HOME » BERITA » ADA 6 JENIS BBM DI INDONESIA, TERBANYAK DIBANDING NEGARA LAIN

Ada 6 Jenis BBM di Indonesia, Terbanyak Dibanding Negara Lain

Ada 6 jenis bensin yang dijual di Indonesia oleh Pertamina. Hal itu disebut paling banya di antara sembilan negara lain.

Selasa, 01 September 2020 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ada 6 Jenis BBM di Indonesia, Terbanyak Dibanding Negara Lain
Pengisian bahan bakar motor (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Di antara sembilan negara lainnya, Indonesia disbut menjadi negara yang memiliki varian BBM paling banyak. Menurut Direktur PT Pertamina, Nicke Widyawati, Pertamina memiliki enam produk BBM.

Dilansir dari Merdeka.com, sedangkan rata-rata negara lain hanya menjual dua sampai empat produk BBM. Enam produk gasoline atau bensin milik Pertamina adalah Premium dengan RON 88 dan 89, Pertalite 90, Pertamax RON 92, Pertamax Plus RON 95, dan Pertamax Turbo RON 98.

"Ini jadi acuan Peraturan Menteri LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) No.20 tahun 2017 (tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O), di mana bensin minimum harus RON (Research Octane Number) 91," papar Nicke dalam rapat dengar pendapat bersama komisi VII, Senin (31/8/2020).

1 dari 2 Halaman

Sebagai perbandingan, Singapura, Australia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam hanya memiliki dua jenis bensin dengan RON di atas 90. Di mana Singapura hanya menjual bensin dengan RON 92 dan 98, Australia RON 91 dan 98, Malaysia RON 95 dan 97, Thailand RON 91 dan 95, dan Vietnam RON 92 dan 95.

Sementara India dan Myanmar memiliki tiga jenis bensin di atas RON 90. Yakni RON 91, RON 92, RON 98 (Myanmar) dan RON 99 (India). Sedangkan China dan Filipina memiliki empat jenis bensin, di mana Filipina menjual bensin RON 91, RON 95, RON 97, dan RON 100, sementara China di mulai dari RON 89, 91, 95, dan 98.

2 dari 2 Halaman

Nicke menuturkan, bila mengikuti Peraturan Menteri LHK tersebut, maka akan ada dua produk yang tidak boleh dijual di pasar, yaitu Premium dan Pertalite. Padahal porsi konsumsi dari kedua jenis bensin tersebut merupakan yang paling besar. "Itu alasan yang paling kuat kenapa kita perlu review kembali varian BBM kita karena itu benchmark-nya," ujarnya.

Selain itu, Nicke juga memaparkan tujuh negara yang saat ini masih menggunakan bensin di bawah RON 90. Di antaranya, Bangladesh, Kolombia, Mesir, Mongolia, Ukraina, Uzbekistan, dan Indonesia.

"Oleh karena itu, kita dorong agar konsumen yang mampu beralih ke ron 92, kita sekarang memiliki Program Langit Biru," kata Nicke.

BERI KOMENTAR