolovers juga harus tahu tentang larangan saat mengendarai mobil bertransmisi manual, seperti dilansir dari Bengkel Rotary Bintaro.

1. Menginjak Kopling dan Gas Ketika Memberhentikan Mobil

Hal ini sangat berbahaya. Apabila kopling dan gas diinjak secara bersamaan, yang ada transmisi mobil jadi lebih cepat rusak. Selain itu, mobil juga bisa terpental karena tekanan gas terlalu besar.

2. Membiarkan Posisi Kaki di Pedal Kopling secara Terus Menerus

Menaruh kaki pada pedal kopling sama saja dengan memberi tekanan ke pedal itu sendiri. Walaupun tekanannya sangat kecil, tapi karena tidak ada perntah untuk menggerakkan mobil, pedal kopling bisa lebih cepat aus, mesinnya juga jadi lebih boros bahan bakar.

3. Terlalu Mengandalkan Fungsi Rem

Beberapa pengemudi hanya mengandalkan rem saat hendak memberhentikan mobil. Boleh saja, tapi pengemudi juga bisa mengandalkan engine brake. Tujuannya cuma satu yaitu untuk mengurangi beban pada rem, sehingga umurnya lebih panjang, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit.

4. Menginjak Gas Hingga Mentok saat RPM Rendah.

Menekan gas saat rpm rendah dapat memperpendek umur mesin dan transmisi mobil. Jika ingin meningkatkan kecepatan, lebih baik mengganti posisi gigi secara bertahap, bukan meenkan gas sampai mentok.

5. Menggunakan Transmisi secara Asal-Asalan untuk Menaikkan Kecepatan

Selain berbahaya, mengebut dengan gigi asal-asalan juga akan meningkatkan onsumsi bahan bakar, sehingga mobil jadi lebih boros. Ada baiknya jika menggunakan gigi yang tepat untuk meningkatkan kecepatan agar getaran mesin mobil tetap halus.

6. Menekan Kopling saat Mengerem

Hal ini sebenarnya tidakperlu dilakukan. Karena fungsi kopling bukan untuk mengerem, tapi untuk memutuskan koneksi antara mesin dengan transmisi. Kalau halini sering dilakukan,yang ada mesin mobil akan menanggung beban yang lebih berat yang dapat mengakibatkan roda mobil jadi lepas dari kampas rem dan engine brake.

7. Memindahkan Transmisi tanpa Menekan Pedal Kopling

Biasanya hal ini akan menjadi kebiasaan orang yang baru belajar. Ketika ingin memindahkan transmisi, sebaiknya tekanlah pedal kopling terlebih dahulu agar umur gear mobil tetap awet dan tahan lama.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR