HOME » BERITA » 7 TIPS PENTING SAAT DONGKRAK GANTI BAN MOBIL

7 Tips Penting Saat Dongkrak Ganti Ban Mobil

Meski terlihat sepele, dalam mengganti ban mobil perlu memerhatikan ketinggian dongkrak dan posisi mobil, termasuk mengaktifkan rem tangan dan memasukkan gigi.

Rabu, 22 Desember 2021 14:15 Editor : Nazarudin Ray
7 Tips Penting Saat Dongkrak Ganti Ban Mobil
Ilustrasi mengganti ban mobil (cmhmitsubishi.co.za)

OTOSIA.COM - Ganti ban mobil yang kempis terkesan simpel. Namun sejumlah hal ternyata tidak umum dipahami.

Misalnya peran ban, baik yang kempis maupun yang serep, sebenarnya sekaligus alat keselamatan saat mendongkrak. Lalu juga soal bagaimana posisi yang tepat dalam menaruh dongkrak.

Pereli Rifat Sungkar yang juga merupakanMitsubishi Indonesia dalam program sharing berbagi tips penting soal ganti ban dan seputar mendongkrak mobil.

1 dari 5 Halaman

"Pertama-tama ketika ban pecah atau kempes. Ini hal yang disepelekan adalah kuncinya betul-betul mencari tempat flat. Nanjak dikit hindari, begitu juga turunan," kata Rifat dalam diskusi virtual bersama awak media yang diinisiasi Mitsubishi Indonesia.

Posisi ini penting karena dongkrak biasa menempel ke permukaan yang sedikit. Jika terjadi gerakan sedikit, dongkrak akan jatuh.

"Kedua, rem tangan dipakai, masuk gigi juga dipakai. Harapannya kalau masuk gigi, penggerak roda depan depannya ngerem, jadi tidak ada pergerakan sama sekali," ujarnya.

2 dari 5 Halaman

Ketiga, keluarkan semua peralatan dongkrak, putaran dongkrak, kunci roda, ban serep, lalu taruh semua ini di sebelah ban yang pecah.

"Sekarang kita masukkan dongrak sedikit-sedikit, posisikan bagian U di kolong di bagian pelipir tulang. Pasti di sambungan tulang ada bagian pelipir yang bisa dimasukkan," kata dia.

Ketinggian dongkrak harus memperhatikan titik berat (cmhmitsubishi.co.za)

 

3 dari 5 Halaman

Ketinggian dongkrak

Dongkrak hingga setinggi apa? Kira-kira satu jengkal sepakbor depan.

"Kalau dua jengkal, tetap boleh itu jarak maksimal. Tapi dua jengkal titik berat," kata dia.

Pada saat ini, dongkrak hanya diposisikan, mobil belum naik. Biarkan dongkrak di posisi tersebut, lalu kita kendorkan baut roda.

"Cara kendorkan baut selalu silang. Jangan searah jarum jam. Mirip huruf x. Selesai dikendorin naikin dongraknya," kata dia.

4 dari 5 Halaman

Barulah setelah itu kita ambil ban serep dan taruh ban tersebut di samping dongkrak di bawah mobil.

"Kalau ada apa-apa bisa ditahan sama ban. Lalu saat cabut ban, jangan biarkan baut roda di mana-mana. Taruh di satu tempat," ujarnya.

Ban yang dicabut, kata Rifat, taruh lagi di kolong mobil. Dengan begitu, tetap ada ban di bawah mobil untuk berjaga-jaga. Baru kemudian kita pasang ban serep.

 

 

5 dari 5 Halaman

"Kalau ban gede, lebih baik posisi duduk, setelah itu pasang. Kencangkan baut tapi jangan teralu kencang. Setelah itu kita keluarin ban yang ada di kolong mobil," kata dia.

Saat dongkrak sudah turun, maka selanjutnya adalah mengencangkan baut ban pengganti yang sudah terpasang.

Rifat berpesan, kencangkan satu baut secara kontinu dan jangan pindah dulu sampai kencang di level yang cukup.

BERI KOMENTAR