HOME » BERITA » 9 TAHUN PERJALANAN SUZUKI ERTIGA, APA SAJA PERUBAHANNYA?

9 Tahun Perjalanan Suzuki Ertiga, Apa Saja Perubahannya?

Selama 9 tahun perjalanan Suzuki Ertiga di Indonesia tidak selalu mulus. Suzuki Ertiga mengalami beberapa kali perubahan, termasuk kehadiran varian Diesel Hybrid.

Sabtu, 30 Oktober 2021 12:15 Editor : Nazarudin Ray
9 Tahun Perjalanan Suzuki Ertiga, Apa Saja Perubahannya?
Suzuki Ertiga generasi awal (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Pada awal-awal peluncurannya Suzuki Ertiga sempat menjadi salah satu LMPV terlaris. Namun sejak dua tahun terakhir, penjualan Ertiga terus tergerus kompetitornya di kelas yang sama

Sejak diperkenalkan 9 tahun lalu, Suzuki Ertiga telah terjual sebanyak 314.531 unit, dan diekspor ke 36 negara dengan jumlah 103.744 unit.

1 dari 8 Halaman

Meski berkontribusi 12% pada penjualan total PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tahun 2021, All New Ertiga hanya meraih ceruk pasar LMPV sebesar 9%.

Untuk meningkatkan daya gedor, kabarnya Suzuki menyiapkan Ertiga Sport Limited Edition. Mobil ini digadang-gadang diperkenalkan pada GIIAS tanggal 11-21 November 2021 mendatang di ICE BSD City, Tangerang.

2 dari 8 Halaman

Selama 9 tahun perjalanannya, Suzuki Ertiga mengalami pasang surut sejalan kendati bebebrapa kali SIS melakukan penyegaran dan menelurkan varian baru.

Sekadar kilas balik, berikut perjalanan Suzuki Ertiga di Indonesia selama 9 tahun:

3 dari 8 Halaman

Generasi Pertama

SIS memperkenalkan Ertiga pertama kali pada gelaran IIMS 2010 sebagai kendaraan konsep bernama R-III. Dua tahun setelahnya, Suzuki resmi memasarkan Ertiga dan sempat menjadi primadona baru di segmen LMPV.

Ertiga generasi pertama

Ertiga generasi pertama mengalami dua kali penyegaran tampilan, yakni pada tahun 2013 dan 2015. Pada tahun 2013, Suzuki menghadirkan pilihan transmisi otomatis dan menyematkan fitur AC Double Blower ke dalam varian Ertiga GL dan GX.

Lalu pada 2015 terjadin perubahan pada eksterior seperti bumper, grill, pelek, dan lampu bagian belakang yang mendapatkan tambahan reflektor. Di tahun yang sama Suzuki juga meluncurkan Suzuki Ertiga Dreza yang memiliki tampilan mewah sebagai alternatif pilihan.

4 dari 8 Halaman

Tidak puas dengan model besin, Suzuki melengkapi Ertiga dengan varian Diesel Hybrid pada tahun 2017. New Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin diesel berkapasitas 1.300 cc dengan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System). Mobil ini menyemburkan tenaga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm.

Varian ini menggunakan sistem Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang mampu membuat konsumsi bahan bakar Ertiga jadi lebih efisien

5 dari 8 Halaman

Generasi Kedua

Suzuki kemudian memperkenalkan generasi kedua atau All New Suzuki Ertiga di ajang IIMS 2018. All New Ertiga mendapatkan perubahan total dari generasi sebelumnya, meliputi eksterior dan interior yang lebih elegan dan sporty.

Ukuran kabin menjadi lebih luas dan nyaman karena dibangun di atas platform Heartect yang memiliki kekuatan struktur yang lebih baik namun bobot lebih ringan.

All New Ertiga

Generasi kedua ini menggunakan mesin baru berkode K15B yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris dan berkapasitas 1.462 cc dengan teknologi DOHC dan VVT yang sanggup menghasilkan tenaga 104,7 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

6 dari 8 Halaman

Ertiga minor change 2019

Setahun kemudian, Suzuki All New Ertiga mendapatkan peningkatan fitur, antara lain pada tipe GX yang telah dilengkapi dengan new dual tone alloy wheels, rear defogger, wiring harness untuk kamera parkir, touchscreen head unit 6,8 inci dan digital panel AC auto lengkap dengan heater, dan bagi tipe GL mendapatkan lampu kabut (fog lamp).

7 dari 8 Halaman

Ertiga Suzuki Sport

Masih di tahun 2019, diperkenalkan All New Ertiga Suzuki Sport. Tipe ini diposisikan sebagai varian tertinggi dari keluarga All New Ertiga. Eksteriornya tampil tampil lebih gagah, tangguh, dan sporty berkat desain grill baru dan body kit berupa front under spoiler, side under spoiler, rear under spoiler, dan rear upper spoiler yang sporty.

Suzuki beberapa kali meningkatkan fitur Ertiga

Selain itu ada daytime running lights (DRL), rear defogger, rear camera parking dan new dual tone alloy wheels. Pada model ini disematkan emblem Suzuki Sport di buritan yang menegaskan citra sporty.

Sementara di interior dihadirkan nuansa luxorious instrument panel & dashboard with wooden pattern, serta penambahan kelengkapan fitur keselamatan seperti Hill Hold Control, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Dual SRS Airbags dan Electronic Stability Programme (ESP).

8 dari 8 Halaman

Ertiga minor change 2020

Tepat 15 Januari 2020, Ertiga tipe GX dilengkapi luxorious instrument panel & dashboard with wooden pattern dan head unit dengan monitor touchscreen 8 inci. Sedangkan tipe GL juga turut mendapatkan digital panel AC auto lengkap dengan heater.

Selain itu varian GL, GX dan Suzuki Sport juga ditambahkan armrest atau sandaran tangan di kursi baris kedua.

"Kami selalu melakukan inovasi dan pengembangan untuk menyempurnakan Ertiga sebagai salah satu backbone penjualan kendaraan penumpang Suzuki Indonesia. Inovasi yang kami lakukan terhadap Ertiga di setiap generasinya juga sebagai apresiasi kepada pelanggan agar dapat memiliki kendaraan unggulan yang memiliki teknologi terbaru namun dengan harga yang kompetitif," ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS.

BERI KOMENTAR