HOME » BERITA » 8 HAL YANG PATUT DIKETAHUI DARI SIRKUIT MANDALIKA, TEMPAT BALAPAN MOTOGP INDONESIA

8 Hal yang Patut Diketahui dari Sirkuit Mandalika, Tempat Balapan MotoGP Indonesia

Ada sederet hal yang perlu Otolovers ketahui dari Sirkuit Mandalika

Rabu, 30 Desember 2020 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
8 Hal yang Patut Diketahui dari Sirkuit Mandalika, Tempat Balapan MotoGP Indonesia
Sirkuit Mandalika diperkirakan bisa menampung sekitar 195.700 penonton yang terbagi di tribune berdiri, duduk, dan VIP.

OTOSIA.COM - MotoGP pada dasarnya merupakan kejuaraan motorsport paling populer di Indonesia. Meski begitu Indonesia sudah cukup lama absen menggelar balapan kuda besi ini. Kali terakhir pada akhir tahun 1990-an di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. Mick Doohan bersama Repsol Honda tunjukkan kehebatannya di sirkuit tersebut.

Kini ada kabar baik untuk gelaran MotoGP di Indonesia. Dorna telah memastikan Sirkuit Mandalika, Lombok masuk daftar cadangan untuk MotoGP 2021. Mengingat pandemi virus corona belum berakhir, ada kemungkinan balapan yang masuk daftar utama dibatalkan.

Artinya kans MotoGP Indonesia masuk begitu besar. Namun tentu saja syaratnya para pemangku kepentingan di Indonesia harus terlebih dahulu merampungkan Sirkuit Mandalika.

"Orang Indonesia harus memberi tahu kami pada bulan Juni apakah mereka dapat mengadakan balapan (MotoGP 2021) di musim gugur," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Di balik penyelenggaraan MotoGP Indonesia serta pembangunan Sirkuit Mandalika, ada sederet hal yang perlu Otolovers ketahui. Apa itu? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1 dari 5 Halaman

8 Hal Tentang Sirkuit Mandalika

Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, selatan Lombok, 23 Februari 2019. Penantian Indonesia selama lebih dari 2 dekade untuk kembali menggelar balapan MotoGP akhirnya terealisasi. (ARSYAD ALI/AFP)

1. Proyek Jalan Kawasan Khusus (Mandalika International Street Circuit) atau disebut Sirkuit Mandalika yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dikembangkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesa / Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebuah perusahaan yang bergerak di pengembangan pariwisata di bawah Kementerian BUMN.

2 dari 5 Halaman

2. Kemudian ITDC membentuk Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yang menjadi penyelenggara atau promotor resmi MotoGP Indonesia yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika. Dalam hal ini, MGPA bekerja sama dengan promotor MotoGP yakni Dorna.

3 dari 5 Halaman

3. Untuk pekerjaan trek, PT. PP (Persero) ditunjuk sebagai mitra kerjasama PT ITDC (Persero). PT PP (Persero) adalah sebuah perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang konstruksi sipil. PT PP (Persero) diharapkan mampu menghadirkan Sirkuit Mandalika sebagai sebuah lintasan balap berkualitas Internasional yang sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM).

4 dari 5 Halaman

4. Adapun untuk desain sirkuit dipercayakan kepada konsultan desain sirkuit internasional MRK1 Consulting yang berbasis di Bahrain.

5. Sirkuit Jalan Raya Mandalika memiliki panjang 4,31 km dan memiliki 17 tikungan. Karena spesifikasinya adalah sirkuit jalan raya, jika tidak digunakan balapan, maka trek ini dapat dipakai sebagai jalanan umum dan infrastruktur pendukung balapan yang didirikan bersifat temporer (dapat di bongkar pasang kembali dan disimpan dalam penyimpanan khusus).

5 dari 5 Halaman

6. Total lahan seluas 105,40 ha digunakan dalam proyek ini.

7. Sirkuit Mandalika akan memiliki pit puilding dengan 40 garasi yang akan menampung tim-tim yang mentas di kelas MotoGP, Moto2, sampai Moto3.

8. Untuk penonton, sirkuit ini dapat menampung ratusan ribu penonton baik nasional maupun internasional dalam waktu 3 hari balapan. Dengan rincian 30 ribu grand stand seating, 138 ribu non-seated area, dan dapat menampung 7.700 orang untuk Hospitality Suites.

Penulis: Hendry Wibowo

Sumber: Bola.com

BERI KOMENTAR