HOME » BERITA » 7 MPV SEKEN DI BAWAH RP100 JUTA, APA SAJA?

7 MPV Seken di Bawah Rp100 Juta, Apa Saja?

Minggu, 03 Maret 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Avanza generasi pertama (Toyota)

OTOSIA.COM - Mobil MPV terbilang cukup laris di Indonesia dibandingkan mobil jenis lainnya. Faktor kabin lapang yang mampu menampung penumpang dan barang lebih banyak, menjadi keunggulan MPV.

Sayangnya, kini harga mobil MPV baru terbilang sudah tidak murah lagi. Mayoritas MPV baru saat ini dibandrol di kisaran harga Rp 200 jutaan. Sehingga, sebagian orang menganggap, memiliki mobil MPV bekas adalah solusi yang tepat.

Lalu, mobil MPV bekas apa saja yang dijual dengan harga di bawah Rp 100 juta?

1. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Rasanya sebuah kesalahan besar jika kedua mobil ini tidak ditempatkan pada urutan pertama. Jika Otolovers memiliki budget Rp 100 juta dan menginginkan sebuah MPV yang terkenal bandel, jawabannya adalah si kembar ini.

Namun, jangan harap Otolovers bisa mendapatkan Avanza generasi terbaru dengan budget segitu. Budget segitu, baru bisa bawa pulang Avanza generasi pertama ya Otolovers.

Menurut situs jual beli Otosia, untuk Toyota Avanza tipe G manual dengan rentan tahun 2004-2012 dibandrol dengan kisaran harga mulai Rp 75 juta hingga Rp 95 juta. Untuk tipe G ini sudah dilengkapi dengan power window, electric mirror, AC double blower, fog lamp dan rear spoiler.

Sementara saudara kembarnya, Daihatsu yaitu Xenia, memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan Avanza. Untuk tipe Xi Manual kelahiran tahun 2004-2012, saat ini rata-rata dipatok dengan kisaran harga Rp 65 juta hingga Rp 90 juta saja

Sayangnya, pada Xenia tipe ini belum dilengkapi oleh AC double blower layaknya Avanza. Kedua mobil ini memiliki dimensi panjang 4.120 mm, lebar 1.640 dan tinggi 1.695 mm.

2. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina (Otosia.com/Muhammad Ikbal)

Dari pabrikan Nissan terdapat Livina yang hadir dengan dua versi yaitu 5 penumpang dan 7 penumpang (Grand Livina). Nissan memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan duo Avanza-Xenia yaitu dengan panjang 4.420 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.590 mm.

Untuk Grand Livina tipe 1.5 XV Automatic produksi 2007 hingga 2012 saat ini dijual dengan harga mulai Rp 75 juta hingga Rp 100 juta. Hanya saja, Livina model ini tak dibekali double blower untuk mendinginkan kabin penumpang belakang, tenaganya yang kurang responsif, kabin yang cukup sempit, dan mesin yang rentan ngelitik jika menggunakan bahan bakar beroktan rendah.

Tapi sudah dilengkapi dengan electric mirror, power window, central lock, dan LCD TV untuk penumpang belakang.

3. Nissan Serena

Kalau Otolovers mencari MPV mewah dengan harga terjangkau, maka Nissan Serena adalah pilihan yang sangat bijak. Nissan Serena dibekali mesin berkapasitas 2.0 liter dengan tenaga 147 hp dan torsi maksimal 198 Nm.

Dari segi dimensi, Serena memang memiliki dimensi yang cukup panjang yaitu dengan panjang 4.590 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.825 mm. Untuk Serena C24 tipe HWS produksi 2004 hingga 2012, rata-rata dipatok harga Rp 70 juta hingga Rp 92 juta saja.

Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa menikmati sebuah MPV mewah dengan konfigurasi jok 1 captain seat pada baris kedua serta penggunaan electric sliding door. Tidak hanya itu, mobil ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur seperti Dual SRS Airbag, ABS, EBD dan BA. Kenyamanan mobil ini juga sangat luar biasa dengan harganya yang di bawah Rp 100 Juta.

Tapi, posisi mengemudi yang cukup tegak dan posisi persneling di samping setir, mungkin masih terasa aneh bagi sebagian orang Indonesia. Satu lagi penyakit Serena adalah electric sliding door yang kerap bermasalah, lantaran faktor umur.

4. Nissan Evalia

Dari jajaran Nissan lainnya ada Evalia yang diproduksi pertama kali pada 2012. Nissan Evalia memiliki dimensi panjang 4.400 mm lebar 1.695 mm dan tinggi 1.850 mm. Evalia dibekali mesin berkapasitas 1.5 liter dengan tenaga 107 hp dan torsi 143 Nm.

Evalia dilengkapi oleh beberapa fitur seperti airbag pada bagian pengemudi dan ada juga fitur layar roof monitor berukuran 10 inci untuk tipe HWS, serta mobil ini sudah mengadopsi keyless entry.

Kelemahan dari mobil ini bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan Nissan Serena, yaitu posisi mengemudinya yang cukup tegak serta suspensi yang kurang nyaman terutama di bagian belakang.

Harga sendiri, Evalia tipe XV kelahiran 2012 hingga 2014 saat ini dibandrol dengan harga Rp 80 juta hingga Rp 95 juta saja.

5. Suzuki APV

Suzuki memiliki sebuah line up MPV boxy pada diri APV. APV pertama dikenalkan oleh Suzuki pada 2004 dan diproduksi di Indonesia. APV memiliki dimensi panjang 4.230 mm, lebar 1.655 mm, serta tinggi 1.855 mm.

APV menggendong mesin berkapasitas 1.5 liter yang menghasilkan tenaga 94 hp dan torsi 126 Nm. Mesin tersebut didukung oleh 1 sistem transmisi saja yaitu manual 5 percepatan. Barulah pada 2007, Suzuki melakukan penyegaran pada diri APV dengan melakukan ubahan pada tampilan eksterior dan interior serta memberikan 1 pilihan sistem transmisi lagi, yaitu transmisi otomatis 4 percepatan.

Suzuki juga turut memberikan nama tambahan pada mobil ini menjadi APV Arena. Sayangnya, mobil ini bisa dibilang sangat miskin fitur, hampir tidak ada fitur canggih pada mobil ini.

Selain itu, mobil ini memiliki posisi mengemudi yang tidak ideal karena terlalu tegak dan posisi mesinnya yang berada di bawah 2 jok depan akan sedikit menyulitkan jika terjadi sesuatu di jalan.

Belum lagi posturnya yang panjang dan tinggi, sehingga membuat mobil ini akan menjadi sangat limbung ketika kecepatan tinggi. Mobil ini memiliki harga bekas di pasaran sekitar Rp 50 juta hingga Rp 150 juta.

6. Honda Stream

Honda Stream (Autoevolution)

Tak lengkap rasanya jika tidak membahas pabrikan Jepang satu ini, yaitu Honda. Honda memiliki sebuah medium MPV pada era 2002 hingga 2007 untuk pasar Indonesia.

Honda Stream memiliki dimensi panjang 4.550 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.590 mm. Stream dibekali mesin K20A i-VTEC yang berkapasitas 2.0 liter 4 silinder DOHC. Mesin tersebut menyemburkan tenaga 150 hp dan torsi 186 Nm. Tenaga tersebut selanjutnya disalurkan melalui sistem transmisi otomatis triptonic 5 percepatan.

Mobil ini sekilas memiliki proporsi ukuran layaknya Nissan Grand Livina dengan ruang kaki baris ketiga yang sangat sempit. Namun dibalik kabinnya yang tidak telalu besar, mobil ini menawarkan sebuah kenyamanan berkendara.

Dengan kenyamanan tersebut, membuat mobil ini seolah mirip dengan rasa berkendara sedan ataupun hatchback. Stream saat itu sudah dilengkapi oleh beberapa fitur seperti dual SRS Airbag, ABD, EBD dan Brake Assist.

Saat ini Honda Stream dibandrol dengan kisaran harga Rp 60 juta hingga Rp 95 juta saja.

7. Honda Odyssey

Jika Anda mencari MPV nyaman, mewah dan memiliki kabin yang lega, maka Honda Odyssey generasi kedua yang berkode sasis RA6-RA9. Untuk pasar Indonesia, mobil ini pertama hadir sebagai versi CBU pada tahun 2000.

Untuk pasar Indonesia, mobil ini memiliki 2 pilihan mesin yaitu mesin berkode F23A yang berkapasitas 2.3 liter dan mesin berkode J30A yang berkapasitas 3.0 liter V6. Kedua mesin tersebut dikawinkan dengan sistem pilihan transmisi otomatis 4 percepatan. Mesin tersebut sama dengan yang digunakan oleh Honda Accord.

Di Indonesia, mobil ini hadir dalam dua versi yaitu versi Australia dan Jepang. Kedua versi tersebut memiliki tampilan dan spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk mobil era awal 2000an, mobil ini bisa terbilang sangat mewah dengan desain dasbornya yang bermotif kayu serta hadirnya hand rest untuk kedua kursi depan.

Dengan panjangnya yang hampir 4,8 meter tak heran jika mobil ini memiliki ruang kaki yang sangat lega di setiap barisnya termasuk kapasitas bagasi yang cukup luas. Belum lagi, hadirnya sunroof untuk tipe Absolute yang menambah kesan mewah pada mobil ini.

Namun dibalik berbagai keunggulan tersebut, mobil ini juga memiliki kelemahan yaitu dengan bodinya yang panjang dan lebar, tak jarang akan menyulitkan beberapa orang yang belum terbiasa mengendarai mobil ini. Kelemahan lainnya yaitu, konsumsi bahan bakarnya yang terbilang cukup boros dan karena mobil ini hadir sebagai CBU dan termasuk kelas premium di jamannya, maka pajaknya pun cukup mahal.

Namun, bagi Anda yang mencari mobil keluarga yang nyaman, mewah dan lapang, nampaknya mobil ini layak untuk Anda lirik. Untuk mobil ini, rata-rata dibandrol dengan harga mulai dari Rp 48 juta hingga Rp 88 juta.

Reporter : Muhammad Ikbal

 (kpl/ikb/tys)

BERI KOMENTAR