HOME » BERITA » ADU VOICE COMMAND DFSK GLORY I-AUTO DAN WULING ALMAZ WIND, APA BEDANYA?

Adu Voice Command DFSK Glory i-Auto dan Wuling Almaz WIND, Apa Bedanya?

Ada beberapa perbedaan antara voice-command Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto.

Selasa, 28 Juli 2020 13:15 Editor : Cornelius Candra
Adu Voice Command DFSK Glory i-Auto dan Wuling Almaz WIND, Apa Bedanya?
Head-unit DFSK Glory i-Auto (DFSK Indonesia)

OTOSIA.COM - Wuling Almaz WIND kini akhirnya punya lawan sepadan. Beberapa waktu lalu, PT Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia) merilis produk terbarunya, sebuah SUV 7-seater, yaitu DFSK Glory i-Auto.

Kedua SUV asal Tiongkok ini sama-sama memiliki fitur voice-command atau perintah suara. Pada Wuling Almaz disebut WIND (Wuling Indonesia Command) dan i-Talk untuk DFSK Glory i-Auto. Lantas, apa keunggulan dan kekurangan masing-masing?

1 dari 3 Halaman

DFSK Glory i-Auto

Perbedaan paling mencolok ada di penggunaan bahasa. WIND sudah mampu memahami dalam Bahasa Indonesia. Bahkan diklaim mengerti logat daerah, seperti Jawa. Sementara i-Talk masih memakai Bahasa Inggris. Tapi dapat memahami aksen orang dari berbagai daerah di Tanah Air. Melihat hal ini, WIND unggul. Karena tidak banyak orang Indonesia yang fasih berbahasa Inggris.

Kemudian kalimat yang digunakan untuk memulai interaksi berbeda-beda. Pada i-Talk diawali dengan mengucapkan "Hai Glory", sedangkan WIND menggunakan ?Halo Wuling". Meski tak menutup beberapa perintah bisa langsung diucapkan tanpa kalimat pembuka.

2 dari 3 Halaman

Head-unit Wuling Almaz

Meski demikian, keduanya punya kesamaan dalam melakukan panggilan telepon. Tentunya komponen head-unit harus terhubung dulu dengan smartphone. Selain itu, masing-masing bisa memerintah pengaturan musik, baik itu memilih penyanyi atau judul lagu, mengatur volume atau sumber data.

Lantaran kedua model punya sunroof, baik WIND maupun i-Talk boleh digunakan untuk membuka-tutup perangkat itu. Termasuk pula pendingin kabin. Bahkan kontrol AC dimungkinkan memakai kata-kata sederhana, seperti "saya kepanasan" pada Wuling Almaz dan "it's to hot" untuk i-Talk.

3 dari 3 Halaman

Wuling Almaz

WIND juga memungkinkan pengemudi untuk meminta tampilan TPMS (Tire Pressure Monitoring System). Jadi, informasi mengenai tekanan ban bisa diketahui dengan mudah tanpa perlu menekan tombol. Sedangkan i-Talk bisa digunakan untuk mengaktifkan atau pun mematikan sistem navigasi, sehingga pencarian rute menjadi lebih praktis.

Sayangnya, WIND hanya bisa membuka kaca jendela sisi pengemudi. Namun, ia punya fitur interaktif yang membolehkan penggunanya menanyakan waktu dan tanggal secara real-time. Sementara i-Talk milik DFSK Glory i-Auto mencakup semua jendela, termasuk membuka pintu bagasi, hingga menyalakan mesin.

BERI KOMENTAR