HOME » BERITA » ADA CALYA, MENGAPA TOYOTA RELA ME-REBADGE SUZUKI ERTIGA?

Ada Calya, Mengapa Toyota Rela Me-Rebadge Suzuki Ertiga?

Suzuki Ertiga bakalan hadir dengan emblem Toyota untuk pasar India dan Afrika. Suzuki Ertiga versi Toyota itu adalah buntut dari kemitraan yang dijalin Toyota dan Suzuki.

Sabtu, 23 Maret 2019 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Suzuki Ertiga versi Toyota render (Autocar India)

OTOSIA.COM - Kemitraan yang dijalin Toyota dan Suzuki ternyata dilakukan di semua kelas kendaraan. Sebut saja SUV, sedan, hatchback, dan belakangan ramai soal MPV segmen C dan teknologi hybrid.

Kedua pabrikan Jepang itu saling berbagi platform dan teknologi untuk saling mendongkrak penjualan. Sebagai informasi, kemitraan ini memang menyasar pasar India, Afrika, dan Eropa, belum Indonesia.

Tapi cukup menarik kala Toyota dikabarkan akan me-rebadge Ertiga untuk pasar India dan Afrika, demi mengisi ceruk MPV segmen C. Padahal ada Calya yang juga mengisi segmen tersebut. Ya, meskipun Calya tak ada di India, bisa saja Toyota memboyongnya ke sana bukan?

Tapi usut punya usut, Calya rupanya tak sesuai dengan selera pasar India. Dimensinya terlalu kompak, begitulah alasannya seperti diberitakan GaadiWaadi.

Itu kenapa, Ertiga kemudian dipilih dan akan dikembangkan sebagai MPV segmen C untuk Toyota. Toyota sendiri telah memposisikan mereknya sebagai merek premium di India.

Dengan begitu, Ertiga yang akan memakai emblem Toyota itu kemungkinan besar akan diposisikan di bawah Innova Crysta, yang menjadi MPV terpopuler di India.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR