HOME » BERITA » AKHIRNYA, SUV LAMBORGHINI URUS RESMI MELUNCUR

Akhirnya, SUV Lamborghini Urus Resmi Meluncur

Lamborghini Urus yang satu ini akhirnya resmi diperkenalkan.

Selasa, 05 Desember 2017 15:15 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Lamborghini

OTOSIA.COM - Sejak awal kemunculannya di Beijing Motor Show 2012 lalu, SUV pertama bikinan pabrikan supercar asal Italia, Lamborghini Urus yang satu ini akhirnya resmi diperkenalkan pada tanggal 4 Desember 2017.

Kelahiran konsep SUV bernuansa ekstrim yang katanya bahkan siap mengalahkan kemasyhuran Porsche Cayenne tersebut kini telah sukses terlebih dahulu

Tidak heran, karena sama halnya akan VW Touareg, Porsche Cayenne dan Bentley Bentayga, Lamborghini Urus berbasiskan platform MLB EVO Audi Q7, namun menggunakan desain eksterior khas Lamborghini.

Meski memiliki basis yang sama, berat Lamborghini Urus tergolong lebih ringan ketimbang saudaranya, dengan bobot kosong 2.200 kg.

Penampilan yang bersudut tegas selayaknya sebuah lamborghini sangat terasa, dengan beberapa unsur desain diambil dari model lain, seperti lampu belakang yang terinspirasi dari konsep Asterion. Belum lagi jendela-jendelanya dibiarkan tanpa bingkai semakin menguatkan aura sporti Lamborghini Urus.

Selain mendapatkan warisan superioritas desain yang menjadi karakteristik mobil-mobil besutan sang 'Banteng' asal Italia tersebut, varian produksi SUV Crossover Lamborghini Urus mengadopsi mesin V8 4.0 liter dengan twin-turbo milik Audi yang menggelontorkan tenaga maksimum hingga 641 hp.

Mesin itu dipilih karena pertimbangan fungsi bahwa Urus memang punya kemampuan offroad sungguhan. Mesin turbo tersebut pun diusung dengan pengayaan di sektor torsi.

Tenaganya dikirim ke seluruh rodanya melalui transimi otomatis 8-percepatan secara merata, meski pembagian bisa disebar sesuai kebutuhan.

Akibat dimensinya yang bongsor, dengan panjang 5.112 mm, lebar 2.016 mm, serta tinggi 1.638 mm, Lamborghini Urus dilengkapi kemudi roda belakang agar lebih mudah bermanuver.

Tidak hanya bertenaga, Lamborghini Urus juga diberi bagian dashboard dan interface (antarmuka/jembatan antara user dan mobil) yang menunjukkan beberapa mode berkendara sekaligus.

Terra, Strada, Sport, Corsa, Sabbia adalah 5 mode yang bisa jadi adalah andalan Lamborghini. Belum ada bocoran apa definisi dari ke-5 mode berkendara tersebut, tapi akun youtube The Wheel Network menyebutkan bahwa 3 mode di antaranya yakni Terra adalah mode berkendara Offroad, Neve adalah mode berkendara di salju dan Sabbia adalah mode berkendara di pasir.

(kpl/fdk)

BERI KOMENTAR