HOME » BERITA » ADA 5 TIPE, INI MENGAPA BAN MOTOGP SELALU DITUTUPI KAIN SEBELUM DIPAKAI

Ada 5 Tipe, Ini Mengapa Ban MotoGP Selalu Ditutupi Kain Sebelum Dipakai

Pada balap MotoGP terdapat 5 tipe ban berbeda. Untuk mendapat performa di aspal, sebelum digunakan suhu ideal ban dijaga dengan menutupinya dengan kain.

Jum'at, 30 Juli 2021 21:15 Editor : Nazarudin Ray
Ada 5 Tipe, Ini Mengapa Ban MotoGP Selalu Ditutupi Kain Sebelum Dipakai
Ban MotoGP ditutupi kain (boxrepsol.com)

OTOSIA.COM - Michelin menjadi pemasok tunggal ban untuk MotoGP sejak 2016. Tahun ini Michelin menghadirkan dua seri ban. Pertama Michelin Power Slick yang merupakan tipe ban balap tanpa kembangan dan Michelin Power Rain untuk kondisi lintasan basah.

Terdapat lima tipe ban Michelin yang digunakan pada MotoGP tahun ini yaitu Michelin Power Slick dengan karakter komponen soft, medium, dan hard, serta Michelin Power Rain dengan karakter soft dan medium.

1 dari 3 Halaman

"Ban-ban yang digunakan pada musim balap kali ini juga telah ditingkatkan konsistensinya dengan penggunaan bahan yang sedikit lebih keras. Namun ban-ban ini dijamin tetap memiliki cengkeraman maksimal dan performa yang kuat," Steven Vette, Presiden Direktur Michelin Indonesia.

Sementara menurut Piero Taramasso, Manajer Michelin Motorsport, Michelin telah membuat konstruksi baru pada tahun 2020, sehingga ban menjadi lebih besar saat keluar tikungan, dan lebih memaksimalkan kemampuan motor saat berpacu di lintasan dibanding MotoGP musim sebelumnya.

2 dari 3 Halaman

Selain itu, lanjut Taramasso, teknologi yang terdapat pada ban Michelin dapat memungkinkan deteksi otomatis jenis komponen ban yang digunakan saat balapan dan informasi ini menggunakan teknologi nirkabel yang tersedia untuk pembalap dan tim.

Menurutnya pada balapan MotoGP, ban harus dijaga pada suhu ideal dan disimpan di kotak penghangat dengan suhu kurang lebih 90°C sebelum ban menyentuh lintasan. Sebab temperatur ideal ban depan adalah 100°C sementara ban belakang 120°C atau lebih.

3 dari 3 Halaman

"Sebelum digunakan, ban ditutupi dengan tyre warmer untuk menjaga suhu ban tetap di level bawah dari rentang penggunaan optimalnya," ungkap Taramasso.

Untuk musim balap tahun ini Michelin mengirimkan 26 tim, yang terdiri dari developer, teknisi, fitter, manajer, koordinator, petugas pers, dan tim marketing/komunikasi. Namun tidak semuanya berada di lokasi lintasan.

BERI KOMENTAR