HOME » BERITA » ADU IRIT NEW V-IXION VS CB150R

Adu Irit New V-Ixion vs CB150R

Selasa, 18 Desember 2012 09:20

Adu Irit New V-Ixion vs CB150R
Ilustrasi: Yamaha New V-Ixion dan Honda CB150R
Editor : Albert

Otosia.com - Persaingan pangsa pasar motor naked sport di Tanah Air semakin marak dengan kehadiran Honda CB150R StreetFire menyusul sebelumnya Yamaha New V-Ixion Lightning. Konsumen Indonesia mulai dipusingkan dengan kedua brand unggul ini.

Sebagai konsumen yang bijak pasti memiliki acuan tersendiri untuk memilih kendaraan pribadinya. Salah satu aspek yang tidak bisa dianggap remeh adalah tingkat keiritan dan efisiensi motor itu sendiri.

Kedua motor naked sport ini pada dasarnya mengusung kapasitas mesin yang sama yaitu basis 150cc. Sedangkan untuk penyuplai BBM sudah sama-sama menggunakan sitem injeksi. Letak perbedaan pada mesin secara keseluruhan yakni Yamaha New V-Ixion menggunakan mesin SOHC sedangkan Honda CB150R menggunakan mesin DOHC.

Kembali kepada keiritan kedua motor naked sport ini, berdasarkan pihak internal masing-masing produk baik Yamaha maupun Honda. Sama-sama mengklaim bahwa masing-masing varian terbarunya ini irit BBM.

Pihak Yamaha mengklaim efisiensi BBM New V-Ixion meningkat, berkisar sekitar angka 11 persen, jika dibandingkan dengan generasi V-Ixion sebelumnya.

Yamaha New Vixion

Gambar 1. Yamaha New V-Ixion

"Berdasarkan hasil tes internal kami, konsumsi BBM-nya 43 km/lt. Sedangkan untuk V-Ixion lama hanya mencapai 40 km/lt," tutur M. Abidin selaku Asisten General Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Berdasarkan penelusuran,ada empat fitur baru pada Yamaha New V-Ixion, yang membuatnya lebih irit. Seperti penggunaan Oxygen sensor, AC-DC dengan kontrol terbuka, ban yang diklaim berhambatan kecil serta aplikasi teknologi terbaru untuk fuel injection-nya.

Honda CB150R

Gambar 2. Honda CB150R

Sedangkan konsumsi BBM Honda CB150R StreetFire, menurut Eijiro Asakawa selaku Chief Engineer of Honda RnD Asia Tenggara, mengatakan bahwa berdasarkan pengujian internal yang dilakukan pihak Honda, konsumsi BBM mencapai 36 km/lt.

Meski menggunakan basis mesinnya menggunakan CBR150R. Tapi, ada bagian yang tidak sama persis. Seperti gear rasio, timing valve yang disesuaikan dengan penggunaan dalam kota.(kpl/abe)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER