HOME » BERITA » 8 HAL PENTING SEBELUM BERKENDARA JARAK JAUH

8 Hal Penting Sebelum Berkendara Jarak Jauh

Senin, 12 Maret 2018 20:30 Editor : Fitradian Dhimas
Foto Ilustrasi : Nazar Ray

OTOSIA.COM - Mengemudi dengan jarak yang cukup jauh atau ke luar kota menjadi aktifitas yang cukup menguras tenaga. Selain melelahkan, berkendara dengan jarak tempuh lama, selain mengundang risiko kecelakaan juga bisa memancing tindakan kriminal.

Berikut adalah 8 hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara jauh

1. Rencanakan rute perjalanan Anda

Pastikan sejak awal rute yang akan Anda tempuh untuk menghindari kejadian tersesat atau harus berhenti di tempat yang sama sekali asing bagi Anda. Sedapatnya Anda hindari rute-rute yang dikenal gelap.

2. Manfaatkan teknologi

Manfaatkan aplikasi apa pun yang dapat difungsikan untuk menambah aspek keamanan. Selalu usahakan agar orang-orang andalan Anda mengetahui keberadaan Anda untuk memastikan keselamatan Anda sendiri jika Anda memerlukan. Contoh paling sederhana, sewaktu-waktu gunakan share location pada aplikasi Whatsapp. Penerima pesan Anda mungkin punya informasi penting untuk Anda berkaitan dengan lokasi tersebut.

3. Cukupkan pulsa telepon

Terutama bagi Anda yang menggunakan pulsa prabayar, pastikan pulsa telepon Anda terisi untuk kebutuhan mendesak, jaga-jaga sedang tak dapat sinyal internet yang memadai. Bagi Anda yang menggunakan pascabayar, pastikan tidak mati karena belum bayar tagihan.

4. Selalu waspada

Perhatikan lingkungan sekitar Anda saat parkir. Selalu parkir di tempat parkir yang cukup terang atau dekat dengan petugas keamanan. Jangan berlama-lama di mobil Anda kapan pun, terutama untuk kaum wanita. Hal ini membuat Anda rentan terhadap predator.

5. Pastikan kondisi mobil sebelum berangkat

Mobil yang terpelihara dengan baik cenderung tidak bikin masalah di perjalanan. Jadi, pastikan mobil Anda dalam kondisi siap untuk perjalanan jauh. Lebih baik lagi jika dapat memastikan asuransi mobil Anda memberikan bantuan darurat di perjalanan. Jadi, pilihlah asuransi yang punya area operasi yang luas, terutama sesuai rute Anda.

6. Jangan langsung stop kendaraan karena diminta orang

Modus kejahatan di jalan makin beragam. Salah satunya dengan berpura-pura memberi kode kepada kita bahwa kendaraan kita bermasalah, misalnya “Bannya kempes!” Jika khawatir bahwa kode ini benar, pilihlah lokasi yang terang dan banyak orang untuk berhenti. Intinya, lokasi yang aman.

7. Bahan bakar full tank

Pastikan Anda memiliki cukup bahan bakar untuk sampai ke tujuan Anda. Jika ingin mengisi bahan bakar, sedapatnya pilih SPBU yang terang dan agak ramai. Lebih baik sedikit mengantre daripada sepi antrean tetapi rawan kejahatan.

8. Jangan ciptakan ‘kesempatan’

“Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan.” Jangan berikan kesempatan itu. Jangan tinggalkan tas tangan, dompet, dan ponsel yang mudah dilihat orang. Orang yang tadinya tak berniat jadi berubah berniat melakukan kejahatan.

Delapan hal ini seperti banyak untuk diingat atau dilakukan. Tapi, mengingat nyawa dan keselamatan amatlah berharga, 8 hal ini bisa terasa sedikit. 

 (kpl/nzr/fdk)

BERI KOMENTAR