HOME » BERITA » 8 BAHAN ALAMI HILANGKAN LUKA KNALPOT, AMAN DAN EFEKTIF

8 Bahan Alami Hilangkan Luka Knalpot, Aman dan Efektif

Luka bakar usai terkena knalpot susah dihilangkan. Tapi saat memberikan pertolongan pertama, bahan-bahan alami berikut bisa dipakai.

Selasa, 17 Maret 2020 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
8 Bahan Alami Hilangkan Luka Knalpot, Aman dan Efektif
Luka bakar knalpot di kaki (Ilustrasi/Dermatix Asia)

OTOSIA.COM - Luka bakar biasanya akan meninggalkan bekas. Termasuk saat kaki atau bagian tubuh terkena panasnya knalpot sepeda motor. Kulit akan melepuh dan berisi air.

Jika sudah mengering, luka itu sering kali berbekas. Warna bekas lukanya pun berbeda sehingga tampak kurang sedap dipandang.

Terlebih bekas luka bakar knalpot itu susah dihilangkan. Tapi Otolovers bisa melakukan langkah pertolongan pertama agar luka tak meninggalkan bekas yang parah.

Berukut bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk membantu hilangkan luka knalpot:

1 dari 8 Halaman

Air Bersih

Langkah pertama yang perlu dilakukan jika terkena luka bakar knalpot adalah membasuh bagian luka dengan air bersih yang mengalir. Cara ini bisa dilakukan selama 20 menit pertama sebelum kulit mulai melepuh.

Dengan membasuh air bersih selama 20 menit, bisa mencegah panas masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Selain itu, juga dapat menghindarkan dari risiko kulit yang melepuh setelahnya.

Ini juga termasuk sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka knalpot yang bisa kamu lakukan untuk pertolongan pertama.

2 dari 8 Halaman

Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas luka knalpot lain juga dapat dilakukan dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian yang terkena luka. Lidah buaya memang terkenal sebagai tanaman yang mempunyai sifat anti-inflamasi.

Sehingga bahan ini cocok untuk meringankan dan menenangkan kulit yang teriritasi akibat luka bakar. Bukan hanya itu, lidah buaya juga dapat membantu penyembuhan luka dan menghilangkan bekas luka bakar pada kulit.

Untuk melakukan cara ini, kamu hanya perlu mengambil satu batang lidah buaya, kemudian kupas kulitnya dan oleskan secara langsung pada bagian luka bakar. Selain itu, kamu juga dapat mencampurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok makan air mawar hingga merata.

Oleskan pada bagian bekas luka dan berikan pijatan lembut. Biarkan 5 10 menit hingga sedikit mengering, lalu bilas hingga bersih dengan air.

3 dari 8 Halaman

Madu

Mengoleskan madu juga termasuk salah satu cara menghilangkan bekas luka knalpot yang bisa kamu coba. Sama seperti lidah buaya, madu mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Sifat ini sangat berguna untuk membantu menyembuhkan dan membersihkan bagian kulit yang terkena luka bakar, mengurangi rasa perih hingga dapat menyamarkan noda bekas luka yang timbul setelahnya. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa madu mampu menyamarkan bekas luka lebih cepat dibandingkan krim antibiotik.

Untuk mendapatkan manfaat ini, ambil 1 sendok makan madu kemudian oleskan langsung pada luka atau bekas luka. Selain itu, kamu juga dapat mencampurkan 2 sendok makan madu dengan sedikit bubuk kunyit ke dalam mangkuk kecil.

Aduk hingga rata hingga menjadi pasta. Lalu oleskan campuran kedua bahan tersebut pada luka atau bekas luka, diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4 dari 8 Halaman

Kunyit dan Susu

Cara menghilangkan bekas luka knalpot berikutnya bisa kamu lakukan dengan bahan kunyit dan susu. Kunyit dikenal sebagai rempah yang memiliki sifat antiperadangan dan antiseptik.

Kedua sifat ini sangat pas untuk menenangkan kulit yang teriritasi akibat luka bakar. Sama halnya dengan kunyit, susu juga mampu meredakan peradangan pada kulit secara efektif, bahkan dapat menghilangkan bekas luka yang muncul setelahnya. Kedua campuran bahan ini tentu dapat memberikan manfaat secara lebih efektif dan maksimal.

Caranya mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan susu mentah dan sedikit taburan kunyit bubuk hingga menyatu sempurna. Ambil bola kapas, lalu celupkan pada campuran kedua bahan tersebut. Oleskan pada bagian luka atau bekas luka, berikan sedikit pijatan lembut. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5 dari 8 Halaman

Tomat, Putih Telur dan Yoghurt

Tomat merupakan buah yang dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka knalpot. Tomat banyak mengandung vitamin A, C, E dan K yang sangat berguna untuk proses penyembuhan luka.

Selain itu, kandungan vitamin ini juga disertai dengan senyawa anti-inflamasi yang dapat meringankan rasa sakit akibat luka bakar. Bukan hanya itu, kandungan yang terdapat dalam tomat juga mampu menyamarkan hingga menghilangkan bekas luka.

Manfaat buah yang satu ini akan lebih maksimal jika dicampurkan dengan putih telur dan yoghurt. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan putih telur dan yoghurt ke dalam mangkuk.

Aduk hingga merata sempurna, oleskan pada bagian luka atau bekas luka. Berikan pijatan lembut dengan jari. Diamkan 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

6 dari 8 Halaman

Kentang

Kentang memang banyak dikenal sebagai bahan alami yang mampu memudarkan bahkan menghilangkan bekas jerawat. Manfaat kentang yang satu ini juga dapat diaplikasikan sebagai salah satu cara menghilangkana bekas luka knalpot pada kaki.

Selain itu, kentang juga mampu mengeluarkan panas dari dalam tubuh sehingga pas dan sangat baik digunakan untuk mengatasi luka bakar.

Caranya sangat mudah, yaitu rebus 1 buah kentang, kupas kulitnya hingga bersih. Kemudian potong menjadi dua bagian, lalu gosokkan kentang pada bagian luka atau bekas luka. berikan pijatan lembut selama 5 10 menit lalu bersihkan dengan air.

7 dari 8 Halaman

Minyak Wijen

Cara menghilangkan bekas luka knalpot berikutnya dapat dilakukan dengan minyak wijen. Minyak wijen menjadi bahan alami yang tidak hanya melembapkan kulit tetapi juga dapat menyerap sisa panas pada kulit akibat luka bakar.

Dengan begitu, proses penyembuhan luka bakar pun dapat berjalan lebih cepat. Bukan hanya itu, bahan alami ini juga dapat mencegah timbulnya bekas noda kehitaman setelah luka bakar sembuh.

Jika Anda ingin mencoba cara ini, ambil saja beberapa tetes minyak wijen kemudian oleskan secara langsung pada bagian luka.

8 dari 8 Halaman

Minyak Lavender

Sama seperti sebagian besar bahan lainnya, minyak lavender juga dapat berguna untuk penyembuhan luka bakar. Bahan alami ini dapat mengurangi rasa sakit pada luka bakar, juga dapat meminimalisir jaringan parut yang terbentuk.

Pada sebagian orang akan muncul rasa seperti terbakar jika mengoleskan minyak ini pada bagian luka. Sehingga cara mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan mencampurkan minyak lavender dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau baby oil.

Setelah tercampur dengan merata, oleskan pada bagian luka atau bekas luka. Ini menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka knalpot yang bisa kamu coba di rumah.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR