HOME » BERITA » 9 TIPS BELI MOBIL BEKAS BERKUALITAS AGAR TIDAK TERTIPU

9 Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas Agar Tidak Tertipu

Rabu, 16 Mei 2018 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Foto: Explore.garmin.com

OTOSIA.COM - Semakin hari mobil bekas akan banyak dijual. Tentunya hal ini terkait dengan mobil-mobil keluaran baru yang ditopang dengan spesifikasi yang mumpuni. Hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat mobil bekas semakin banyak di pasaran. Terlebih lagi keluaran terbaru selalu menarik perhatian para pemilik mobil lama untuk selalu memiliki mobil baru sesuai perkembangan saat ini.

Kondisi dari mobil bekas tak selamanya normal, tergantung penggunaan dan perawatan dari pengguna sebelumnya. Bahkan yang lebih parah adalah mobil bekas yang terkena bencana alam, semisal banjir. Kondisi ini tentu sangat mempengaruhi kualitas mobil bekas yang ada  dan para calon pembeli harus selalu cermat dalam memilih mobil bekas.

Dalam mencari mobil bekas, calon pembeli harus memperhatikan beberapa hal terkait kondisi dari mobil bekas. Entah itu dari mesin, kondisi fisik, sampai dokumen kendaraan. Karena hal tersebutlah ada beberapa tips beli mobil bekas dalam keadaan tertentu yang perlu otolovers ketahui.

Keadaan ini berkaitan dengan kondisi dari mobil dan cara membeli mobil bekas. Cara membeli mobil bekas seputar bagaimana cara calon pembeli membeli mobil bekas. Bisa secara online, kredit, tunai, dan lelang. Cara ini akan dibahas karena sangat berguna bagi otolovers agar mampu membeli mobil bekas dengan berbagai cara. Tetapi, tetap menggunakan tips-tips agar otolovers tidak kena tipu saat membeli mobil bekas.

Tips Beli Mobil Bekas Murah

Siapa yang tidak menginginkan mobil bekas murah? pastinya semua orang menginginkannya. Apalagi jika mobil bekas murah tersebut berkualitas juga. Untuk memperoleh mobil bekas murah bukanlah perkara mudah. Otolovers tentu harus pintar-pintar membandingkan mobil satu dengan lainnya, bagaimana harga, spesifikasi, dan kondisi mobil bekas tersebut.

Dengan membandingkan seperti ini otolovers bisa menentukan pilihan tepat yang sesuai dengan dana otolovers untuk membeli mobil bekas. Pilihan ini tentu mobil bekas harga murah dan berkualitas.

Tips beli mobil bekas murah untuk membandingkan ini otolovers bisa mencari informasi secara langsung ke penjual atau melalui internet. Karena sejauh ini telah banyak informasi online yang menyangkut jual beli mobil bekas, salah satunya adalah Jual Beli Mobil Bekas Otosia. Di Otosia sendiri sudah banyak mobil bekas yang dijual dari berbagai pabrikan ternama. Bahkan semua jenis mobil telah tersedia di Jual Beli Mobil Bekas Otosia.

Tips Beli Mobil Bekas Avanza

Mobil Toyota Avanza menjadi raja MPV, tentunya sebelum kehadiran Mitsubishi Xpander. Meskipun begitu Avanza tetap mempunyai pasar tersendiri, apalagi sudah ada banyak mobil bekas Avanza yang dipasarkan.

Dengan banyaknya mobil bekas Avanza, tentu bagi para calon pembeli harus melakukan beberapa tips beli mobil bekas Avanza. Hal ini penting dilakukan untuk mendapatkan mobil bekas Avanza yang murah dan berkualitas.

Tips beli mobil bekas Avanza tersebut antara lain perhatikan dahulu kilometer mobil bekas Avanza. Jika kilometer sudah banyak tentu hal ini akan mengindikasikan kerusakan. Apalagi jika mobil bekas ini tidak begitu terawat. Hal ini berkaitan dengan kondisi mesin mobil bekas. Jadi harus diteliti betul kondisi mesin mobil bekas.

Untuk mengecek kondisi mesin dan lainnya, otolovers bisa melakukan test drive. Tips beli mobil bekas satu ini sangat penting dilakukan yang berguna untuk mengetahui kondisi mobil bekas secara keseluruhan. Misalnya apabila ada bunyi mesin yang tidak beres, tentu hal itu mengindikasikan kerusakan atau sejenisnya.

Tips beli mobil bekas Avanza yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan mengecek dokumen riwayat perbaikan. Dengan begini, otolovers bisa mengetahui riwayat perbaikan. Jika perbaikan yang dilakukan untuk mobil bekas Avanza secara rutin, tentu mobil memiliki kondisi yang normal.

Toyota Avanza merupakan mobil kelas MPV yang identik dengan kapasitas penumpang yang banyak. Karena hal tersebutlah sebelum membeli mobil bekas Avanza otolovers harus mengecek interiornya. Apakah ada kecacatan, seperti sofa robek, baret, atau coretan.

Tips Beli Mobil Bekas Taksi

Mencari mobil bekas taksi sebenarnya susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan tidak semua mobil bekas taksi mempunyai kondisi yang normal. Walaupun begitu tak ada salahnya apabila otolovers ingin mencari mobil bekas taksi. Karena pada dasarnya armada taksi secara berkala akan diganti, biasanya 4 sampai 5 tahun sekali. Pergantian armada ini tentu menjadi pasar mobil bekas yang menarik.

Sebelum otolovers membeli mobil bekas taksi lakukan tips beli mobil bekas taksi terlebih dahulu. Tips beli mobil bekas taksi tersebut antara lain adalah jangan sampai terlena dengan harga mobil bekas taksi yang murah. Iya kalau harga murah tapi berkualitas, jika tidak otolovers sendiri yang rugi. Karena pada akhirnya otolovers akan mengirim mobil bekas taksi ke bengkel untuk memperbaiki kerusakan yang ada.

Tips beli mobil bekas selanjutnya adalah dengan memilih perusahaan taksi yang terpercara. Hal ini berkaitan dengan perawatan armada taksi yang telah menjadi mobil bekas. Biasanya perusahaan taksi yang memiliki reputasi akan memiliki standar tersendiri untuk perawatan armada taksi mereka.

Selanjutnya otolovers harus melakukan tips beli mobil bekas untuk selalu mengecek kondisi mobil bekas, baik itu mesin, suspensi, interior dan bagian mobil bekas lainnya. Karena ini merupakan armada angkutan tentunya akan ada beberapa kecacatan pada bagian-bagian tertentu mobil bekas taksi, misalnya jok mobil yang sobek.

Dan tips beli mobil bekas taksi yang tak kalah penting adalah selalu cek dokumen resmi dari mobil bekas. Tentunya otolovers ingin beli mobil bekas yang lengkap surat-suratnya kan. Jika tidak, tentu otolovers sudah tahu sendiri apa resiko yang ada.

Tips beli mobil bekas taksi yang terakhir adalah melakukan test drive. Dan pastikan otolovers nyaman saat mengendarai mobil bekas tersebut dan tidak ada kecacatan pada saat berkendara, seperti ada suara aneh dari mesin mobil bekas.

Tips Beli Mobil Bekas Matik

Perkembangan mobil memang mengarah ke matik. Mobil jenis ini bahkan telah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena hal tersebutlah telah banyak pula mobil bekas matik yang sudah dipasarkan.

Dalam membeli mobil bekas matik perlu mencermati beberapa hal. Karena setiap mobil bekas tentu memiliki kondisi yang berbeda-beda tergantung pemakai sebelumnya. Untuk membeli mobil bekas matik otolovers harus melakukan tips beli mobil bekas matik. Tips beli mobil bekas matik yang pertama adalah mengecek keseluruhan mobil, baik itu interior dan eksterior. Selain itu juga mesin, suspensi, dan transmisi mobil.

Untuk mengecek transmisi mobil matik otolovers harus melakukan test drive. Dengan melakukan hal ini otolovers bisa mendengarkan suara mesin dari mobil bekas matik. Jika ada suara yang aneh tentu transmisi dari mobil bekas matik tersebut tidak akan berumur lama.

Tips beli mobil bekas matik selanjutnya adalah dengan memindahkan tuas mobil matik. Jika ada hentakan dan suara yang aneh lagi, tentu transmisi dari mobil bekas matik tersebut bermasalah. Dan ketika hal tersebut ada pada mobil bekas matik incaran otolovers, lebih baik dipikir ulang untuk membeli mobil bekas matik tersebut.

Tips Beli Mobil Bekas Lelang

Banyak cara yang bisa digunakan untuk membeli mobil bekas, salah satunya adalah dengan lelang. Cara ini tentu memungkinkan calon pembeli mendapatkan harga yang murah. Untuk mendapatkan hal itu tentu harus memperhatikan beberapa hal sebelumnya.

Tips beli mobil bekas lelang adalah dengan melakukan observasi mengenai mbil bekas yang akan dilelang. Observasi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dari mobil bekas tersebut. Biasanya calon pembeli bisa observasi melalui internet atau datang langsung ke penyedia lelang mobil bekas yang akan diincar.

Tips beli mobil bekas lelang selanjutnya adalah jangan tergesa-gesa dan tidak emosi saat proses tawar menawar. Karena jika sampai hal ini terjadi, maka calon pembeli akan terjerumus. Bisa saja harga yang didapat lebih mahal dari yang ada di pasaran dan kondisi mobil bekas yang tidak sesuai dengan harga.

Untuk mencegah hal itu terjadi, calon pembeli harus mengetahui seberapa besar kekuatan mereka soal dana. Jika dana tidak banyak ya jangan samapai menawar terlalu tinggi, intinya ya tahu diri.

Tips Beli Mobil Bekas Online

Beli secara online tengah diminati oleh banyak orang. Bukan hanya proses yang simpel hanya butuh smartphone saja atau laptop, tetapi juga karena tidak mengharuskan pembeli pergi ke penjual. Yang penting ada koneksi jual beli online aman.

Lalu bagaimana dengan beli mobil bekas yang seharusnya pembeli datang langsung mengecek mobil bekas tersebut? untuk itu otolovers tidak perlu kawatir, karena ada beberapa tips beli mobil bekas online yang bisa dilakukan otolovers.

Tips beli mobil bekas online tersebut antara lain selalu melakukan pengecekan terhadap foto mobil bekas dengan kondisi fisik mobil bekas tersebut. Ini digunakan apakah ada kecocokan antara foto dengan penjelasan kondisi fisik dari mobil bekas.

Selanjutnya adalah selalu cek kilometer mobil bekas. Semakin jauh kilometer mobil bekas tentu semakin banyak resiko masalah yang ada pada mobil bekas tersebut, entah itu di mesin, fitur, dan lainnya. Dan tips beli mobil bekas online terakhir adalah selalu cek dokumen mobil bekas. Pastikan dokumen dari mobil bekas lengkap dan tidak ada masalah.  

Tips Beli Mobil Bekas Banjir

Mobil bekas tentu dijual karena berbagai kondisi, salah satunya adalah karena banjir. Mobil bekas banjir tentu memiliki kondisi yang cukup parah dikarenakan mobil terendam banjir selama beberapa hari. Seluruh bagian mobil tentu akan mengalami masalah.

Mobil bekas banjir tentu biasanya dijual dengan harga yang cukup murah. Tapi dengan kondisi seperti itu, apakah otolovers tetap berminat? Untuk mengetahui mobil yang habis terendam banjir ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips ini tentu berkaitan apabila otolovers memang berniat untuk membeli mobil bekas banjir.

Tips beli mobil bekas banjir antara lain adalah dengan mengecek kondisi fisik dari mobil bekas banjir. Biasanya mobil jika telah terkena banjir akan kelihatan pada bodi fisiknya. Karena pada dasarnya banjir merupakan air kotor yang bisa menempel dan sulit untuk dihilangkan.

Selanjutnya adalah mengecek keseluruhan dari mobil bekas, seperti mesin, transmisi, dan kelistrikan lainnya. Dan yang paling mudah dikenali dari mobil bekas banjir adalah kabin dari mobil tersebut. Biasanya mobil yang pernah terkena banjir memiliki bau yang tidak enak. Mungkin bisa dibayangkan sendiri bagaimana bau dari sebuah jok mobil yang terkena air kotor selama beberapa jam atau hari.

Tips Beli Mobil Bekas Kredit

Memang sudah menjadi hal lumrah apabila konsumen menginginkan membeli mobil bekas secara kredit. Karena dengan begini pembeli bisa memiliki mobil lebih cepat dari pada membeli secara tunai. Tentunya hal ini untuk para pembeli yang memiliki dana yang sedang-sedang saja.

Untuk membeli mobil bekas kredit tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya mendapat harga murah dan kualitas mobil yang sepadan. Tips beli mobil bekas kredit yang pertama adalah mencari referensi tentang perbandingan antara mobil bekas. Cara ini terbilang ampuh untuk menentkan mobil bekas apa yang akan dibeli.

Selanjutnya adalah lakukan perhitungan dan pertimbangan dalam membeli mobil bekas kredit. Hitung pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulan setelah memiliki mobil bekas kredit. Setelah itu pertimbangkan hal tersebut, apakah jadi membeli mobil bekas kredit atau tidak.

Mobil bekas kredit yang harus diperhatikan selanjutnya adalah mengenai suku bunga dan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Selain itu, juga cermati jangka cicilan yang harus dibayarkan. Jika otolovers menginginkan mobil bekas kredit murah, tentu otolovers bisa mencari diskon. Dengan diskon tersebut tentu otolovers bisa mendapatkan harga yang lebih miring.

Tips Beli Mobil Bekas agar Tidak Tertipu

Beli mobil bekas memang memiliki banyak resiko. Bukan hanya dari kondisi kendaraan, tetapi juga karena ulah para penjual nakal. Biasanya hal ini dilakukan untuk menutupi kondisi mobil yang sangat buruk agar terlihat bagus. Supaya pembeli dapat tertipu dengan kondisi yang ada dan tentunya mau membeli mobil tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut, otolovers bisa menerapkan tips beli mobil bekas agar tidak tertipu berikut ini. Tips pertama yang bisa dilakukan adalah jangan sampai tergiur dengan harga yang murah.

Hal ini tentunya harga murah akan rawan pada kondisi mobil yang buruk. Apalagi otolovers mendapat informasi ini secara online. Karena dengan online otolovers tidak bisa mengecek kondisi mobil secara langsung.

Tips beli mobil bekas agar tidak tertipu kedua adalah membeli mobil bekas di tempat terpercaya. Entah itu jual beli online atau tidak, otolovers harus mencari tempat jual beli mobil bekas terpercaya. Karena tempat terpercaya tidak akan tipu-tipu.

Selanjutnya adalah tidak membeli secara tergesa-gesa. Apalagi otolovers membeli mobil bekas mengajak sang istri. Seorang wanita tentu membeli berdasarkan emosionalnya saja, jika mobil luarnya terlihat bagus, tentunya akan dianggap mobil bagus juga. Karena hal inilah perbanyak dahulu survey mobil yang diinginkan di tempat jual beli mobil bekas.

Agar tidak tertipu, otolovers juga harus melakukan tips beli mobil bekas untuk selalu mengecek kondisi bodi dan mesin mobil bekas. Dua komponen ini menjadi faktor penting dalam membeli mobil bekas. Pastikan bodi dan mesin tidak begitu memiliki kerusakan mesin yang terlalu parah.

Dan yang paling penting dari tips beli mobil bekas agar tidak tertipu adalah pastikan surat atau dokumen dari mobil bekas lengkap. Tentunya otolovers tidak inginkan membeli mobil bekas tapi dokumennya tidak lengkap. Hal ini tentu menyebabkan otolovers tidak taat peraturan dan resikonya sudah jelas Tilang dari polisi saat digunakan berkendara.

Video Mobil Bekas Raja Salman

 (kpl/ahm)

BERI KOMENTAR