HOME » BERITA » ADU HONDA BEAT VS SUZUKI NEX II, PILIH MANA?

Adu Honda Beat vs Suzuki Nex II, Pilih Mana?

Pilihan motor matik di kelas 110cc cukup beragam, tapi Honda Beat seperti masih mendominasi. Jika dibandingkan dengan rivalnya, Suzuki Nex II, bakal pilih mana?

Senin, 15 April 2019 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Honda Beat vs Suzuki Nex II (Otosia.com)

OTOSIA.COM - Honda Beat sudah seperti raja jalanan. Ibaratnya, susah untuk disalip. Terlalu banyak yang memakai.

Harga yang relatif ramah kantong dan punya spesifikasi yang cukup untuk dipakai sehari-hari, membuatnya seolah menjadi motor sejuta umat. Tapi sebenarnya, Beat juga punya saingan dari Suzuki, Nex II.

Peson Nex II tak jauh berbeda sebenarnya jika dibandingkan dengan Beat. Mari bandingkan.

Berada di kelas yang sama, dimensi keduanya tak jauh berbeda. Beat berdimensi 1.865 x 666 x 1.068 mm, ground clearance 146 mm dan bobot 93 kg. Sedangkan Nex II punya ukuran 1.890 x 675 x 1.045 mm, ground clearance 150 mm dan bobot 93 kg.

Lalu dari segi fitu, masing-masing punya kelebihan. Beat punya indikator eco pada panel meter untuk panduan berkendara irit. Ada juga fitur Idling Stop System (ISS) dan comby brake system (CS) pada varian atas.

ISS berfungsi mematikan mesin sebentar saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Sedang CBS mengintegrasikan pengereman belakang dan depan agar deselarasi optimal.

Tapi Nex II tak punya dua fitur itu. Andalan Nex II lampu LED dan kompartemen dengan port USB untuk pengisian daya smartphone. Melihat kebutuhan zaman sekarang, gimmick pengisian daya smartphone tampak lebih menarik ketimbang fitur lainnya.

Sementara tampilan warnanya, Nex II terlihat lebih fresh. Nex II menawarkan warna cerah dan grafis nyentrik, namun keseluruhannya lebih elegan. Didukung dengan lampu utama yang agak masuk, sehingga bodi pinggir lampu tampak tajam dan dinamis.

Beat sendiri terkesan biasa saja dan membosankan, seperti main aman. Meskipun Beat juga bermain dengan warna-warna cerah yang sarat jiwa muda.

Soal performa, keduanya tak terlalu signifikan. Ya, performa perkotaan. Mesin beat berkapasitas 108,2cc berdaya 8,68 PS dan torsi 9,01 Nm. Sementara Nex II memakai mesin 113cc dengan tenaga 9,1 PS dan orsi 8,5 Nm.

Kemudian seberapa irit keduanya? Honda mengklaim Beat bisa menghabiskan 55 km/liter dan 59 km/liter dengan fitur ISS. Sedang Suzuki mengklaim Nex II mengonsumsi 49km/liter. Namun, klaim ini bisa berbeda jika dipraktikan sendiri.

Pertimbangan paling utama selanjutnya adalah harga. Honda menawarkan Beat mulai Rp 15,53 juta sampai Rp 16,69 juta untuk Beat Street dengan desain sedikit berbea. Sementara Suzuki memasarkan Nex II lebih murah, Rp 15,1 juta sampai Rp 15,8 juta.

Sumber: OTO.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR