HOME » BERITA » ADA KEMBARAN DAIHATSU SIRION DI MALAYSIA, LIHAT PERBEDAANNYA

Ada Kembaran Daihatsu Sirion di Malaysia, Lihat Perbedaannya

Kolaborasi antara Astra Daihatsu Motor dan Perodua melahirkan beberapa produk kembar. Salah satunya Daihatsu Sirion dan Perodua Myvi.

Selasa, 05 November 2019 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ada Kembaran Daihatsu Sirion di Malaysia, Lihat Perbedaannya
Perodua Myvi (Otosia.com/Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Perodua, pabrikan lokal Malaysia, sampai saat ini masih berkolaborasi dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dari Indonesia. Karena itu, ada beberapa produk yang serupa salah satunya Perodua Myvi.

Di Indonesia, city car ini lebih akrab disapa sebagai Daihatsu Sirion. Agar tampil berbeda, tentu ada beberapa ubahan pada mobil hatchback tersebut.

Tengok saja sektor depannya. Perodua Myvi dibekali dengan gril krom yang berbeda dengan Daihatsu Sirion. Selain itu, mobil asal Negeri Jiran ini juga memiliki LED projector headlight.

Geser ke samping, terpasang yang nampak berbeda. Sedangkan bagian belakangnya sama persis, seperti roof spoiler dan taillight sporty.

Tak seperti Daihatsu Sirion yang hanya dibekali 1 varian mesin 1.329 cc 94 hp 120 Nm, Perodua Myvi dijejali dapur pacu berkapasitas 1.496 cc 102 hp 136 Nm.

1 dari 3 Halaman

Fitur Keselamatan Canggih

Ada Kembaran Daihatsu Sirion di Malaysia, Lihat PerbedaannyaFitur Keselamatan Canggih

Fitur-fiturnya kurang lebih sama, seperti keyless entry, head-unit 2DIN, AC digital, traction control, dan airbag. Terpasang pula sistem pengereman ABS+EBD, seatbelt reminder, dan power window.

Menariknya, tipe tertinggi Perodua Myvi memiliki fitur keselamatan canggih, seperti autonomous emergency braking, pre-collision warning, dan advance safety assist.

Di Malaysia, tipe terendah kembaran Daihatsu Sirion ini dibanderol MYR 44.300, setara Rp 150 jutaan. Sedangkan harga Perodua Myvi tipe tertinggi mencapai MYR 55.300 atau Rp 187 jutaan (Kurs MYR1 = Rp3.377).

2 dari 3 Halaman

Geliat Sirion di Tanah Air

Ada Kembaran Daihatsu Sirion di Malaysia, Lihat PerbedaannyaGeliat Sirion di Tanah Air

Penjualan mobil secara nasional disebut belum pulih. Tapi Daihatsu Sirion seolah tak terimbas dengan kondisi tersebut. Setahun lebih berada di pasar Indonesia, model teranyar Sirion justru menunjukkan tren positif.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengungkapkan penjualan Sirion hingga bulan September meningkat hingga 17 persen, dibandingkan tahun lalu.

"Yar to date, Sptember 2019 itu 1.093 unit atau naik 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ungkap Amel, dikutip dari Liputan6.com.

Pencapaian tersebut diakui Amel cukup baik karena pasar city car di Indonesia tahun ini justru turun hingga 18 persen. "Pasar di citycar ini turun 18 persen, kita tumbuh 17 persen. Kita berada di urutan empat setelah Honda Brio, Suzuki Ignis, Datsun Cross, baru kita (Sirion, red)," jelas Amel.

3 dari 3 Halaman

Tidak Lagi Inden

Ada Kembaran Daihatsu Sirion di Malaysia, Lihat PerbedaannyaTidak Lagi Inden

Masa tunggu atau inden Sirion juga sudah tidak ada lagi. "Saat ini sudah enggak inden. Pembeli yang ingin membeli Sirion sudah tersedia di dealer. jadi tinggal pesan saja," ujar Marketing and Customer Relation Division Head PT International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso.

Daihatsu Sirion sendiri menggunakan mesin tipe 1NR-VE DOHC dual VVT-i berkapasitas 1.300cc. Mesin itu menghasilkan tenaga 93 hp dengan torsi maksimum 119 Nm yang ditransfer melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR