HOME » BERITA » ADA 6 MODEL SABUK PENGAMAN UNTUK MOBIL, SUDAH TAHU?

Ada 6 Model Sabuk Pengaman untuk Mobil, Sudah Tahu?

Fungsi sabuk pengaman cukup vital. Komponen tersebut bisa melindungi pengendara dan penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Sabtu, 05 September 2020 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ada 6 Model Sabuk Pengaman untuk Mobil, Sudah Tahu?
Ilustrasi sabuk pengaman mobil (Car From Japan)

OTOSIA.COM - Sabuk pengaman atau safety belt pada mobil menjadi satu komponen yang wajib ada. Komponen ini setidaknya bisa meminimalisir fatalitas pada pengemudi dan penumpang jika terjadi benturan.

Maka itu, saat berkendara wajib hukumnya mengenakan sabuk pengaman. Beberapa pabrikan juga sudah menyematka sensor sabuk pengaman. Sehingga ketika pengemudi atau penumpang tak memakainya, sensor akan berbunyi.

Model sabuk pengaman, umumnya akan membentuk garis diagonal yang melintangi tubuh bagian atas pengemudi ataupun penumpang. Tapi sebenarnya, ada enam model sabuk pengaman lho Otolover. Berikut daftarnya dilansir dari laman Suzuki Indonesia:

1 dari 3 Halaman

1. Sabuk Pangkuan

Sabuk ini didesain tepat pada posisi melintang di atas pangkuan. Umumnya sabuk jenis ini hanya dimilik oleh mobil-mobil kuno. Sangat jarang penggunaan model sabuk seperti ini di masa sekarang.

2. Sabuk Dua Titik

Sabuk ini menerapkan sistem penahan dengan dua titik tumpuan. Model ini mirip dengan sabuk pangkuan atau diagonal. Akan tetapi, sekarang sangat jarang ditemukan jenis sabuk tersebut.

2 dari 3 Halaman

3. Sabuk Otomatis

Sabuk yang terkenal pada era 1990-an ini digambarkan akan terpasang otomatis bagi penggunanya. Namun, kini sudah tidak diproduksi lagi.

4. Sash

Sabuk sash dipakai silang melewatu bahu. Populer pada tahun 1960-an, ternyata sabuk ini diketahui mudah terlepas. Karena hal tersebut, sabuk sash tidak lagi diproduksi.

3 dari 3 Halaman

5. Kombinasi Pangkuan dan Sash

Sabuk ini menjadi solusi kelemahan sabuk pangkuan dan sash. Dengan menggabungkan desain keduanya, sabuk ini terkenal pada tahun 1960-1970an. 

6. Sabuk Tiga Titik

Sabuk tiga titik merupakan penggantu sabuk kombinasi pangkuan-sash. Sabuk ini menjamin keamanan lebih besar sehingga umumnya dipakai di kursi pengemudi. Sementara kursi tengah dan belakang lebih banyak menggunakan model pangkuan.

BERI KOMENTAR