HOME » BERITA » AGAR BERKENDARA AMAN DAN NYAMAN, SIMAK POSTUR TUBUH YANG BENAR

Agar Berkendara Aman dan Nyaman, Simak Postur Tubuh yang Benar

Simak postur tubuh saat berkendara agar perjalanan dengan motor menjadi lebih aman dan nyaman.

Rabu, 31 Juli 2019 17:15 Editor : Cornelius Candra
Agar Berkendara Aman dan Nyaman, Simak Postur Tubuh yang Benar
Mengendarai sepeda motor (womenridersnow.com)

OTOSIA.COM - Lantaran berkaitan dengan pengereman, manuver, dan berbelok, postur badan harus selalu diperhatikan. Selain itu, postur berkendara juga berkaitan dengan kenyamanan dan keseimbangan pengendara.

Apabila salah, postur berkendara bisa menimbulkan risiko kecelakaan yang lebih besar. Menurut Instruktur Safety Riding PT Indako Trading, Eka Yolahati dalam Liputan6.com, ada 7 riding posture yang harus diperhatikan, yakni mata, pundak, siku, tangan, pinggul, lutut, dan kaki.

"Hal pertama pandangan mata kita harus lurus ke depan. Boleh sesekali lihat kiri kanan tapi sepersekian detik.Saat hendak belok juga jangan hanya mengandalkan kaca spion, karena ada blind spot, jadi enggak bisa mencakup kendaraan di samping belakang. Jadi sebelum belok menoleh sepersekian detik," katanya di Medan, Sumatera Utara.

Pundak menjadi hal kedua yang harus diperhatikan. Buat posisi ini senyaman mungkin dan usahakan tidak terlalu kaku agar tidak mudah pegal. Selanjutnya ialah lengan harus membentuk siku. Apabila terlalu lurus, saat pengendara melakukan pengereman akan mudah sakit.

1 dari 1 Halaman

Jari, Lutut, dan Pinggul

Agar Berkendara Aman dan Nyaman, Simak Postur Tubuh yang BenarJari, Lutut, dan Pinggul

Keempat peletakan jari tangan. Perhatikan empat jari pada gas. Saat melakukan pengereman juga empat jari jangan dua jari seperti balap karena memang berbeda.Kalau mengerem dengan empat jari akan turun gasnya. Apabila hanya dua jari, gas akan tertahan. Dan pengendara sering kali panik, terutama wanita, ujarnya.

Perhatikan juga posisi pinggul, jangan berkendara mengikuti postur pebalap yang menunduk. Selain itu usahakan tubuh tidak condong ke samping. Hal keenam yang harus diperhatikan ialah kaki lurus ke depan dan tertutup.

Kalau ada bus dan kaki posisinya keluar, maka akan ketabrak. Kalau cowo tipe sport ada tangki, lutut harus mengapit ringan tangki, tuturnya.

Hal terakhir ialah peletakan kaki. Letakan kaki pada pijakan yang disediakan, jangan terlalu ke belakang atau ke depan.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR