HOME » BERITA » AIRBAG MOBIL TAK BISA DISERVIS, TAPI...

Airbag Mobil Tak Bisa Diservis, Tapi...

Airbag pada mobil bisa meminamilisr benturan saat terjadi kecelakaan. Fitur tersebut tak bisa diservis, tapi perlu direkondisi.

Selasa, 03 Maret 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Airbag Mobil Tak Bisa Diservis, Tapi...
Airbag mobil (Science ABC)

OTOSIA.COM - Airbag pada mobil memiliki peran penting. Kantong udara itu bisa membantu memeinimalisir benturan saat terjadi kecelakaan. Lalu haruskan airbag diservis?

Melansir laman resmi Hyundai Indonesia, apabila airbag sudah meledak maka tidak bisa diservis. Rekondisi yang dilakukan adalah dengan menutup kembali permukaan dasbor yang pecah.

Caranya, dengan memanfaatkan part asli bawaan kendaraan itu sendiri. Disebutkan, perbaikan tersebut makan waktu tiga sampai empat hari.

Bicara biaya, sebagai contoh kemudi yang airbag-nya sudah meledak dan dilakukan rekondisi. Urusan ongkos, rekondisi dasbor dan kemudi, biayanya sekitar Rp 1,5 juta tergantung mobilnya.

1 dari 1 Halaman

Pada dasarnya tidak ada patokan resmi kapan airbag harus mendapat perawatan rutin layaknya komponen lain. Namun, bukan berarti airbag merupakan kategori komponen free maintenance.

Untuk memastikan kondisi airbag dalam posisi tanpa masalah, ada cara paling mudah yang bisa dilakukan pemilik mobil. Patokannya hanya memperhatikan indikator yang berada pada instrument cluster.

Pemilik mobil cukup melihat apakah indikator airbag itu menyala saat kunci mobil mulai diputar. Bila ternyata kunci sudah dalam posisi on, namun indikator masih terus menyala, maka patut dicurigai ada masalah pada komponennya.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR