HOME » BERITA » ADA TRANSMISI OTOMATIS BIASA DAN CVT, APA BEDANYA?

Ada Transmisi Otomatis Biasa dan CVT, Apa Bedanya?

Mobil matik atau yang menggunakan transmisi otomatis kian menjamur. Bahkan tak sedikit konsumen di perkotaan yang lebih memilih mobil bertransmisi otomatis.

Selasa, 21 Mei 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tuas transmisi mobil matik (Automotive drfit)

OTOSIA.COM - Mobil matik atau yang menggunakan transmisi otomatis kian menjamur. Bahkan tak sedikit konsumen di perkotaan yang lebih memilih mobil bertransmisi otomatis.

Tapi seringkali transmisi otomatis ini tertulis otomatis dan CVT. Keduanya adalah tipe transmisi otomatis yang berbeda. Transmisi otomatis biasa juga biasa disebut konvensional. Sedangkan CVT adalah kependekan dari Continous Variable Transmission (CVT).

Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama. Hanya saja keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Seperti dilansir dari laman Auto2000, perbedaan mendasar keduanya terletak pada sistem atau mekanikal kerja.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, Deni Adrian menjelaskan, dari komponen kurang lebih sama antara matik konvensional dengan CVT. Tetapi jika dilihat dari cara kerja antar keduanya jelas memiliki perbedaanyang cukup signifikan.

Menurut Deni, jika pada matik konvensional, perpindahan transmisi digerakkan oleh seperangkat planetary gear set yang menghasilkan rasio gigi yang berbeda. Sementara pada CVT, proses perpindahan transmisi dihasilkan oleh perubahan diameter puli karena gaya sentrifugal.

CVT digerakkan oleh dua buah puli yang teruhubung oleh sabuk baja atau belt. Keberadaan sabuk baja itu yang membuat akselerasi pada matik CVT terasa halus dan tanpa sentakan.

"Sebenarnya kalau untuk hasil dan perawatan plus-minus. Tetapi sekarang ini lebih banyak mobil matik yang sudah menggunakan atau mengadopsi matik jenis CVT," ungkap Deni.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR