HOME » BERITA » ADA PANDUAN CAHAYA DARI JAGUAR-LAND ROVER DEMI TEKAN KECELAKAAN MOBIL OTONOM

Ada Panduan Cahaya dari Jaguar-Land Rover Demi Tekan Kecelakaan Mobil Otonom

Kendaraan otonom atau tanpa sopir mungkin akan menjadi pilihan utama suatu hari nant. Hingga kini mobil nirsopir ini masih perlu pembenahan di sana-sini.

Sabtu, 26 Januari 2019 13:45 Editor : Dini Arining Tyas
Light Bar Jaguar-land Rover (Response.jp)

OTOSIA.COM - Kendaraan otonom atau tanpa sopir mungkin akan menjadi pilihan utama suatu hari nant. Hingga kini mobil nirsopir ini masih perlu pembenahan di sana-sini.

Bahkan kasus kecelakaan mobil otonom tak hanya sekali saja terjadi. Beberapa kali kecelakaan terjadi, bahkan hingga menewaskan pengguna jalan.

Beberapa pabrikan mobil yang sudah ambil bagian dalam pengembangan mobil otonom, berusaha untuk meminimalisir efek kecelakaan itu. Salah satunya Jaguar Land Rover yang kini tengah mengembangkan teknologi light bar.

Light Bar Jaguar-Land Rover (Response.jp)

Melansir Response.jp, light bar itu akan diproyeksikan ke jalan, sehingga memberitahu pejalan kaki tentang arah perjalanan mobil otonom. Sebab, mobil otonom ini disebut sedikit susah dibaca pergerakannya oleh para pejalan kaki atau pesepeda.

Sistemnya, light bar yang terpasang pada kendaraan nirsopir itu akan diatur pada interval yang sama saat diproyeksikan ke jalan. Ketika mobil melaju kencang, proyeksi light bar itu akan panjang. Sebaliknya jika mobil melaju pelan, interval light bar pun akan menjadi pendek.

Begitu juga saat menemui persimpangan. Sebelum di persimpangan dan sejenisnya, light bar itu akan berbentuk kipas ke kiri dan ke kanan, serta menunjukkan arah belok.

Land Rover menyebut bahwa teknologi ini nantinya juga akan dikembangkan menjadi Advance Driving Support System, seperti cruise control, blind spot assist, dan intelligent speed limiter, untuk kendaraan komersil.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR