HOME » BERITA » 8 CARA MUDAH AGAR RUANG MESIN TAK JADI SARANG TIKUS

8 Cara Mudah Agar Ruang Mesin Tak Jadi Sarang Tikus

Tikus kerap menjadikan ruang mesin mobil jadi sarangnya. Jika begitu si tikus bisa merusak bebeapa hal yang ada di dalamnya.

Kamis, 30 Januari 2020 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
8 Cara Mudah Agar Ruang Mesin Tak Jadi Sarang Tikus
Ilustrasi tikus di ruang mesin mobil (alexaddicts.com)

OTOSIA.COM - Tikus tampak bisa hidup di mana saja. Binatang pengerat itu bahkan bisa memakan apa saja. Termasuk menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.

Jika sudah begitu, risiko kabel kelistrikan mobil rusak bisa terjadi kapan saja. Sebab tikus juga suka memakan kabel. Supaya ruang meisn mobil tak menjadi sarang tikus, ada beberapa cara mudah yang bisa dilkkukan. Berikut caranya yang dirangkum dari Rumah.com dan berbagai sumber:

Menjaga Kebersihan Ruang Mesin

Cara paling penting adalah menjaga kebersihan ruang mesin. Wajib hukumnya membersihkan ruang mesin secara berkala.

Pastikan ruang mesin selalu bersih dan terhindar dari sisa-sisa makanan atua kotoran. Jika tidak, tikus akan dengan senang hati memanfaatkan kondisi itu.

1 dari 7 Halaman

Pakai Lampu LED

Tikus dikenal sebagai binatang yang tidak menyukai tempat bercahaya. Tikus cenderung menyukai tempat yang gelap dan kotor. Otolovers bisa memanfaatkan kelemahan tikus tersebut.

Gunakan lampu LED berdaya rendah di dalam kap mobil Otolovers ketika malam hari. Hal tersebut dapat dilakukan sebagai upaya untuk mengusir tikus dari mesin mobil kamu.

2 dari 7 Halaman

Pelihara Jangkrik

Suara jangkrik dikenal dapat mengusir tikus. Hal ini karena tikus tidak menyukai suara yang dikeluarkan oleh jangkrik. Oleh sebab itu, Otolovers dapat memanfaatkan hewan ini agar tikus tidak mengganggu mobil Otolovers.

Otolovers dapat memelihara jangkrik dan meletakkannya di garasi atau lokasi tempat Otolovers memarkir mobil. Dengan begitu, tikus tidak akan lagi berani mendekati mobil Otolovers.

3 dari 7 Halaman

Buah Mengkudu

Otolovers juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengusir tikus. Salah satu bahan yang dapat mengusir tikus yaitu mengkudu. 

Caranya, dengan mengiris kotak-kotak buah mengkudu, lalu taruh di atas mangkuk. Letakkan mangkuk tersebut di kolong mobil, atau lokasi yang sering dilewati tikus. Tikus tidak akan mendekat karena aroma mengkudu tersebut tidak disukainya.

4 dari 7 Halaman

Tutup Akses Masuk

Salah satu cara untuk mencegah tikus masuk ke dalam mesin mobil yaitu dengan menutup akses masuk. Apabila mobil Otolovers berada di garasi tertutup, maka pastikan untuk menutup pintu garasi di malam hari.

Sedangkan jika garasi mobil Otolovers berada di luar, maka pastikan untuk meletakkan kapur baru di dekat ban atau menyemprot pestisida. Hal ini dilakukan agar tikus tidak mendekat. Tikus biasanya akan masuk ke dalam ruang mesin mobil dengan merayap melalui ban mobil.

5 dari 7 Halaman

Aroma Tak Sedap

Untuk mencegah tikus mengganggu mesin mobil, Otolovers dapat memberi aroma tidak sedap di sekitar mesin. Beberapa aroma yang tidak disukai tikus seperti rambut kucing, peppermint, rambut anjing dan lainnya.

Otolovers dapat meletakkan aroma tersebut di sekitar mesin mobil agar tikus tak mau mendekat. Selain itu, Otolovers juga dapat menembarkan kapur barus di dalam kap mesin mobil.

6 dari 7 Halaman

Pasang Perangkap Tikus

Cara selanjutnya yaitu menyiapkan perangkap tikus. Otolovers dapat meletakkan perangkap tikus di bawah mesin mobil. Perangkap tikus yang dapat Otolovers gunakan seperti lem tikus atau penjepit tikus. 

Ketika meletakkan perangkap makanan, jangan lupa untuk menaruh sedikit makanan untuk menarik perhatian tikus. Menaruh racun tikus sangat tidak dianjurkan. Hal ini karena apabila tikus mati, Otolovers tidak akan tahu di mana tikus tersebut mati dan membusuk.

7 dari 7 Halaman

Rutin Panaskan Mobil

Sebagai pemilik mobil, Otolovers harus selalu memerhatikan kondisi mobil. Jangan lupa untuk memanaskan mesinnya setiap hari. Selain agar mesin tetap terjaga, hal ini dilakukan untuk menghindari tikus bersarang di mesin mobil.

Otolovers cukup memanaskan mobil 3 sampai 5 menit saja. Rutin memanasi mobil akan membuat tikus malas untuk naik ke kap mobil. Sehingga mobil Otolovers akan aman dari gangguan tikus.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR