HOME » BERITA » AGAR TERHINDAR DARI MICROSLEEP, COBA IKUTI TIPS BERIKUT

Agar Terhindar dari Microsleep, Coba Ikuti Tips Berikut

Rabu, 13 Juni 2018 15:45

Agar Terhindar dari Microsleep, Coba Ikuti Tips Berikut
Foto ilustrasi by Dekra Solutions
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Mudik dengan berkendara sendiri, artinya Otolovers harus menyiapkan kondisi tubuh agar terus fit. Sebab, jika tidak tubuh pun akan merasa kelelahan saat berkendara, apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh.

Jika kelelahan, bisa saja microsleep atau tertidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat, sekitar 30 detik, menyerangmu. Hal ini cukup membahayakan diri sendiri juga pengendara lain.

Foto ilustrasi by Nozzer Watch

Microsleep ini biasa terjadi saat seseorang melakukan aktivitas yang monoton, seperti berkendara dalam waktu yang lama. Termasuk saat mudik ke kampung halaman.

Meskipun hanya 30 detik, tapi banyak hal bisa terjadi selama kurun waktu dan jarak tertentu. Yang paling simpel adalah, mobil pindah jalur tanpa disadari.

Kalau kondisi jalan sedang kosong, masih beruntung. Tapi bagaimana kalau ada truk sedang berjalan lambat di jalur tersebut? Atau terburuknya saat otolovers sedang lepas kendali, mobil meluncur ke jalur berlawanan arah.

Sebelum hal ini menimpamu, ada baiknya untuk mencegah. Tips Auto2000 ini mungkin bisa otolovers pakai.

1. Selama Mengemudi

Cobalah perhatikan respons tubuh. Apakah pernah melakukan kesalahan kecil seperti salah menyalakan lampu sein atau sulit menjaga mobil tetap berada di jalurnya?

Berkaitan dengan kondisi fisik, amati pula apakah kepala dan kelopak mata terasa berat? Atau bahkan kerap menguap dengan durasi yang cukup panjang dan kepala mengangguk tanpa sengaja.

Jika demikian, maka daya refleks menurun drastis dan koordinasi antar anggota tubuh ikut melemah. Sehingga jadi ragu dan sulit mengantisipasi potensi masalah yang terjadi di depan mata.

2. Tingakat Kewaspadaan

Tingkatkan kewaspadaan saat memasuki jam kritis atau saat penemudi telah mengemudi selama hampir tiga jam. Apalagi bila di jalan sering terkena macet yang cukup menguras stamina. Segera berhenti mengemudi, mintalah rekan atau keluarga menggantikan, dan beristirahatlah.

3. Bila Tak Ada Driver Pengganti?

Bagaimana bila Otolovers merasa sangat lelah, sementara tidaka da sopir pengganti? Jalan terbaik satu-satunya adalah berhenti dan beristirahat tidur. Cukup tidur 30 menit asal pulas. Rest areabisa jadi pilihan terbaik untuk itu. Bisa pula memanfaatkan Pos jaga yang disiapkan Auto2000.

 (kpl/tys)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-6-13
detail

BERITA POPULER