HOME » BERITA » AKALI ATURAN GANJIL-GENAP, PENGENDARA NEKAT PALSUKAN PELAT NOMOR

Akali Aturan Ganjil-Genap, Pengendara Nekat Palsukan Pelat Nomor

Ada-ada saja kelakuan pengendara mobil untuk melanggar aturan. Segala cara dilakukan untuk mengelabui polisi agar bisa melewati kawasan yang terkena perluasan ganjil genap.

Jum'at, 27 Juli 2018 17:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Instagram.com/ tmcpoldametro

OTOSIA.COM - Ruas jalan di Jakarta yang memberlakukan aturan ganjil-genap kini semakin luas. Hal ini ternyata membuat masyarakat yang melintas nekat melanggar regulasi tersebut.

Seperti yang dilakukan pemilik mobil Suzuki Ertiga bernomor polisi B 2276 TZA yang tertangkap polisi di kawasan Sudirman.

Berdasarkan foto yang diunggah akun Instagram @tmcpoldametro, mobil tersebut mempunyai pelat palsu, di mana nomor polisinya digandakan dan diubah digit belakangnya menjadi angka ganjil, yaitu B 2279 TZA.

Dikutip dari Liputan6.com, hal ini dilakukan agar ia bisa bebas melintasi kawasan ganjil genap dengan menukar pelat nomor kendaraan sesuai dengan tanggalnya.

Sebelumnya, uji coba perluasan ganjil genap memang menuai banyak kritik. Pasalnya, dikhawatirkan akan ada bentuk-bentuk pelanggaran mengingat betapa mudahnya pelat nomor palsu bisa dibuat dan dibeli di Ibu Kota.

Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Nurhandono mengatakan, pihaknya tinggal menunggu peraturan gubernur (pergub) terkait penindakan perluasan ganjil genap selama Asian Games 2018 terbit. Sebab tanpa aturan itu, polisi tidak bisa sembarangan melakukan penindakan pelanggar ganjil genap.

"Kalau sudah ada pergubnya kita lakukan penegakan hukumnya. Kalau belum ada ya tidak bisa, belum ada landasan hukumnya. Jadi kita menunggu dari Pergub, pada saat tanggal 1 Agustus kita kalau ada pergub, kita siap melakukan penegakan hukum," kata Nurhandono.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR