HOME » BERITA » 7 TIPS MENABUNG AGAR DAPAT MEMBELI MOBIL IMPIAN

7 Tips Menabung Agar Dapat Membeli Mobil Impian

Berikut ini cara menabung untuk bisa membeli mobil impian. Simak selengkapnya!

Jum'at, 20 Mei 2022 21:30 Editor : Ahmad Muzaki
7 Tips Menabung Agar Dapat Membeli Mobil Impian
Ilustrasi mobil Honda Brio (Istimewa)

OTOSIA.COM - Bagi sebagian orang membeli mobil merupakan impian, terlebih jika bisa membayarnya dengan lunas. Namun, kondisi ini bagi sebagian orang masih dirasa cukup berat karena penghasilan yang masih di bawah rata-rata.

Akan tetapi keadaan tersebut sebenarnya bukan menjadi penghalang karena dapat diatasi dengan berbagai cara. Otolovers dapat menabung agar dapat membeli mobil dengan lunas ataupun kredit.

Proses menabung ini dapat dilakukan secara efektif dengan beberapa cara. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah cara menabung agar dapat membeli mobil.

1 dari 4 Halaman

1. Fokus Menabung

Langkah pertama adalah Otolovers harus fokus menabung dengan mengetahui tujuan yang jelas, seperti ingin membeli mobil. Dengan kondisi ini Otolovers bisa menjadi lebih semangat daripada hanya sekedar mengumpulkan uang yang tidak jelas arahnya.

2. Menabung Uang Gajian

Saat Otolovers telah menerima uang gajian, sebaiknya sisihkan beberapa atau setengah untuk ditabung. Agar hasil yang diterima lebih efektif, disarankan Otolovers untuk menyisihkan antara 10% hingga 20% dari pendapatan. 

2 dari 4 Halaman

3. Memisahkan tabungan

Meskipun Otolovers telah menabung, ada baiknya jika memisahkan tabungan yang akan digunakan untuk membeli mobil dengan kebutuhan sehari-hari. Dengan melakukan cara ini dapat memudahkan langkah Otolovers, sehingga pengeluaran tidak ada yang terlewat.

4. Membeli Kebutuhan yang Sesuai

Agar kegiatan menabung dapat berjalan lancar, sebaiknya kalian memprioritaskan untuk membeli sesuatu yang memang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Meskipun harganya murah, namun membeli sesuatu yang diinginkan belum tentu berguna dan malah akan memperlama proses menabung.

3 dari 4 Halaman

5. Mengurangi Jajan

Kegiatan jajan diluar juga perlu dikurangi secara serius. Meskipun harga jajanan yang dibeli murah, namun jika dikumpulkan selama sebulan akan terasa cukup besar. Hal ini tentu sangat disayangkan jika uang hanya terbuang begitu saja.

6. Pola Hidup Hemat

Memulai pola hidup hemat juga dapat diterapkan di rumah dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya kebutuhan rumah dapat ditekan dengan mengurangi biaya listrik bulanan. Kalian dapat mematikan lampu saat tidur, mengurangi nonton tv, dan berbagai hal yang dapat mengakibatkan tagihan listrik membengkak. 

4 dari 4 Halaman

7. Membeli Mobil Bekas

Jika Otolovers telah melakukan semua cara di atas, tidak ada salahnya jika kalian membeli mobil bekas yang masih bagus. Hal ini mempertimbangkan harganya yang jauh lebih murah dibandingkan mobil baru. 

Demikian, cara menabung agar dapat membeli mobil. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR